Hal-hal yang perlu di Perhatikan ketika terpaksa harus membeli BAN BEKAS

Ada kalanya kondisi keuangan tidak memadai untuk melakukan perawatan terhadap mobil yang kita miliki. Sementara itu ada part yang perlu diganti.

Menggunakan komponen bekas adalah salah satu solusi sementara untuk sedikit membuat mobil dapat berfungsi normal tanpa merobek kantong terlalu dalam.

Salah satu Part mobil yang biasa menggunakan part bekas adalah Ban.

Ban bekas menjadi pilihan ketika ban baru masih belum terjangkau. Sedangkan penggantian ban setidaknya harus sepasang atau akan lebih baik lagi jika semuanya diganti.

Tapi memutuskan menggunakan ban bekas berarti harus lebih teliti saat memilih ban bekas yang layak pakai. Yaa meskipun bekas, kita perlu selektif juga untuk mendapatkan ban terbaik.

Berikut ini tips memilih ban dan hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih ban bekas yang akan digunakan pada mobil

1. Tanggal produksi

Jika memungkinkan dan masih terlihat, perhatikan tanggal produksi yang tertera pada sisi ban. Pilih ban yang umurnya paling muda jika memungkinkan.

Karena kalau sudah terlalu tua, kondisi karet ban sudah keras dan cengkramannya ke aspal akan kurang maksimal.

kode tanggal ban hankook otonao


2. Ketebalan Profil Ban

Selanjutnya lihat ketebalan profil ban, cari yang kembangannya masih cukup tebal, tapi setebal-tebalnya ban bekas tetap lebih tipis dari ban baru atau ban Vulkanisir. 

Jadi perhitungkan masa pakainya apakah nanti ketika ban tersebut gundul, tabungan anda sudah cukup untuk membeli ban baru.


3. Kerusakan Ban

Sembari memeriksa ketebalan profil ban, amati juga kondisi ban, apakah ada kerusakan pada fisik ban seperti retak, terkelupas, bead meleot atau ada lapisan kawatnya yang putus.


4. Tambalan

Untuk Ban Tubeless, perhatikan jumlah bekas tambalan pada permukaan ban. Ban yang terlalu banyak tambalannya maka kualitasnya akan jauh menurun dan rawan benjol.


5. Hindari Ban Vulkanisir

Ban vulkanisir adalah ban bekas yang di rekondisi menjadi tampak baru dengan memberi lapisan karet pada permukaan ban yang sudah gundul.

Pada kondisi pemakaian tertentu, lapisan ban ini bisa saja terkelupas dan dapat membahayakan. Jadi hindari dulu opsi menggunakan ban vulkanisir.

Jika pun terpaksa memakai ban Vulkanisir, pastikan anda paham betul karakter ban yang anda pakai dan jangan samakan penggunaannya dengan ban baru atau ban bekas sekalipun yang tanpa proses vulkanisir.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment