Memperbaiki Rice Box yang bocor

Rice box menjadi salah satu peralatan rumah tangga yang berfungsi sebagai alat penyimpanan beras.

Kelebihan dari penggunaan Rice Box adalah memungkinkan beras yang masuk ke penampungan lebih dulu akan keluar lebih dulu. Dan juga telah disediakan takaran berapa banyak beras yang dikeluarkan sesuai kebutuhan.

Sebenarnya ricebox termasuk barang awet karena tidak banyak komponen pendukung kinerjanya seperti pada peralatan rumah tangga bersistem elektronik.

Hanya saja, ada bagian mekanisnya yang selalu bergerak saat di fungsikan yang bisa saja aus dan rusak karena umur dan pemakaian.

Seperti pada ricebox yang memiliki gejala tidak bisa menahan beras yang ada di penampungan sehingga beras selalu saja mengucur keluar jika tersenggol meskipun tombol sedang pada posisi menutup.

Setelah di selidiki, ternyata lidah penahan berasnya sudah retak, karena penahan ini terbuat dari semacam karet sehingga menjadi getas karena faktor usia akhirnya retak dan putus, jadi tidak bisa lagi menahan beras yang tersimpan di penampung

membongkar dan Memperbaiki Rice Box yang bocor


Untuk memperbaikinya, anda bisa menggantinya. Kalau dilihat dari konstruksinya sepertinya bagian ini bisa diganti karena bisa di lepas dari dudukannya, tapi entah cari dimana part-nya.

Kalau anda tidak sempat mencarinya atau tidak tau harus mencari dimana, anda bisa memanfaatkan barang yang ada disekitar.

Disini kita mencoba menggantinya dengan mika sim card, memang tidak terbuat dari karet tapi ini bisa digunakan. Atau mungkin jika anda punya ban bekas sepeda atau sendal jepit yang tak terpakai, mungkin bisa juga digunakan setelah dibersihkan tentunya.

Untuk proses bongkar-membongkar tempat beras ini sepertinya tidak perlu di jelaskan secara detail, karena cukup mudah membongkar ricebox dan hanya membutuhkan sebuah obeng kembang (tergantung spek dan jenis ricebox).

Memperbaiki Rice Box yang bocor


Untuk gambaran agar memudahkan proses pembongkaran ricebox, seperti ini kira-kira urutan membongkar tempat beras untuk merk Maspion.

Memperbaiki Rice Box yang bocor


Kemudian lepaskan mekanis pembuka saluran beras yang berfungsi untuk mengeluarkan beras dari penyimpanan ke wadah penampungan yang ada dibawah.

Hati-hati saat membuka perangkat mekanis ini, karena terdapat pegas dan mungkin anda perlu mengambil gambarnya dengan kamera ponsel agar tidak lupa posisinya nanti ketika dipasang.

Memperbaiki Rice Box yang bocor


Setelah terlepas anda bisa melihat lidah penahan beras yang terbuat dari karet tersebut. Dan ini bisa dilepas dari dudukannya dengan mudah.

Kemudian anda bisa membuat penggantinya dengan memanfaatkan mika sim card atau bahan lain yang sekiranya bisa anda gunakan dan temukan dengan mudah disekitar anda.

Potong dan bentuk mika sesuai kontur karet penyangga aslinya kemudian sisipkan antara karet penahan yang lama dengan rumah dudukannya, agar kuat dan tidak bergeser teteskan sedikit lem alteco.

Memperbaiki tempat beras maspion yang bocor


Cek dan ricek kembali dengan memasangkan di dudukannya dan periksa apakah dapat membuka atau menutup sempurna.

Jika sudah, anda bisa merakit kembali ricebox tersebut. Jangan lupa di cuci terlebih dahulu agar terlihat seperti baru lagi.

Demikian informasi yang bisa disampaikan terkait cara mengatasi ricebox yang bocor. Semoga bermanfaat.


Please Share Artikel "Memperbaiki Rice Box yang bocor" ini :)

0 Response to "Memperbaiki Rice Box yang bocor"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.