6 Pilihan Sepeda motor listrik

Sepeda motor listrik semakin banyak pilihan. Dari mulai yang berharga murah hingga yang harganya lumayan menguras kantong. Dari yang berfitur biasa saja sampai yang berfitur canggih dan dapat terkoneksi dengan smartphone.

Motor listrik yang masih identik dengan keterbatasan tanaga dan jarak tempuh sekarang sudah mulai terkikis. Kecanggihan teknologi dan riset yang terus berkesinambungan membuat beberapa motor listrik mampu disandingkan dengan motor konvensional berbahan bakar minyak.

Salah satu kendala yang masih menjadi fokus utama kendaraan listrik adalah proses charging yang masih membutuhkan waktu lama. Hal ini disiasati oleh salah satu produsen motor listrik dengan sistem swap baterai. Dimana pengguna motor listrik hanya perlu menukarkan baterai di pusat pengisian sehingga tidak perlu menunggu untuk charging baterai.

Berikut beberapa pilihan sepeda motor listrik dari kelas skuter, trail hingga superbike yang bisa dipertimbangkan

Motor Listrik Gogoro
Menasbihkan diri sebagai SmartScooter, hadir dengan desain membulat meniratkan aura modern, simple, praktis, dan lincah.

Sistem swap baterai di pusat pengisian menjadi kelebihan tersendiri karena pengguna tidak perlu menunggu lama untuk proses charging bila baterai telah habis. Cukup singgah di pusat pengisian dan menganti baterai yang soak dengan yang sudah terisi penuh maka perjalanan pun dapat dilanjutkan. Proses swap baterai ini hanya membutuhkan waktu 6 detik saja, lebih cepat dan praktis dibanding harus menunggu proses charging yang lumayan lama.

Meskipun begitu, baterai Gogogro dapat juga di charge dirumah dengan perangkat charge yang sudah disediakan. Harga Gogoro ditawarkan pada kisaran angka Rp.30jutaan

sepeda motor listrik,motor listrik,
www.gogoro.com


Sepeda Motor Listrik Vmoto V5
Secara desain tidak berbeda jauh dengan tampilan skuter matik yang banyak beredar dipasaran. Yang membedakan tentu saja mesin penggeraknya. Vmoto V5 menggunakan motor listrik berkekuatan 800W dengan kecepatan maksimal 52km/h berkat baterai 60V20AH Lead Acid. Vmoto V5 ditawarkan dikisaran Rp.44.200.000.

Sepeda motor listrik
www.vmoto.com


Tiger Power 08
Sepeda listrik yang dijual di harga Rp.9.5jt mengandalkan motor listrik berdaya 800watt tipe Brushless untuk menjangkau jarak 50km dengan sumber tenaga berupa aki kering 48V20A.

Tiger Power 08 dapat melaju hingga kecepatan 45 Km/jam, dengan daya angkut 125kg. Tidak banyak fitur canggih menghiasi daftar spesifikasinya. Tiger Power 08 memang diperuntukan sebagai kendaraan transportasi sehari-hari.

sepeda motor listrik


Sepeda Motor Listrik ZERO FX
Dipasarkan dikisaran harga Rp.70an juta, motor listrik beraliran trail ini hadir dengan berbagai fitur canggih dan menarik. Seperti kemampuan-nya untuk terkoneksi dengan smartphone menjadi fitur wajib untuk memantau kapan saatnya melakukan charge baterai, total charge cycle, bahkan saat parkir anda dapat melakukan setingan melalui smartphone untuk mendapatkan torsi maksimum, maximum regenerative braking dan top speed.

Tidak berhenti disitu, Zero FX dibangun diatas rangka berbahan akmunium yang biasa digunakan pada pesawat terbang, sehingga menghasilkan rangka yang ringan namun kuat.
Sepeda motor listrik
www.zeromotorcycles.com


Sepeda Motor Listrik LS-218
Motor listrik buatan Lightning Motorcycle mengusung tema Superbike dengan nuansa sport yang sangat kental. Motor listrik yang ditawarkan mulai $38,888 menjadi Electric Superbike tercepat didunia, cukup mencengangkan memang melihat Top Speed yang dapat diraihnya yang tidak main-main untuk ukuran motor listrik yang biasa bermain di kecepatan rendah karena faktor efisiensi daya baterai. Kecepatan yang mampu diraih Electric Lightning LS-218 adalah 350km/j.

Sepeda motor listrik
http://lightningmotorcycle.com

Motor listrik Empulse TT
MSRP $19,999, motor listrik beraliran street-fighter buatan Victory motorcycle menawarkan sensasi berbeda dalam berkendara tanpa suara bising knalpot. Yang unik, motor listrik ini menggunakan transmisi 6 percepatan, tidak seperti kendaraan listrik pada umumnya yang menggunakan tranmisi otomatis atau bahkan tanpa transmisi.

Dengan adanya tranmisi manual 6 percepatan yang dilengkapi dengan kopling manual membuat sensasi berkendara motor listrik Empulse TT hampir sama dengan motor bermesin piston. Kombinasi motor listrik ber-arus AC Internal Permanent Magnet dengan transmisi 6 percepatan ini mampu membuat Empulse mencapai Top Speed hingga 161Km/h.
Sepeda motor listrik
www.victorymotorcycles.com


Itulah 6 pilihan sepeda motor listrik yang bisa dijadikan referensi untuk mulai ikut berperan serta mengurangi kadar emisi yang menjadi isu utama dikembangkannya teknologi motor listrik pada kendaraan bermotor.

Jika di amati dari harga jualnya, motor listrik memang cenderung lebih mahal dibanding motor bermesin bensin dengan spek dan kelas yang sama. Maklumlah teknologi baru, jumlah produksinya pun belum sebanyak motor-motor berbahan bakar minyak dan pangsa pasarnya masih terbatas.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment