Aneka cara Screenshot layar komputer

Banyak jalan menuju rumah, banyak pula cara untuk screenshoot layar komputer. Melakukan screen capture layar komputer sering kali diperlukan untuk beberapa kebutuhan.

Salah satunya adalah untuk membantu menjelaskan sesuatu hal saat ingin menanyakan di sebuah forum internet terkait kendala yang dihadapi saat mengoperasikan software atau game komputer.

Atau sebagai sarana pendukung untuk menjelaskan sesuatu atau langkah-langkah yang perlu dilakukan ketika menyampaikan sebuah panduan tutorial atau tips yang melibatkan komputer atau laptop sebagai objek pembahasannya.

Tidak jauh berbeda dengan proses Screenshoot layar handphone yang menggunakan kombinasi tombol, pada komputer atau laptop juga tersedia tombol khusus yang bisa digunakan untuk "menangkap" layar, jadi tidak perlu kamera khusus untuk melakukannya.

Berikut aneka cara mudah screenshot layar komputer

1. Mengambil gambar tangkapan layar melalui tombol Print Screen (Prt Scr)
Cara ini paling simpel dan mudah tanpa perlu tambahan software khusus meskipun dalam prosesnya masih tetap membutuhkan bantuan software lainnya yang umum ada dan biasanya terinstal di komputer seperti Photoshop, Ms Word, Paint dll.

Cara kerjanya ketika ingin mengambil screenshot dengan cara ini adalah cukup menekan tombol Print Screen maka tangkapan layar akan tersimpan di clipboard untuk sementara yang akan lenyap jika anda tidak mem-paste-kannya, jadi statusnya seperti ketika kita meng-copy file.

Kemudian buka software favorit, misalnya Paint dan paste-kan gambar tersebut ke lembar kerja software paint dengan menekan Ctrl-V atau klik ikon paste di pojok kiri atas agar tangkapan layar bisa berwujud untuk diolah lebih lanjut.

cara Screenshot layar komputer


2. Mengambil screenshot dengan kombinasi tombol Alt + Print Screen
Kombinasi tombol ini cukup jarang digunakan tapi bisa juga dimanfaatkan untuk mengambil tangkapan layar komputer.

Tombol Alt + Print Screen akan mengambil screen shot khusus untuk Tab Window yang aktif saja.

Cara kerjanya sama dengan diatas, ketika tombol alt + Print Screen di tekan maka gamabar tangkapan layar akan tersimpan di Clipboard untuk sementara waktu hingga Anda menempelkannya (paste) ke halaman kerja pada salah satu software favorit Anda.

Contohnya pada Ms Office yang kemudian gambar tersebut dapat di simpan dengan format JPG. PNG, dll sesuai kemampuan dukungan yang ditawarkan MS Office.

cara Screenshot layar komputer


3. Mengambil screenshot layar dengan kombinasi tombol Logo Windows + Prt Sc
Cara ini dapat dilakukan pada Operating System Wndows 8 series dan windows 10.

Tangkapan layar yang dilakukan dengan cara ini langsung tersimpan di folder khusus tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu melalui bantuan berbagai software seperti yang terjadi saat melakukan screenshot layar monitor menggunakan metode Alt + Print Screen dan Print Screen.

Namun fitur ini hanya terdapat pada windows 8 series dan windows 10. Semua hasil tangkapan layar dapat dilihat tersimpan dalam folder C:\Users\nama user\Pictures\Screenshots


4. Melakukan tangkapan layar dengan bantuan software
Meksipun sebenarnya untuk melakukan tangkapan layar monitor tanpa software pun sudah sangat mudah dilakukan, namun tidak ada salahnya jika kita menggunakan bantuan software khusus untuk mengambil screenshot layar komputer.

Salah satu software yang bisa digunakan untuk mengambil tangkapan layar monitor adalah Screenshot Captor. Dari namanya saja sudah ketahuan tujuan dari diciptakannya software ini.

Software ini dapat membantu memudahkan proses pengambilan gambar layar, khususnya pada pengguna komputer yang masih menggunakan OS windows 7.

Dengan sedikit pengaturan maka hasil screenshot layar langsung dapat tersimpan di folder khusus seperti layaknya tangkapan layar yang dilakukan di windows 8.

Semua hasil tangkapan layar akan tersimpan dalam folder yang tercipta ketika Screenshot Captor di instal. Screenshot Captor dapat di download melalui halaman

https://www.donationcoder.com/Software/Mouser/screenshotcaptor/

cara Screenshot layar komputer


Itulah aneka cara mudah untuk melakukan screenshot layar monitor komputer yang bisa dilakukan dengan atau tanpa software. Semoga bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aneka cara Screenshot layar komputer"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.