Kelebihan dan kekurangan menggunakan Projector Headlamp

Lampu kepala adalah salah satu komponen penting kendaraan yang berguna memberi penerangan saat jalan di malam hari.

Banyak jenis lampu yang digunakan pada kendaraan bermotor kesemuanya memiliki kenunggulan dan kekurangannya sendiri.

Penggunaan lampu jenis HID dan LED semakin di gemari saat ini. Selain karena tampilannya yang lebih keren, pancaran cahanya pun lebih terang dari pada bohlam biasa.

Tapi untuk penggunaan lampu HID atau LED sangat dianjurkan menggunakan Projektor agar arah cahaya lampu bisa lebih teratur.


Namun apa sajakah Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Projektor Headlamp ?

Kelebihan menggunakan Projektor Headlamp

  • Arah cahaya lampu lebih fokus dan tampak solid 
  • Dapat mengontrol ketinggian lampu sehingga tidak menyilaukan pengendara lain dari arah berlawanan
  • Menambah nilai estetika tampilan headlamp menjadi terlihat futuristik, apalagi jika ditambahkan dengan pemanis berupa angel eyes.
  • Meminimalisir kemungkinan terjadi kerusakan pada rumah lampu karena dan reflektor akibat panas yang dihasilkan dari lampu HID atau LED yang digunakan. Karena Projector akan "menahan" panas dari lampu yang bisa membuat rumah lampu meleleh atau proyektor mengelupas.

Kekurangan Menggunakan Projektor Headlamp

  • Perubahan yang perlu di lakukan untuk memasang reflektor pada lampu terkadang harus "merusak" batok rumah lampu utama. Namun ada beberapa type reflektor yang bisa langsung dipasang (plug n play)tergantung jenis kendaraan.
  • Pada urutan langkah pengerjaan pemasangan reflektor terkadang perlu melepas mika lampu utama dari rumah lampu. Saat keduanya di pasang kembali, ada kemungkinan pengeleman kurang rapat dan berpotensi menghasilakn pembentukan embun didalam rumah lampu ketika cuaca dingin atau hujan.
  • Pemasangan lampu reflektor biasanya perlu melakukan pengeturan ulang pada sistem wiring lampu utama. Ini membuat semakin banyak kabel yang berseliweran di sekitar rumah lampu, jika tidak di atur dan di tata dengan baik, bisa mengganggu dan mungkin berbahaya jika terkena getaran dan mungkin tali kipas.
  • Mahal adalah alasan klasik selanjutnya yang menjadi kekurangan dari lampu Projektor. Inilah alasan mengapa orang enggan menggunakan lampu HID atau LED yang dilengkapi projektor. Akhirnya banyak yang pakai lampu LED dan LED tapi cahayanya menyilaukan karena tidak terarah dengan baik karena tidak dilengkapi proyektor.