Masalah yang biasa terjadi pada Rem Mobil

Problematika rem mobil yang biasa terjadi cukup beragam, apalagi kalau mobil sudah berumur lebih dari 20 tahun.

Ketika salah satu part diganti baru maka part lainnya ikut-ikutan bermasalah dan minta ganti baru. Maunya ganti satu set semua roda tapi kadang biayanya bikin gak tahan.

Masalah yang biasa terjadi pada Rem Mobil

1. Pedal rem keras dan rem blong atau kurang pakem

Ini bisa terjadi jika terdapat permasalahan pada sistem vakum dibagian Booster Rem, mungkin selang Vakum atau pengikatnya ada yang lepas atau bocor.


2. Pedal rem ringan dan dalam

Bila pedal rem tidak ada perlawanan saat diinjak dan cukup dalam hingga menyentuh dasar kemungkinan di sebabkan kebocoran pada master silinder komponen master silinder biasanya tersedia parkitnya jadi bisa diganti jika mengalami kebocoran seal.


3. Mobil berat sebelah

Saat mengerem mobil terasa narik ke salah satu sisi mobil ini bisa terjadi karena daya rem di kedua sisi roda tidak sama. Periksa kemana arah mobil ketika direm, jika kekanan maka perikas bagian rem sebelah kiri.

Kemungkinannya antara masuk angin, kampas lengket atau piston macet.


4. Pedal rem bergetar

Saat mengerem terasa pedal rem beregetar atau bergoyang-goyang koplo. Ini biasanya terpengaruh oleh adanya kotoran dari permukaan cakram atau kondisi keausan yang tidak merata di cakram atau tromol.

Keausan yang tidak merata pada permukaan cakram bisa terasa hingga pedal rem yang seakan berayun ketika di tekan.


5. Body belakang bergoyang


Terasa bodi belakang seperti ingin mendahuli roda depan .. kondisi ini biasanya dikarenakan rem belakang sudah tidak sepakem rem depan. Jadi saat pengereman agak keras roda depan sudah berhenti sedangkan ban belakang masih ingin lari


Rem pada mobil diharapkan bisa bekerja seimbang di keempat rodanya. Jika pada salah satu roda terlalu pakem sedangkan roda lainnya blong maka akan mempengaruhi respon mobil secara keseluruhan.

Jadi ketikita memperbaiki rem mobil sebaiknya di kedua sisi atau akan lebih baik jika semua roda dilakukan perawatan dan pemeriksaan.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment