Cara praktis mengatasi CD Room Laptop yang sering terbuka sendiri

CD Room laptop sering terbuka sendiri meskipun tidak sedang digunakan dan terkadang ketika keping CD di masukan kedalamnya maka ia akan mereject dan tray nya membuka.

Masalah ini sebenarnya tidak terlalu mengganggu tapi kadang kesal juga kalau sedang asik-asiknya mengerjakan tugas tiba-tiba tray CD room membuka tanpa sebab. Jadi kita harus berulang-ulang kali menutup tray CD room tersebut.

Banyak penyebab kenapa tray CD room laptop membuka sendiri, masalah ini bisa di sebabkan karena kerusakan mekanis atau bisa juga karena driver CD Room laptop mengalami crash atau error.

Jika anda memiliki masalah dengan tray CD Room laptop yang sering membuka sendiri tapi belum ada waktu untuk mencari penyebabnya apalagi untuk menggantinya dengan yang baru. Anda bisa mengambil opsi untuk menonaktifkannya sementara waktu.

cd room laptop, mengatasi CD Room Laptop yang sering terbuka sendiri, mengganti cd room laptop

Untuk menonaktifkan CD Room anda perlu melakukan sedikit pekerjaan ringan untuk melepas CD room yang bermasalah tersebut dengan peralatan sederhana yaitu sebuah Obeng plus.

Sebagai contoh, Berikut ini cara melepas CD Room laptop merk ASUS type A42F dan menonaktifkannya.

Lepas CD Room dari dudukuannya di laptop, biasanya CD Room ini di kunci dengan beberapa baut yang bisa di lepas dari bagian bawah laptop. TAPI pastikan laptop anda sudah tidak dalam masa garansi karena biasanya, salah satu baut akan tertutup stiker garansi.

cd room laptop, mengatasi cd room laptop yang membuka sendiri, mengatasi CD Room Laptop yang sering terbuka sendiri,

Setelah baut terlepas semua, tarik CD Room dari slotnya. Jika anda ingin menggantinya, bisa langsung di ganti dengan yang baru.

mengatasi CD Room Laptop yang sering terbuka sendiri, cd room laptop, ganti cd room laptop,

Setelah CD Room terlepas, tutup Pin di soket SATA pada CD room menggunakan kertas tipis atau isolasi.

ganti cd room laptop, mengatasi kerusakan cd room laptop

Kertas ini berfungsi sebagai isolator agar CD Room tidak mendapat suplay daya dari laptop. Dengan begini maka otomatis cd room tidak bisa di fungsikan, dan tentu saja dia tidak akan bisa lagi membuka sendiri tanpa sebab.

Jadi anda tidak perlu lagi terganggu harus menutup tray cd room yang tidak ada angin-tidak ada hujan tiba-tiba membuka.

Kenapa tidak di lepas saja CD room nya?

Kalau di lepas maka akan terdapat ruang kosong di sisi laptop tempat CD room yang akan menjadi akses debu dan kotoran masuk atau benda asing lainnya ke dalam laptop.

ganti cd room laptop, cd room laptop rusak

Tapi cara ini harus benar-benar mempertimbangkan fungsi cd room itu sendiri, apakah masih sering digunakan atau memang sudah sangat jarang atau bahkan tidak pernah lagi digunakan.

Karena dewasa ini, fungsi CD Room semakin berkurang. Seberapa sering anda memutar lagu yang tersimpan di CD, apakah anda masih sering menonton film yang tersimpan dalam keping VCD, atau anda masih sering menyimpan data ke CD? Sepertinya tidak ya..

Jika anda sudah tidak pernah memanfaatkan CD Room, anda bisa menonaktifkannya saja daripada membeli penggantinya sedangkan sehari-harinya jarang digunakan sehingga malah menjadi pengeluaran sia-sia.

Mungkin nanti mulai terasa agak kerepotan ketika laptop diinstal ulang. Kalau untuk instalasi OS masih bisa dilakukan lewat Flashdisk, tapi untuk beberapa Driver masih ada yang tersimpan di keping CD, seperti Driver bawaan laptop untuk Soundcard, VGA, atau driver parangkat pendukung seperti Driver Printer dan lain-lain.

Tapi sekarangkan jamannya internet, semua bisa didapatkan dari internet termasuk Driver-driver yang di butuhkan tersebut.

Kalaupun tidak memungkinkan untuk mendownloadnya karena kapasitasnya terlalu besar, bisa numpang kopi Driver tersebut di laptop atau PC teman yang CD Room nya masih berfungsi dengan baik.

Jadi driver-driver penting bisa di backup ke hardisk, sehingga nanti saat instal ulang, tidak bingung lagi mencari-cari driver yang di perlukan.

Itulah Cara praktis mengatasi CD Room Laptop yang sering terbuka sendiri. Meskipun ini sifatnya sementara, tapi bisa dijadikan solusi agar CD Room tidak selalu membuka tanpa sebab. Hingga nanti anda punya waktu untuk memperbaikinya atau punya dana untuk menggantinya. Semoga bermanfaat.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment