Cara paling mudah merubah laptop menjadi HotSpot

Koneksi internet sudah merupakan kebutuhan penting bagi sebuah alat komunikasi saat ini. smartphone tanpa pulsa bukanlah masalah tapi smartphone tanpa paket internet adalah bencana, bahkan akan membuat smartphone menjadi tidak berfungsi maksimal.

Karena spek hebat dari smartphone tidak akan tampak nyata jika smartphone tersebut tidak dapat terkoneksi internet.

Meskipun sekarang ini untuk dapat terkoneksi internet tidak harus membeli paket internet dari provider penyedia layanan telekomunikasi.

Beberapa area umum telah banyak menyediakan fasilitias wifi gratis, banyak pula café-café yang memberikan layanan free wifi bagi pengunjungnya tapi tentu dengan syarat, anda setidaknya membeli secangkir kopi di café tersebut.

Dengan menjadikan laptop sebagai hotspot, secara tidak langsung dapat membantu menghemat biaya untuk berlangganan paket internet.

Karena beberapa orang seringkali memiliki beberapa handphone dan sebuah laptop untuk mendukung aktifitasnya sehari-hari yang tentunya membutuhkan koneksi internet untuk memaksimalkan fungsinya.

Jika semua perangkat ini di berikan paket internet masing-masing tentu akan memberatkan dari segi biaya operasional.

Jadi jika anda memiliki handphone dan laptop yang membutuhkan koneksi internet dalam aktifitas keseharian anda, mungkin anda perlu mempertimbangkan antara menjadikan handphone android sebagai hotspot atau laptop anda yang dijadikan hotspot.tergantung mana kira-kira yang paling sering digunakan

Jika anda ingin menjadikan laptop sebagai hotspot, ada cara paling mudah untuk merubah laptop mejadi hotspot yaitu dengan menginstal software yang memiliki fasilitas sharing internet via wifi.

Software yang dapat digunakan adalah Baidu Wifi Hotspot dan peramban UCweb. Anda hanya perlu menginstal salah satu software tersebut dan tidak perlu melakukan setting apapun setelahnya. Hanya dengan sekali klik maka laptop pun telah siap menjadi hotspot.

Berikut sedikit gambaran bagaimana membuat laptop menjadi Hotspot dengan bantuan Baidu ataupun Ucweb pada sebuah laptop bermesin Core i3 yang terinstal Windows 7 didalamnya.

Baca juga: kenapa tidak windows 10 saja?

Oke langsung saja kita lihat proses pembuatan hotspot di laptop.

1. Menggunakan peramban Ucweb
Download dulu instalan Ucweb di website resminya (http://www.ucweb.com), file instalernya sebesar 54 MB tidak jauh berbeda dengan peramban merk lainnya.

Cara paling mudah merubah laptop menjadi HotSpot

Setelah terinstal klik ikon wifi di kanan atas peramban Ucweb utntuk mengaktifkan Hotspot di laptop setelah modem konek tentunya.

Cara paling mudah merubah laptop menjadi HotSpot

Pastikan driver wifi laptop telah terinstal dan berjalan sempurna karena jika tidak, akan muncul pesan seperti gambar berikut.

Cara paling mudah merubah laptop menjadi HotSpot

Ucweb secara otomatis meng-generate username dan password untuk hotspot anda jadi anda tidak perlu repot lagi seting username dan passwordnya cukup klik ikon wifi di pojok kanan atas dan koneksi internet laptop pun siap di share ke semua rekan, kawan dan handaitaulan yang membutuhkan.

Tapi password untuk koneksi wifi yang tercipta secara otomatis ini sangat terlalu sulit, mungkin ada cara merubah password ini agar tidak mudah di kenali.

Jika anda ingin merubah SSID dan Paswordnya cukup klik pada ikon pensil, dan anda bebas mengganti nama SSID dan password, tapi khusus nama SSID hanya dibatasi 5 karakter saja dan tetap akan diawali Ucwifi- didepannya sebagai pesan dari sponsor.

Jika SSID name dan password sudah di seting dengan baik, klik ikon cawang untuk save perubahan dan restart wifi.

Cara paling mudah merubah laptop menjadi HotSpot

Meskipun saat hotspot aktif, ikon koneksi ditaksbar menunjukan tanda silang tetapi anda tidak perlu khawatir karena koneksi tetap berjalan normal sebagaimana seharusnya.

Cara paling mudah merubah laptop menjadi HotSpot


2. Menggunakan Software Baidu
Untuk menggunakan Baidu Wifi Hotspot, anda bisa mendoenload langsung file instalannya melalui alamat http://www.pcfaster.com/en/lp/wifiPopularize.php?from=nav

Anda tidak perlu khawatir karena ukuran file instaler Baidu cukup kecil hanya sekitar 4 MB, tidak seperti Ucweb yang mencapai 54 MB karena sepaket dengan peramban yang meliputi berbagai fitur pendukung lainnya.

Setelah selesai download kemudian instal seperti biasa softwarenya lalu jalankan untuk mulai membagikan koneksi internet melalui jalur Wifi.

Cara paling mudah merubah laptop menjadi HotSpot

Baidu Wifi Hotspot memberi keleluasaan kepada penggunanya untuk merubah Nama dan Password sesuai keinginan.

Cara paling mudah merubah laptop menjadi HotSpot

Selain dapat digunakan sebagai media untuk sharing wifi, Baidu juga bisa digunakan untuk transfer file/data via Wifi.

Baidu juga memiliki fitur yang memungkinkan bagi anda untuk memblokir pengguna wifi yang tidak di-inginkan.


Dengan bantuan Ucweb atau Baidu bisa dikatakan sangat mudah dan cocok bagi anda yang tidak ingin repot setting sana-sini hanya untuk sharing koneksi keperangkat lain.

Meskipun fasilitasnya tidak selengkap jika menggunakan software khusus untuk buat hotspot di laptop tapi dua software diatas layak untuk dicoba karena kemudahan pengoperasiannya.

Dengan banyaknya software yang dapat digunakan menjadikan laptop sebagai hotspot, ucweb dan Baidu menghadirkan kemudahan pengoperasiannya.

Mungkin anda berbeda pendapat mengenai cara paling mudah menjadikan laptop sebagai hotspot dan mungkin juga anda memiliki software hotspot andalan yang digunakan untuk berbagi koneksi melalui laptop.

Karena memang banyak software yang mampu melakukan ini dengan berbagai keunggulan fitur menarik seperti, mampu memblokir Ip tertentu atau membatasi jumlah perangkat yang terkoneksi ke hotspot laptop anda.

Demikian informasi mengenai cara mudah merubah laptop menjadi hotspot. Semoga bermanfaat.