Ragam Captcha anti Bot yang biasa di temui

Jika anda sering ngapa-ngapain di dunia maya melalui jaringan internet, anda pasti sudah sering menemukan tantangan captcha untuk membuktikan dan memastikan bahwa anda Manusia, bukan Robot.

Captcha merupakan singkatan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart, panjang juga ternyata kepanjangannya, hampir satu paragraf.

Captcha hadir untuk memastikan bahwa interaksi yang terjadi pada sebuah website adalah benar-benar dilakukan oleh manusia dan bukan robot.

Jadi captcha dibuat sedemikian rupa agar tidak mudah dikenali oleh “mesin”, jadi dapat mengantisipasi tindakan spam yang mungkin terjadi dan berpotensi mengganggu kinerja website yang bersangkutan.

ragam captha di internet

Tantangan captcha yang paling sering ditemui adalah pada saat mengisi kolom komentar sebuah website, mendaftar menjadi member atau login ke halaman akun sebuah website dan lain-lain.

Berikut beberapa macam ragam tantangan Captcha anti-bot yang biasa di temui di berbagai halaman website di dunia maya.

Captcha Text
Captcha yang paling sering di jumpai dan merupakan model tantangan captha yang sudah cukup lama malang melintang di dunia per-captcha-an. Captcha jenis ini mewajibkan pengunjung menuliskan kata yang terlihat, pada kolom yang sudah disediakan.

beragam captcha di internet

Ada juga type Captcha text yang berupa tulisan kata atau deretan huruf acak yang di corat-coret untuk menyamarkan bentuk aslinya sehingga hanya bisa di baca oleh mata manusia.

macam-macam captcha


Captcha gambar
Mewajibkan pengunjung web untuk memilih gambar yang sudah ditentukan seperti, gambar depan sebuah toko, atau kotak yang terdapat kue ulang tahun, kotak yang mengandung gambar rambu lalu-lintas dan lain-lain.

macam-macam captcha di internet


Captcha menandai gambar
Masih satu jenis dengan tipe diatas, hanya saja disini pengguna internet di wajibkan menandai bagian gambar tertentu sesuai arahan yang sudah diperintahkan diatas gambar tersebut.

macam-macam captcha di dunia maya


Captcha menggambar garis
Captcha ini dapat di temukan pada salah satu website PTC (pay to click) yang menawarkan bayaran untuk setiap klik yang dilakukan membernya.

Untuk mendapatkan komisi Dollar, Pengunjung diwajibkan untuk membuat garis menggunakan mouse yang mirip dengan tampilan Captcha di layar.

model captcha yang ada diinternet


Captcha soal pilihan ganda
Menebak gambar dengan clue sebuah pertanyaan singkat jelas padat, harus di jawab dengan benar, jawaban yang benar dapat dipilih dari lima pilihan jawaban yang sudah disediakan.

macam-macam captcha di dunia maya


Captcha berhitung
Menentukan hasil dari persamaan matematika sederhana yang tentu saja sangat mudah bagi manusia tapi akan sangat sulit untuk dideteksi oleh robot.

model captcha yang ada diinternet


Salah satu langkah pengamanan sebuah website khususnya yang membutuhkan interaksi dengan penggunanya adalah melalui mekanisme beragam tantangan Captcha, tapi bukan berarti cara ini tanpa kendala.

Di beberapa Negara, kehadiran Captcha terbentur peraturan Undang-Undang terkait kemungkinan terjadinya Diskriminasi terhadap kalangan tertentu yang berpotensi menghadapi kesulitan ketika harus mengisi tantangan Captcha saat ingin mengakses halaman website di internet.

Sehingga mewajibkan tantangan Captcha harus memiliki opsi Audio Captcha untuk memfasilitasi pengguna internet yang memiliki kekurangan penglihatan seperti bagi mereka yang mengalami buta warna misalnya.

Itulah macam-macam Captcha yang sering kita jumpai di dunia maya untuk memastikan bahwa pengunjung sebuah website benar-benar Manusia. Semoga bermanfaat.

Please Share if You like "Ragam Captcha anti Bot yang biasa di temui" :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ragam Captcha anti Bot yang biasa di temui"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.