4 Alasan kenapa mobil harus TURUN MESIN

Ada alasan-alasan kuat kenapa mesin mobil harus turun mesin. Ketika seorang Mekanik memvonis bahwa mobil anda harus di Overhoul, jangan berpikir bahwa itu tentang Overkredit, Overlimit, Overtaking, Overtime atau over-over lainnya.

Dan 4 alasan berikut ini adalah jenis perbaikan yang mengharuskan mobil untuk melakukan prosesi Turun Mesin.

1. Kerusakan pada Poros Engkol

Kerusakan pada poros engkol meliputi keausan bantalan, kebocoran seal poros engkol, poros engkol bengkok.

Di poros engkol ada namanya metal jalan dan metal duduk, kerusakan pada komponen ini biasanya ditandai bunyi ter..ter.. kayak bel becak saat mesin pertama kali di hidupkan atau saat pedal gas di tekan. 

Jika suara ter...ter.. hanya terdengar saat starter dan seiring meningkatnya putaran mesin suara ini menghilang, menandakan metal duduknya minta ganti.

Tapi jika metal jalannya yang kena maka suaranya akan terus terdengar di setiap tingkat RPM.

Perbaikan komponen ini harus turun mesin, nanti poros engkol akan dikurangi diameternya sedikit dan metal duduknya diganti yang lebih tebal istilahnya di oversize, sama seperti perlakuan pada piston jika sudah aus.


2. Oli Tercampur Air

Gak ada angin gak ada hujan, tau-tau saat ganti oli ternyata disinyalir oli tercampur air. Setelah diingat-ingat, perasaan gak pernah nyemplung sungai, gak pernah main becek dan mobil belum juga di cuci 3 bulan belakangan. kok bisa kecampur air.

Oli tercampur air biasanya di tandai dengan warna oli yang kecoklatan seperti kopi susu. Diagnosa awal bisa menaruh kecurigaan pada paking head silinder yang mungkin sudah minta ganti.

Perbaikan ini bisa dilakukan dengan hanya menurunkan mesin setengah, artiinya hanya membuka kepala silinder dengan posisi mesin tetap di mobil.

Tapi untuk kasus yang parah meskipun jarang terjadi, mesin bisa saja di overhoul untuk memastikan tidak ada kebocoran pada water jacket di blok mesin.

Alasan kenapa mobil harus TURUN MESIN


3. Water Hammer

Water hammer bisa mengakibatkan mesin macet, karena air yang masuk keruang bakar saat mesin beroperasi bisa menahan gerakan piston. 

Ruang bakar yang panas jika kemasukan air sedikit saja, trus air berekspansi dalam sekejap akan piston macet dan merembet ke komponen lainnya.

Air tidak bisa dimampatkan seperti campuran bensin dan udara, ketika air di mampatkan maka dia akan mencari jalan keluar, kalau tidak ketemu dia akan melawan.

Coba saja tekan gelas air mineral, tekan sekuat tenaga, maka air didalamnya akan melawn, tekan lagi sekuat tenaga maka gelasnya akan pecah.

Piston macet, stang bengkok, burung-burung patah, gigi rompal dll, kalau sudah begini, wajib turun mesin.


4. Oversize

Ketika didiagnosa mobil perlu Oversize ditandai dengan adanya kepulan asap pada knalpot saat mesin beroperasi, maka mesin harus turun mesin.

Mengganti piston atau Oversize ke ukuran lebih besar satu tingkat akan menjadi langkah perbaikan untuk mengatasi knalpot berasap. 

Meskipun asap di knalpot tidak selalu tentang piston, tapi tingkat kepekatan asap bisa menjadi detektor awal bahwasanya piston minta ganti/Oversize.


Overhoul secara Inggris artinya Pemeriksaan, merupakan pekerjaan berat yang menyita waktu dan biaya. Tak mengherankan jika banyak pemilik kendaraan yang merasa enggan untuk melakukan overhoul karena masalah biaya.

Untuk turun mesin, wajib harus mempersiapkan paking set dan ongkos jasa. Kalau ditotal, Jasa + Biaya turun mesin Mobil bisa mencapai 5-10 juta Rupiah. Belum lagi mobil harus nginap beberapa waktu, bisa seminggu hingga sebulan tergantung antrian dan ketersediaan komponen.

Kadang kita hanya berniat oversize saja, tidak yang lain-lain, itupun sudah bisa habis 3 jutaan hanya untuk onderdil plus jasa. Sedangkan saat proses Overhoul akan banyak komponen mobil yang dilepas.

Bisa jadi selama proses overhoul, akan ada printilan-printilan yang minta diganti/dibeli seperti karet penyangga mesin, selang Vakum, baut mesin, lem khusus gasket, sil klep, selang radiator, dll.

Printilan seperti sil klep memang tampak murah perbijinya, palingan di kisaran 10-20 ribu perbiji tapi kalau 4 silinder, terasa kantong jadi oblak karena dompet menipis.

Masalahnya kalau tidak sekalian diganti, takutnya nanti hasilnya tidak maksimal. Apalagi kalau sampai metal duduk atau metal jalan minta ganti juga. Gak mau diganti kok nanggung, tapi kalau mau diganti kok bingung.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment