Cara mengganti Aplikasi Default Android

Aplikasi Default adalah aplikasi yang secara otomatis digunakan untuk membuka suatu file, mp3, photo, Url, Dokumen dan lain sebagainya.

Misalnya di handphone anda terinstal 3 buah web browser, Chrome, Opera dan Firefox. Jika anda mengatur Chrome sebagai aplikasi default maka setiap kali anda mengklik Link Url, Chrome akan otomatis mengeksekusinya.

Untuk membuka sebuah file data yang ada di ponsel android khususnya yang masih baru biasanya kita perlu melakukan pilihan pengaturan aplikasi apa yang akan digunakan untuk membuka file yang bersangkutan.

Contohnya saat anda mengklik link Url maka akan muncul Pop-up untuk menentukan pilihan web browser mana yang akan digunakan untuk membuka url tersebut dan dibawahnya akan ada pilihan “Always” dan “Just Once”.

Cara mengganti Aplikasi Default Android

Jika pilih “Always” maka kedepannya, setiap kali anda mengklik link Url maka akan otomatis membuka di Chrome, tapi jika anda memilih “Just Once” maka jika anda mengklik link Url lagi, anda akan dihadapkan pada pop-up pilihan tersebut lagi.

Bagaimana kalau terlanjur memilih ‘Always’ dan tiba-tiba ingin merubahnya karena menemukan aplikasi yang lebih baik misalnya.

Salah satu caranya adalah tinggal uninstal saja aplikasi yang di jadikan default tersebut dan ganti dengan yang baru, beres.

Tapi bagaimana kalau anda tidak ingin menguninstal yang sudah ada karena hanya ingin mencoba aplikasi baru dan ingin mengetahui apakah lebih baik dari pada aplikasi yang selama ini anda pakai.

Atau bagaimana jika aplikasi default tersebut adalah aplikasi bawaan handphone (bloatware) yang tidak bisa dihapus/uninstal.

Jangan khawatir, cara mengganti aplikasi default android sangatlah mudah. Anda hanya perlu masuk ke menu Setting > Aplikasi dan cari aplikasi yang ingin anda rubah statusnya dari default.

Cara mengganti Aplikasi Default Android

Kemudian cari sub menu “Luncurkan secara default” anda bisa menghapusnya sebagai default dengan mengetuk tombol “Hapus Default”.

Selanjutnya, ketika anda ingin membuka Link yang tersemat di email misalnya maka anda akan memilih aplikasi yang ingin digunakan untuk membukanya dengan pilihan “Always” yang otomatis akan membuatnya sebagai default atau “Just Once” yang hanya akan berlaku saat anda membukanya.

Demikianlah cara mengganti aplikasi default pada handphone android, semoga bermanfaat.

Please Share if You like "Cara mengganti Aplikasi Default Android" :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara mengganti Aplikasi Default Android"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.