Cara Mengganti Keyboard Laptop

Keyboard  merupakan salah satu komponen yang rentan terhadap kerusakan terutama pada laptop.

Kerusakan keyboard laptop dapat disebabkan  oleh beberapa hal misalnya karena terkana cipratan air atau ketumpahan kopi, atau karena beban kerja yang berat pada keyboard laptop saat mengetik atau bermain game yang memerlukan inputan menggunakan keyboard.

Gejala kerusakan pada keyboard laptop bermacam-macam, salah satunya adalah dengan tidak berfungsinya beberapa tombol yang ada pada keyboard laptop. Jika keyboard laptop sudah tidak bisa diperbaiki mungkin sebaiknya perlu diganti. 

Sebagai bahan referensi mari kita lihat cara mengganti keyboard sebuah laptop asus A42F,  yang keyboardnya harus diganti karena mengalami kerusakan. 

keyboard asus

Sebelumnya mari kita amati bentuk keyboard Notebook asus A42F,  

melepas keyboard asus,cara melepas keyboard asus,

1. Untuk melepas keyboard Notebook asus A42F, cungkil bagian yang ditunjukan pada gambar dengan hati-hati, satu persatu saja yaa ga usah sekaligus.

memperbaiki keyboard asus, mangganti keyboard asus,keyboard asus,cara memperbaiki keyboard laptop,

2. Setelah terlepas, angkat perlahan bagian depan keyboard laptop dengan hati-hati jangan sampai kabel flexible keybord ikut tertarik.

keyboard asus

3. Kemudian lepaskan pengunci kabel flexibel keybord seperti terlihat pada gambar dan angkat keyboard. Mumpung keyboard terlepas ada baiknya sekalian membersihkan kipas processor yang mungkin sudah mulai berdebu dengan menggunakan kuas.
Kemudian  pasang keyboard baru yang telah disiapkan. Untuk prosedur pemasangan sepertinya tidak terlalu sulit.

keyboard asus

Cukup mudah bukaaan .. Tapi walaupun kelihatannya mudah namun diperlukan kehati-hatian saat mengganti keyboard laptop yang rusak karena kabel koneksi keyboard yang merupakan kabel tipis agak sensitive terhadap sentuhan atau hentakan.

Bila anda merasa tidak yakin dapat mengerjakannya atau mengganti keyboard laptop anda sendiri, sebaiknya anda menghubungi teknisi ahli atau menghubungi service center ASUS atau service center Laptop yang anda gunakan yang terdekat di kota anda.
Jika pun anda ingin mencoba memperbaiki keyboard laptop anda sendiri PLEASE Do it with your own risk yaa.. Terima kasih. Semoga bermanfaat.