Madmax Streetfighter motor Tercepat hanya bermesin Heli

Apa yang terjadi jika mesin heli dipasang dan digunakan sebagai mesin sepeda motor?

Madmax Race Team berhasil mewujudkannya, mesin Turbin buatan Rolls Royce khusus untuk helicopter dipakai sebagai dapur pacu kendaraan roda dua.

Hasilnya?

Motor yang mampu melesat hingga top speed 374 km/h, menembus jarak 400 meter hanya dalam 3,9 detik dan torsi sebesar 1000 lb-ft di roda belakang.

Istimewanya lagi, motor yang di bangun di sebuah kepulauan Guernsey UK ini memenuhi standar untuk berkeliaran dijalan umum karena telah dilengkapi berbagai perangkat wajib seperti lampu utama, lampu sein dan lain-lain.

Tapi sayangnya, motor ini tidak akan di produksi masal karena dianggap terlalu powerful. Dan keputusan untuk tidak menjualnya adalah untuk kebaikan bersama.

Mungkin bila ada yang berminat ingin memesan secara khusus, akan dipertimbangkan untuk membangunnya sesuai pesanan dengan nilai yang sepadan tentunya.

Secara teknis, motor Madmax Streetfighter di tenagai mesin Rolls Royce 250-C20B Shaft turbine engine.

Dilengkapi gearbox satu kecepatan yang di pesan khusus dengan Kopling Karbon berbasis F1, dirancang untuk mampu menghandel torsi sebesar 1000lb.

Madmax Streetfighter motor Tercepat di dunia bermesin heli

Dengan modal mesin yang tak lazim, Madmax Streetfighter telah mencatatkan beragam rekor. Setidaknya 3 rekor dunia dan 1 rekor Nasional (British national record) berhasil di rengkuhnya.

Pertama, world record sebagai the Fastest Turbine Motorcycle dengan kecepatan 233.7 mph (376 km/h).

Kedua, rekor sebagai world's fastest Streetfighter yang mampu mencapai 231.6 mph (372 km/h) dalam jarak 1 mile (1,6 Km).

Ketiga, motor Turbin tercepat didunia, untuk jarak seperempat mile (400 M) hanya membutuhkan waktu 3,91 detik saja.

Untuk Rekor Nasional, Madmax Streetfighter mencatatkan diri sebagai The Fastest Naked Motorcycle di Inggris, dengan catatan resmi yang terekam adalah 225.6 mph (362 km/h).

Maklumlah yaa dapat kecepatan segitu, kan hanya pakai mesin heli, mungkin lain cerita kalau pakai mesin F16 :D:D. #bisa terbang juga kali yaa 

Motor dengan rekor kecepatan yang luar biasa tersebut di raih tanpa dukungan wind-shield dan bodi aerodinamis seperti motor MTT Y2K Superbike yang juga menggunakan mesin heli.

Bahkan desain stangnya menggunakan tipe stang khas motor Stretfighter atau yang biasa digunakan di motorcross, bukan stang khusus balap jalanan aspal. Tidak kebayang jika motor ini didukung bodi aerodinamis.

Madmax Streetfighter motor Tercepat di dunia bermesin heli

Untuk mendukung keselamatan, Engine Control Unit yang telah di rancang khusus untuk memonitor segala aspek pada setiap aktifitas turbin hingga 100 kali checking perdetik untuk memastikan bahwa mesin turbin yang digunakan bekerja sebagaimana mestinya.