6 Tipe bukaan pintu mobil Sport dunia, Harus tahu!

Pintu menjadi salah satu jalan akses keluar-masuk kabin mobil bagi penumpang maupun pengemudi.

Mekanisme bukaan pintu di desain agar akses keluar-masuk lebih mudah tapi juga tidak menyulitkan untuk dioperasikan dan tidak terlalu banyak makan space di sekitarnya ketika terbuka lebar.

Umumnya sering kita temukan berbagai tipe bukaan pintu yang banyak digunakan pada berbagai tipe kendaraan seperti tipe pintu poros depan dengan arah bukaan pintu horizontal kesamping.

Desain daun pintu yang memiliki poros engsel pada bagian depan menjadi tipe yang paling banyak di temui karena desain yang sederhana dengan konstruksi yang tidak terlalu rumit.

Mobil Sport, selain menonjolkan dominasi kekuatan mesin, segi desainnya pun tak luput dari perhatian.

Salah satu bagian mobil yang menjadi pusat perhatian adalah pada bagian pintunya. Desain konstruksi dan mekanisme bukaan pintu yang unik dan beda akan memberi kesan tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya.

Berikut 6 tipe bukaan pintu pada mobil sport kelas dunia.

1. Gull-wing Door

Mekanisme pintu yang membuka keatas membuat akses ke kabin sangat lapang, tidak perlu khawatir kepala kejedot saat masuk keruang kabin.

Mekanisme Gull wing Door dilengkapi sistem hidrolis untuk memudahkan proses buka tutup pintu yang saat terbuka akan tampak seperti sayap burung.

Tantangan terberat dari pintu mobil jenis ini adalah bagaimana membuat daun pintu seringan mungkin namun tetap aman ketika terjadi tabrakan dari samping.

pintu mobil mirip kepakan sayap burung

2. Scisoor Door


Pintu mobil dengan mekanisme bukaan mirip gunting, biasa juga dikenal dengan sebutan Vertical Door atau Lambo Door karena dulunya di populerkan oleh Lamborghini, meskipun kehadirannya pertama kali diperkenalkan pada tahun 1968 di Mobil Alfa Romeo Carabo Concept.

Kelebihan dari desain pintu ini adalah bentangannya saat terbuka tidak terlalu lebar sehingga memudahkan pengemudi atau penumpang saat keluar masuk khususnya pada area sempit, seperti digarasi atau di tempat parkir.

tipe pintu mobil jenis pintu gunting

3. Butterfly Door

Pintu kupu-kupu, jika tampak depan, kedua pintu yang terbuka akan terlihat layaknya sayap kupu-kupu dengan posisi buka-tutup seperti gerakan sayap kupu-kupu saat akan terbang.

Pintu jenis ini cukup menambah kesan futuristk jika di gunakan pada mobil sport dan dapat di temukan pada mobil La Ferrari dan McLaren P1

butterfly door jenis bukaan pintu mobil

4. Raptor Door

Memperkenalkan mekanisme Dihedral Synchro-helix membuat mobil buatan Koenigsegg tampil beda dibanding mobil kelas Sport lainnya.

Konstruksi pintu mobil pada posisi vertikal saat terbuka penuh membuat akses ke kabin menjadi terbuka lebar.

Tapi perlu berhati-hati ketika ingin membuka pintu dan turun dari mobil karena bagian pintu tersangkut trotoar jika terlalu dekat dengan sisi jalan.

raptor door pintu mobil yang terbuka vertikal

5. Canopy Door

Desain unik, sedikit mengadaptasi desain kabin pesawat terbang. Dimana bagian atap dan pintu menyatu dan akan terangkat kedepan ketika dibuka.

canopy door membuka seperti pintu pesawat tempur

Ada juga yang benar-benar menganut desain, bentuk dan mekanisme kokpit pesawat terbang seperti pada Lamborghini Egoista, sebenarnya tidak bisa dikatakan pintu karena tidak berdesain layaknya pintu, tapi inilah satu-satunya akses keluar masuk mobil yang bisa dilakukan meskipun harus dengan memanjat.

6. Sliding Door

Desain Slidding Door memang banyak di temukan pada mobil-mobil tipe MPV untuk mengakses barisan ruang kedua pada mobil.

Tapi jangan salah, karena pintu tipe slidding door juga terdapat pada mobil tipe sport kelas dunia, Rezvani Beast Alpha mengadopsi tipe ini untuk pintu mobilnya.

Hanya saja arah slidingnya berbeda dengan mobil MPV pada umumnya karena pada mobil sport, arah buka-nya kedepan bukan kebelakang.

Dengan bukaan seperti ini membuat akses ke kabin lebih mudah dan lebar bukaan pintu tidak terlalu “memakan” ruang.

pintu geser di mobil sport


Itulah 6 tipe bukaan pintu pada mobil Sport kelas dunia yang harus di ketahui biar gak bingung kalau nanti suatu saat bisa memiliki salah satunya, semoga bermanfaat.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment