7 Mobil dengan transmisi manual 6 speed yang keren

Mobil bertransmisi manual memiliki beragam tipe jumlah percepatan. Ada yang hanya 4 percepatan, ada yang 5, ada yang 6, bahkan ada pula yang sampai 9 percepatan.

Untuk transmisi manual 7 speed dapat ditemukan pada mobil kelas supercar seperti Aston Martin Vantage S dan Chevy Corvette Z06 salah duanya.

Tapi kita tinggalkan dulu mobil bertransmisi 7 speed karena terlalau banyak, bawa yang 5 speed saja suka gak habis apalagi yang 7 speed.

Untuk itu mari kita ambil tengahnya, mari kita lihat mobil-mobil bertransmisi manual 6 speed yang keren-keren berikut ini.

Mini John Cooper Works JCW HARDTOP
Ditawarkan dikisaran angka $30.900, MINI yang telah dilengkapi mesin TwinTurbo dan tentu saja didukung transmisi manual 6 percepatan, mampu membuatnya menyentuh angka 60MPH hanya dalam waktu 5,9 detik.
mobil transmisi manual 6 speed,mobil 6 percepatan,
http://www.miniusa.com

Aston Martin Vantage S
Meletakkan sebongkah mesin V8 4.7liter di belakang, Aston Martin Vantage S mampu menghasilkan top speed 190 mph. kemampuan akselerasi dari 0-6mph hanya dalam 4.8detik saja.
transmisi manual 6 speed
www.astonmartin.com

Nissan 370Z NISMO
Manual transmisi yang sudah dilengkapi dengan teknologi SynchroRev Match yang memungkinkan perpindahan gigi lebih smooth khususnya saat menurunkan gear perseneling. Ketika proses menurunkan gigi terjadi, sistem akan memonitor putaran mesin, kopling, dan tuas perseneling untuk menetukan kapan waktu yang tepat untuk menurunkan gear.
mobil transmisi manual 6 speed,mobil 6 percepatan,
www.nissanusa.com

Chevrolet Camaro SS
menawarkan pilihan transmisi manual 6 speed dan versi matik 8 speed. Transmisi manual 6 percepatannya telah dilengkapi teknologi Active Rev Matching yang mampu memberikan perpindahan gigi yang lebih halus saat menaikkan atau menurunkan gear.
mobil transmisi manual 6 speed,mobil 6 percepatan,
www.chevrolet.com

Subaru BRZ
Mesin naturally aspirated kapasitas 2.0 liter berkonstruksi boxer yang membantu stabilitas mobil secara keseluruhan. Subaro telah dikenal luas dalam ajang balap mobil khususnya Rally. Sentuhan balap pun tak lepas dari mobil keluaran Subaru yang satu ini. Mobil ini ditawarkan mulai $25,495 MSRP.
mobil transmisi manual 6 speed,mobil 6 percepatan,
www.subaru.com

Viper SRT
Mobil Coupe yang satu ini menggunakan mesin yang dirakit manual oleh teknisi handal, khusus untuk menghasilkan tenaga yang sempurna. Mesin V10 8000cc menjadi jantung utama Dodge Viper SRT. Tidak lupa transmisi manual 6 percepatan digunakan untuk mengontrol beringasnya 645 tenaga kuda yang dapat menghasilkan torsi 600lb-ft.

Panasnya gas buang disalurkan melalui moncong knalpot yang di letakan di sisi kanan dan kiri mobil membuat aura racing semakin kental menyelimuti tarikan garis bernuansa sport di bodi Viper SRT ini.
mobil transmisi manual 6 speed,mobil 6 percepatan,
www.dodge.com

Ford Mustang Shelby GT500
transmisi manual 6 speed menawarkan suplai power yang agresif mulai dari gear satu. Rasio gear yang rapat memberikan perpindahan gear yang lebih halus dengan dukungan full gear synchronization. Mobil ini dijual mulai harga $24,915 MRSP.
mobil transmisi manual 6 speed,mobil 6 percepatan,
www.ford.com

Berbeda dengan transmisi otomatis sistem CVT. Jumlah perbandingan gear nya bisa cukup banyak. Pada transmisi manual, keterbatasan ruang membuat jumlah percepatannya terbatas, lagipula semakin banyak gear semakin besar biaya produksinya

Sedangkan pada CVT, jika setiap pergeseran belt terhadap pulley dihitung per milimeter maka jumlahnya bisa sangat banyak dari rasio terendah hingga tertinggi.

Transmisi otomatis tipe CVT, tranfers dayanya merata dari putaran bawah hingga tinggi tapi power loss nya akibat gesekan besar, khususnya saat berakselerasi.

Meskipun telah banyak mobil keluaran terbaru yang menggunakan jenis transmisi otomatis mulai dari mobil comuter hingga mobil sekelas supercar.

Namun begitu, bukan berarti Transmisi manual mulai ditinggalkan. Karena transmisi manual jelas lebih murah dari pada mobil bertransmisi otomatis.

Mengingat transmisi high performance seperti DCT dan saudaranya DSG yang memang diakui lebih baik dari transmisi manual, tapi memiliki biaya produksi yang lebih mahal.

Dan bagi pecinta otomotif yang masih memegang teguh prinsip real man use three pedals, mobil bertransmisi manual memberikan sensasi berkendara yang berbeda.

Ada rasa yang tak terungkapkan ketika berinteraksi dengan mobil kesayangan melalui berbagai handel dan tuas yang ada di ruang kabin.

Apa mungkin transmisi manual akan ditingggalkan?

Seperti sistem suplai bahan bakar dari karburator berpindah ke injeksi, banyak yang merasa “sreg” dan sudah “klik” dengan sistem karburator karena mudah di bersihkan tanpa harus ke BeRes tanpa harus buka laptop. Oli dan laptop sepertinya bukan pasangan yang serasi.

Tapi apa daya jika ternyata sistem injeksi kemudian lebih banyak dimanfaatkan pada kendaraan keluaran baru karena terbukti lebih efisien dalam mendistribusikan bahan bakar.

Itulah 7 pilihan mobil bertansmisi manual 6 speed yang bisa dijadikan pilihan ditengah semakin maraknya mobil-mobil bertransmisi matic menghiasi ruang mesin mobil bahkan untuk mobil sekelas supercar sekalipun.