Mobil berukuran kecil ini bisa jadi pilihan kendaraan dalam kota

Mobil menjadi salah satu alat transportasi yang dapat menampung banyak penumpang didalamnya. Namun pada prakteknya sering sekali kita lihat, banyak mobil yang berkeliaran di jalan hanya diisi satu-dua orang saja, padahal mobil yang digunakan sekelas MPV.

Mobil kecil berikut ini mungkin dapat dijadikan referensi sebagai kendaraan komuter setiap hari. Selain lebih ringkas juga konsumsi bahan bakarnya lebih irit karena umumnya menggunakan mesin ber-CC kecil.

I. PENDAHULUAN

Agar tidak bingung perlu sedikit menyamakan presepsi terlebih dahulu mengenai definisi mobil.
Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh tenaga mesin, beroda empat atau lebih (selalu genap), biasanya menggunakan bahan bakar minyak (bensin atau solar) untuk menghidupkan mesinnya. seiring perkembangan jaman mesin listrik mulai banyak digunakan sebagai mesin penggerak. Mobil kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani 'autos' (sendiri) dan Latin 'movére' (bergerak).

II. BATASAN MASALAH

Berdasarkan penjelasan diatas, kita sepakati bahwasanya mobil kecil itu adalah kendaraan roda empat yang memiliki dimensi lebih kecil dari mobil lain pada umumnya. Jadi berdasarkan hal tersebut, disepakati bahwa mobil sekelas dan sejenis Peel P50 1964 tidak masuk dalam daftar mobil kecil kali ini karena tidak memenuhi kriteria “beroda empat atau lebih (selalu genap)”.


III. PEMBAHASAN

Berikut daftar mobil berukuran kecil yang beberapa nya sudah tidak di produksi lagi

1. Lumeneo SMERA

Mobil kecil buatan prancis yang memiliki dua seater yang menggunakan mesin listrik. Namun karena kurang mendapat respon yang baik di pasaran membuat Lumeneo yang merupakan manufaktur smera harus dilikuidasi karena hanya menghasilkan penjualan 10 unit saja termasuk 3 unit Neoma yang merupakan saudara kembar Smera hanya saja memiliki ukuran yang sedikit lebih besar layaknya city car.

mobil berukuran kecil

Dimensi Lumeneo SMERA
Panjang 2 500 mm
Lebar 860 mm
Tinggi 1 480 mm


2. Daihatsu ceria

Mobil kecil yang sayangnya harus discontinu ini pernah mencicipi pasar Indonesia. Paahal mobil ini sangat cocok digunakan sebagai kendaraan di tengah kota yang padat. Ukurannya yang kecil sangat lincah digunakan melewati gang sempit dan tidak kesulitan menemukan tempat parkir.

Beberapa pengguna Daihatsu Ceria mengatakan bahwa mobil ini mampu berlari hingga 150Kpj tanpa gejala limbung dan yang terpenting lagi, konsumsi BBm nya termasuk irit. Terang saja Daihatsu Ceria dibekali mesin 850cc 3 silinder dengan bobot hanya 690kg.

mobil berukuran kecil

Dimensi Daihatsu ceria
Panjang 3365 mm
Lebar 1405 mm
Tinggi 1415 mm


3. Suzuki Karimun

Suzuki karimun yang biasa dikenal dengan sebutan karimun kotak menjadi salah satu mobil yang masuk kedalam daftar berikutnya. Secara desain, mobil ini tampak kaku dan kuno karena bentuknya yang kotak.

Tapi desain mengotak memiliki keunggulan tersendiri menghasilkan ruang kabin yang lebih lega. Itulah sebabnya mengapa kebnyakan mobil yang mengutamakan keleluasaan ruang kabin memilih desain eksterior kotak dari pada bulat.

Dan umumnya, mobil keluaran suzuki memiliki desain Boxy (kotak) Lihat saja suzuki APV, suzuki carry, Suzuki splash, Suzuki Celerio, dan tentu saja Karimun. Bahkan suzuki Swift, meskipun tampak membulat di beberapa sisi tetap saja tidak meninggalkan ciri khas suzuki yaitu desain Boxy-nya.

mobil berukuran kecil

Dimensi Suzuki Karimun Kotak
Panjang 3.520 mm
Lebar 1.475 mm
Tinggi 1.660 mm


4. Daihatsu Wake

Mesin 660cc 3 silinder segaris dapat membawa daihatsu wake menempuh jarak hingga 25km hanya dengan satu liter bensin. Cukup irit , mengingat mobil ini menggunakan transmisi CVT untuk transfer daya-nya.

Daihatsu Wake punya saudara kembar beda Bapak lain Ibu yaitu Toyota Pixis Mega. Hubungan “saudara” Kedua mobil ini tidak beda jauh seperti kisah Avanza dan Xenia.

mobil berukuran kecil

Dimensi Daihatsu Wake
Panjang 3,395 mm
Lebar 1,475 mm
Tinggi 1,835 mm


5. Suzuki Hustler

Mobil ini pernah meraih penghargaan sebagai mobil compact terbaik di Jepang pada 2014 lalu. Dengan Mesin yang hanya berkapasitas 660cc 3 silinder cukup kecil menyesuaikan dimensi nya yang memiliki Panjang 3,395mm, lebar 1,475mm, serta tinggi 1,665mm. ternyata Hustler pernah akan dipasarkan di Indonesia namun terkendala kaca mobil yang tipis. Padahal meskipun tipis kaca mobil Hustler sama kuatnya dengan kaca mobil yang lebih tebal.

Berapa kira-kira harganya? berdasarkan manufacturer's suggested retail price (MSRP) Suzuki Hustler dibanderol 1,078,920yen - 1,737,720yen.

mobil berukuran kecil

Dimensi Suzuki Hustler
Panjang 3,395 mm
Lebar 1,475 mm
Tinggi 1,665 mm


6. Goggomobil Transporter 1963

Mobil yang pernah di produksi hingga 3665 unit selama kurun waktu 1957-1965 dibuat untuk memenuhi kebutuhan tukang Post di Jerman yang membutuhkan kendaraan operasional berukuran kecil.

Mobil ini memiliki desain yang cukup unik sehingga layak dijadikan mobil koleksi. Ditenagai mesin dua silinder berkapasitas 398cc telah didukung transmisi 4 percepatan dengan Top speed maksimal 67mph.

mobil berukuran kecil

Dimensi Goggomobil Transporter
Panjang 2.910 mm
Lebar 1, 316 mm


7. Honda N-One

Diperkenalkan pada Tokyo Motor Show pada tahun 2011 silam mobil buatan Honda ini memiliki desain yang cukup menarik, meskipun secara umum tidak jauh beda dengan mobil kecil lain yang berdesain boxy.

Terdapat pilihan FWD (front-wheel-drive) dan AWD (all-wheel-drive) yang ditenagai oleh mesin dengan pilihan 660CC DOHC atau 660CC DOHC. Konsumsi bahan bakar Honda N-one diklaim mampu berjalan hingga 27km/L untuk tipe mesin FWD non-turbo.

Harga yang ditawarkan adalah sekitar Rp.131jt cukup mahal memang, tapi Honda N-one telah dilengkapi berbagai fitur canggih seperti Emergency Stop Signal (ESS), VSA (Vehicle Stability Assist), HSA (Hill Start Assist) dengan ruang kabin yang mampu menjamin kenyamanan 4 penumpangnya.

mobil berukuran kecil
Dimensi Honda n-one
Panjang 3.395 mm
Lebar 1.475 mm
Tinggi 1.610 mm


8. Daihatsu Copen

Berbeda dibanding mobil berukuran kecil lainnya, Daihatsu copen hadir bergaya Sport. Aura sport semakin dipertegas dengan adanya perangkat Turbo intercooler menghiasai mesin 3 silinder yang berkapasitas 658CC yang didukung transmisi manual 5 percepatan. Daihatsu Copen dilepas di kisaran harga Rp. 431.600.000 untuk Copen CVT dan Rp. 416.550.000 untuk menebus Daihatsu Copen bertransmisi manual

mobil berukuran kecil

Dimensi Daihatsu Copen
Panjang 3.395 mm
Lebar 1.475 mm
Tinggi 1.280 mm


9. The smart fortwo

Tersedia dua tipe yaitu tipe elektrik dan tipe konvensional bermesin bensin dengan kapasitas 698CC 3silinder yang telah dilengkapi Turbocharger dan pilihan mesin turbo Diesel berkapasitas 799CC.

mobil berukuran kecil

Dimensi The smart fortwo
Panjang 2.695 mm
Lebar 1.559 mm
Tinggi 1.542 mm


10. Elbil Norge Buddy Cab

Mobil listrik yang dibuat oleh Buddy Electric asal Norwegia menggunakan motor SepEx 72V DC yang didukung oleh baterai 10,5kWh. Dengan maksimum speed 80-90kpj
mobil berukuran kecil

Dimensi Elbil Norge Buddy Cab
Panjang 2.440 mm
Lebar 1.430 mm
Tinggi 1.440 mm


11. Fuldamobil

What!!! Masa’ ini Mobil??? Bukannya diawal tadi kita sudah sepakat mengenai definisi mobil. “Ugal-ugalan nih namanya kalo begini” tenang saudara-saudara coba perhatikan.

mobil berukuran kecil

Mobil ini tampak hanya memiliki tiga roda. Tapi sebenarnya, pada bagian belakang terdapat dua buah roda yang saling berdekatan, jika anda bingung konstruksinya mirip desain roda lazareth pada bagian belakang. Mobil ini di produksi sebanyak seratus dua puluh tiga unit mobil di masanya.


12. The Isetta

Yang unik dari mobil ini adalah akses masuk kedalam kabinnya lewat bagian depan mobil, anda tentu akan terbiasa menumpanginya jika sering naik becak. Mesin 236cc berpenumpang dua orang bisa melaju hingga 75kpj. Kemampuan yang lebih dari cukup mengingat ukurannya yang kecil, tidak perlu speed yang memukau.

Bagian depan tampak Emblem BMW menghiasi diatas tulisan Isetta. Selama perjalanan “hidupnya” Isetta di produksi di beberapa Negara berbeda yaitu Spanyol, Belgia, Prancis, Brazil, Jerman dan Inggris. BWM salah satu pemegag lisesni untuk memproduksi Isetta menghasilkan Isetta 250 dan Isetta 300.

Karena bentuknya yang membulat seperti telur dan balon makan Isetta dikenal juga dengan sebutan Bubble car.

mobil berukuran kecil

Dimensi The Isetta
Panjang 3,800 mm
Lebar 1,400 mm


IV. KESIMPULAN

Mobil kecil bisa menjadi alternatif untuk kendaraan dalam kota yang super padat dengan segala keterbatasan, dari mulai kapasitas jalan yang terbatas dan lahan parkir yang juga semakin sempit.

Namun desain mobil berukuran kecil memang tampak kurang menarik bagi sebagian orang, disamping itu selisih harga mobil kecil dengan mobil sekelas compact car bahkan MPV tidak terpaut jauh. Seperti Honda N-one yang dijual seharga 131jt sedangkan Toyota Sigra dibanderol sedikit dibawahnya, apalagi kalau harus dibandingkan dengan Daihatsu Copen.

Kapasitas kabin yang luas mungkin masih menjadi pertimbangan utama dalam memilih mobil apalagi dengan budget pas-pasan, karena beberapa orang meskipun keluarga kecil juga membutuhkan mobil sekelas MPV untuk digunakan liburan bersama keluarga besar sekali-kali atau dipakai buat mudik dengan barang bawaan yang cukup banyak sehingga tidak memungkinkan menggunakan mobil kecil yang terbatas kapasitas kabinnya.


V. PENUTUP

Demikian informasi mengenai mobil-mobil berukuran kecil beroda empat yang bisa dijadikan pilihan kendaraan dalam kota. Selanjutnya akan kita bahas tentang mobil kecil beroda tiga yang pernah ada, karena ternyata klasifikasi mobil tidak terfokus hanya pada kendaraan beroda empat saja, melainkan juga berdasarkan kabin penumpang dan volume bagasinya.

Jadi kendaraan roda tiga pun dapat dikategorikan sebagai MOBIL selama bagian kabin dan ukuran bagasi nya memenuhi kriteria.

mobil kecil roda tiga

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment