9 Daftar mobil yang memiliki Spoiler otomatis

Active Aerodinamycs atau active spoiler atau active Rear Wing, merupakan komponen mobil yang dapat membantu menciptakan down force untuk memaksimalkan performa mobil di terk lurus dan menjaga kestabilan di saat melewati tikungan.

Mobil yang memiliki Spoiler otomatis di dominasi mobil bergenre Sport, karena memang pernagkat ini sangat dibutuhkan untuk mendukung performa dan berdampak signifikan terhadap kemampuan mobil secara keseluruhan.

Kelebihan dari system active Aero adalah sudut kemiringan spoiler yang bisa otomatis menyesuaikan kecepatan mobil.

Dengan begini kebutuhan Down force saat kecepatan tinggi di trek lurus bisa diakomodasi dengan baik dan dengan sudut yang tepat sehingga dapat mengurangi daya hambatan angin yang melewati sirip spoiler tapi tanpa mengurangi grip pada ban.

Spoiler juga dapat bermanfaat untuk membantu pengereman (air brake) dengan membuka sirip lebar-lebar untuk memberi tahanan angin jika diperlukan.

Selain itu, untuk penggunaan normal di jalan perkotaan dengan kecepatan rata-rata, maka spoiler bersistem otomatis dapat di nonaktifkan atau dapat non aktif secara otomatis sehingga menjaga tampilan mobil tetap elegan dan “sopan”

Berikut 9 mobil sport yang memiliki Spoiler Otomatis sebagai penunjang performanya.

1. Bugatti Veyron
Salah satu pemegang rekor mobil tercepat di dunia, tidak perlu di ragukan lagi kemampuannya menembus Top Speed dengan mengaktifkan mode Sport-nya melalui Kunci khusus.

buggaty veyron active aero

2. McLaren P1
Desain Spoiler Otomatis yang meliuk-liuk bagaikan ombak dilaut, dipercaya untuk menambah down force pada mobil McLaren P1

spoiler otomatis mclaren

3. Mercedes AMG GTs
Spoiler otomatis yang berukuran kecil membantu meningkatkan kemampuan Air Braking dan juga menambah Grip pada ban ketika melaju pada kecepatan tinggi.

mercedez aorodynamic rear wing

4. Pagani Huayra
Dua buah Spoiler otomatis yang dapat bekerja independent sesuai trek yang dilalui, mampu membuat Pagani Huayra melaju mulus melewati tikungan dengan spoiler yang terbuka dengan sudut yang berbeda setiap sisinya sesuai kebutuhan.

spoiler independent

5. Lexus LFA
Active Aero milik Lexus terlihat biasa namun dengan lebar yang cukup memadai membuatnya dapat menangkap dan mengalirkan angin dengan baik untuk mendapatkan grip yang maksimal pada ban.

active aero untuk memaksimalkan performa lexus

6. Toyota FT-1
Tersembunyi manis saat tidak digunakan, Active rear wing milik Toyota FT-1 tampil dinamis dengan lengkungan yang ergonomis.

toyota active otomatis spoiler

7. Koenigsegg Regera
Desain simpel dengan konstruksi sederhan, Regera melengkapi daftar mobil sport yang memiliki Spoiler Otomatis.

spoiler otomatis

8. Lamborghini Aventador
Lamborghini Aventador memiliki otomatis rear wing yang tersimpan rapi di buritan jika sedang tidak dibutuhkan.

spoiler lambhorghini otomatis terbuka

9. Porsche 911 Turbo
Porche Turbo pun tak ketinggalan memanfaatkan teknologi active aero untuk menghiasi buritannya.

spoiler otomatis


Active spoiler pada mobil sport, ada yang bekerja secara otomatis menyesuaikan kondisi kecepatan mobil, ada juga yang bisa diaktifkan secara manual melalui tombol di dashboard melalui kunci khusus seperti Top Speed Key nya Buggaty atau melalui remote.

Pada mobil berperforma tinggi yang memiliki pilihan mode Sport, terbukanya spoiler belakang secara otomatis, biasanya disertai dengan penyesuaian pada sektor lainnya seperti Ground Clearance yang semakin rendah dan aktifnya diffuser untuk melancarkan aliran angin di kolong mobil dan penyesuaian lainnya untuk kepentingan high performance.

Tapi untuk pemakaian kondisi normal semua fitur dan komponen high performance “tersembunyi” dengan rapi.

Itulah 9 daftar mobil Sport yang memiliki fitur Active Rear Wing. Semoga bermanfaat.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment