STNK Tembus saat Beli Kendaraan, Maksudnya apa?

Mencari motor seken memang gampang-gampang susah. Selain harus memperhatikan kondisi motor kita juga harus teliti dan jeli memeriksa surat-surat kelengkapannya.

Istilah yang paling sering didengar ketika ingin mengecek surat-surat kendaraan adalah jawaban yang meyakinkan bahwa STNK dan BPKB-nya tembus. "Tembus kemana...??"

Istilah STNK / BPKB tembus ini kadang menuai tanya, apakah BPKB nya lubang terus tembus sampai STNK atau bagaimana? atau ada surat tembusan ke Dinas terkait.

Ternyata istilah surat-surat tembus itu untuk menginformasikan bahwa kendaraan yang ingin anda beli “AMAN” karena memiliki surat-surat lengkap yang bisa dicek keabsahannya mulai nomor rangka nomor mesin, nama pemilik, alamat dan informasi lainnya dan ketika di cek secara online maka data kendaraan tersebut Valid.

Artinya jika di cek dan dicocokan, nomor rangka yang tertulis di STNK sama dengan yang tertulis di BPKB dan juga sama dengan yang tercetak di rangka kendaraan. Begitu juga terkait informasi lainnya.

Sehingga anda tidak perlu ragu lagi ketika ingin membeli kendaraan bermotor yang surat-suratnya Tembus, Berarti untuk urusan legalitas sudah aman tinggal mengecek kondisi kendaraan.

Untuk membantu mencari informasi tambahan terkait kendaraan yang ingin di beli, anda bisa mencari informasinya langsung dari Dinas terkait melalui Website yang telah disediakan.

Tapi langkah ini hanya untuk daerah tertentu seperti di kota besar Jakarta, anda bisa mengecek keabsahan surat-surat kendaraan bermotor secara online melalui website atau melalui SMS.

Sayangnya fasilitas ini belum bisa dinikmati seluruh daerah di Nusantara jadi bagi anda yang tinggal diluar kota besar harap bersabar mungkin suatu saat kelak akan terelealisasi

Dan untuk mengecek informasi kendaraan lewat SMS, masih sering ditemukan kegagalan entah karena gangguan pada sistem atau memang sistemnya yang error. Tapi bila Anda ingin mencoba, berikut cara cek informasi Nopol via SMS untuk beberapa Kota yang sudah memiliki fasilitas ini.

Cara untuk cek informasi Nomor Polisi kendaraan bermotor via SMS :

1. Cek Nopol area Jakarta – POLDA Metro Jaya Via SMS

Ketik METRO<spasi>Nomor Polisi
Kirim ke 1717

2. Cek Nopol area Jawa Barat Via SMS

poldajbr<spasi>Nomor Polisi 
Kirim ke 3977

3. Cek Nopol area D.I. YOGYAKARTA – POLDA DIY

DIY<spasi>Nomor Polisi 
Kirim ke 9600

4. Cek Nopol area Jawa Tengah

jateng<spasi>Nomor Polisi 
Kirim ke 9600

5. Cek Nopol area Jawa Timur

JATIM<spasi>Nomor Polisi 
Kirim ke 7070

6. Cek Nopol area Kepulauan Riau – POLDA KEPRI

KEPRI<spasi>Nomor Polisi 
Kirim ke 9969


Cara Untuk mengecek keabsahan surat-surat kendaraan bermotor melalui website : 

cek status kendaraan berdasakan nopol surabaya via mebsite

Anda bisa mengakses halaman Dinas Pendapatan Daerah atau website milik SAMSAT tempat anda berdomisili, misalnya untuk area Jawa Timur bisa lihat halaman DISPENDA JATIM dengan alamat

http://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas

cek status kendaraan berdasarkan nopol

Atau untuk daerah Jakarta bisa cek nomor kendaraan Jakarta di :

http://samsat-pkb.jakarta.go.id/cek-ranmor+pajak-dki/

Anda hanya perlu memasukan nomor TNKB dan kemudian mengisi tantangan Captcha maka informasi terkait Warna kendaraan, Jenis kendaraan, Masa berlaku, bahkan hingga informasi nilai jual dan Pajak yang harus di bayarkan bisa diketahui disini.

Jika Nomor polisi kendaraan yang anda cari tidak ada atau tidak Valid maka website tersebut akan menginfomasikan bahwa nomor tidak ada.

Dengan bermodalkan data ini and bisa mencocokan apakah benar kendaraan yang ingin anda beli sesuai dengan data yang ada dikepolisian.

Kemudian anda bisa mencocokan dan mempertimbangkan hal lain terkait kondisi kendaraan yang ingin dibeli.

Jadi seperti itulah yang dimaksud dengan istilah STNK / BKPB Tembus, Artinya data yang ada di STNK sesuai dengan yang ada di BPKB dan data tersebut juga sesuai dengan Fisik Kendaraan. Semoga bermanfaat.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment