TIPS Mengganti AKI UPS

Uninteruptible Power Supply (UPS), fungsi alat ini adalah : sebagai tenaga listrik sementara, apabila arus listrik yang mengalir ke Unit Komputer kita terputus.

Penggunaan UPS sebagai backup power untuk PC menjadi penting mengingat kemampuan pemasok listrik di Negara kita dalam memenuhi kebutuhan masyarakatnya masih tergolong rendah. Apalagi bagi masarakat yang tinggal didaerah.

Fenomena lampu padam sewaktu waktu tentu menjadi momok tersendiri bagi para pengguna barang elektronik, khususnya pengguna PC desktop yang komponen nya sangat rentan mengalami kerusakan apabila sering mati mendadak ketika listrik padam tiba-tiba. Sehingga penggunaan UPS menjadi penting untuk melindungi PC dari fenomena ini.

cara mudah Mengganti AKI UPS

Tapi bagaimana jika UPS tidak bekerja sebagaimana mestinya seperti drop misalnya, atau sudah tidak mampu membackup dalam waktu yang lama seperti biasanya. 

Hal ini mungkin disebabkan aki yang seharusnya berfungsi sebagai penampung daya pada UPS sudah mengalami kerusakan. 

Mungkin sudah menggelembung atau bocor sehingga tidak mampu berfungsi sebagaimana semestinya. 

Terus bagaimana solusinya? Jika memang sumber masalahnya adalah AKI,  segera ganti aki ups dengan yang baru. 

cara mudah Mengganti AKI UPS

Tapi bagaimana jika tipe akinya sulit didapat? Pertanyaan ini paling sering ditemukan bagi pengguna PC yang berada di daerah.

Mungkin bagi user yang tinggal di kota besar sangat mudah mendapatkan penggantinya. Tapi bagi yang jauh dari kota besar tentu akan kesulitan untuk mencari aki dengan tipe dan spek tertentu sesuai dengan Aki pada UPS. Jadi solusinya bisa menggantinya dengan menggunakan aki sepeda motor. 

Yang perlu diperhatikan adalah Voltase yang digunakan pada UPS. Jika UPS hanya menggunakan satu AKI maka bisa diganti dengan aki motor bebek 12V-5Ah. Usahakan Ampere AKI penggganti lebih besar dari Ampere AKI UPS. Karena mencari yang persis sama seperti Aki 12v-4Ah mungkin sulit dipasaran.

Untuk UPS yang menggunakan 2 atau lebih Aki didalam nya maka anda perlu menggantinya dengan jumlah aki yang sama dengan UPS. Perhatikan juga sambungan kabel antar aki, apakah Aki di rangkai SERI atau PARAREL, menurut pengalaman aki didalam UPS dirangkai SERI sehingga jika terdapat 2 AKI, tegangan nya menjadi 24V, sehingga perlu menggantinya dengan dua Aki juga. Seperti pada contoh aki UPS dibawah ini yang menggunakan dua aki yang disusun dan dirangkai Seri.

TIPS Mengganti AKI UPS, UPS dengan dua aki

Berikut sedikit uraian singkat tentang bagaimana mengganti Aki UPS dengan memanfaatkan atau menggunakan Aki sepeda motor.

Buka casing UPS Kemudian lepaskan Aki UPS yang sudah soak atau rusak. Setelah melepas Aki UPS yang rusak, sambungkan kabel UPS ke Aki yang baru, sesuai kutub-kutub-nya. Karena kabel UPS cukup pendek, mungkin anda perlu sedikit menyambung kabel untuk memudahkan instalasi Aki Sepeda motor ke UPS. Sebaiknya anda menggunakan kabel tahan panas jika terpaksa harus menyambung kabel dari UPS ke Aki. 

cara mudah Mengganti AKI UPS

Karena Aki motor cenderung lebih besar dari pada Aki UPS jadi kemungkinan tidak akan muat jika dipaksakan masuk kedalam Casing UPS, sehingga posisi Aki akan berada diluar UPS.

Bagi yang menggunakan Aki basah sebagai pengganti Aki UPS, aturlah posisi peletakan antara Aki dan Ups sedemikian rupa, agar anda tidak kesulitan dalam perawatan Aki di kemudian hari. Seperti saat proses pengecekan air Aki atau pada saat menambahkan air Aki.

Kemudian siapkan botol penampung uap air aki (khusus bagi yang menggunakan aki basah). Kalau pakai aki kering yang MF (Maintenance Free), abaikan saja anjuran ini.

cara mudah Mengganti AKI UPS

Untuk selanjutnya yang perlu diperhatikan setelah penggunaan aki sepeda motor adalah kondisi ketinggian air pada aki. Perhatikan ketinggian air aki, tambah air bila sudah berada di batas bawah (khusus bagi yang menggunakan aki basah). Sehingga aki akan lebih awet. Bagi yang menggunakan aki kering yang MF (Maintenance Free), abaikan saja anjuran ini. 

cara mudah Mengganti AKI UPS


Setelah semua terpasang dengan benar tidak ada salahnya untuk mengecek kembali sambungan-sambungan kabel yang telah dibuat. Pastikan semua sambungan telah terbungkus dengan baik dan rapi, untuk menghindari kemungkinan konslet. Jika semua telah dipastikan aman, UPS siap digunakan. 

Demikian tips mengganti aki UPS dengan mnggunakan aki sepeda motor yang mudah di dapat. Semoga bermanfaat.

Disclaimer: Please do with your own risk.