WOW Mobil sebesar rumah

Dunia otomotif memang sangat berwarna, beragam produk otomotif khususnya mobil ditawarkan produsen kelas dunia.

Dari mulai mobil berukuran kecil hingga mobil yang ukurannya sangat besar sebesar rumah.

Meskipun sejatinya bukanlah mobil transportasi pada umumnya, mobil berukuran besar ini merupakan Mobil truk pekerja tambang yang biasanya bertugas di antah berantah ditengah hutan belantara untuk mengeruk kekayaan alam berupa mineral seperti emas, timah, tembaga, nikel, uraminum??, Bacan???, dll, yang terpendam di dalam perut bumi.

Dengan ukurannya yang sangat besar, daya angkutnya pun tentu besar, sekali muat truk jenis ini mampu membawa setidaknya 350ton muatan di bak-nya.

Di area tambang seperti freeport, mobil jenis ini, memiliki jalur khusus yang dikenal dengan sebutan HEAT Road (Heavy Equipment Access Trails) atau Ilyas Road karena pembangunannya di arsiteki oleh Ilyas Hamid dan terbukti kuat meskipun dilalui kendaraan berat setiap harinya secara terus menerus.

Karena sangat besar sekali, untuk bergerak, mobil ini wajib memberi tanda misalnya klakson 3 kali jika ingin bergerak mundur dan klakson 2 kali jika ingin maju. Untuk akses ke kokpit bisa melalui tangga yang terletak dibagian depan mobil.

Berikut tiga truk tambang yang biasa disbut Haul Truck yang ukurannya sebesar rumah

Caterpillar 797F

Caterpillar, merk yang satu ini sudah sangat familiar di kelas “berat”. Berbagai jenis alat berat buatannya telah banyak dan sangat mudah ditemui di jalanan dengan logo khas bertuliskan CAT.

Salah satu produk Mobil seukuran rumah adalah Caterpillar 797F yang memiliki sumber tenaga berupa mesin berkapasitas 106L (kira-kira berapa CC haul truck ini yaa??).

Karena besar, bahan bakar yang dibutuhkan pun banyak. suplai bahan bakar didukung oleh tangki yang mampu menampung 3785L bahan bakar untuk keperluan mesin diesel 20 silinder dengan Bore X Stroke = 175mm X 220mm.

Mobil sebesar rumah,haul truk,haul truck,
www.cat.com

Liebherr T 284

Menurut data yang di tampilkan pada website resminya, Liebherr T282B memiliki berat kotor sekitar 661.000 ton, belum diketahui berat matinya setelah dibersihkan???, mungkin tidak akan jauh-jauh dari angka 200.000 Ton karena kapasitas muat barang ini mencapai 400.000ton.

Kecepatan maksimal Haul truck buatan Liebher ini adalah 40mph, berkat mesin 20 silinder berkapasitas 95.4L yang telah memenuhi standar emisi Tier 2.

Mobil sebesar rumah,haul truk,haul truck,
www.liebherr.com

Komatsu 830E

Mengandalkan mesin diesel 16 silinder sebagai tenaga penggeraknya. Mobil truck enam roda ini telah dilengkapi fitur Traction Spin-Slide Control yang dapat mencegah roda roda slip saat kondisi jalan yang licin. Ada juga Automatic Speed Control yang secara otomatis mengatur kecepatan roda ketika terjadi slip pada roda.

Mobil sebesar rumah,haul truk,haul truck,
www.komatsuamerica.com

Bagaimana, besar bukan? Melihat ukuran ban-nya saja sudah bikin garuk-garuk kepala, percaya atau tidak, ban truk ini bisa dihargai setara dengan mobil sedan premium.

Yang lebih membingungkan, kira-kira bagaimana cara mengganti ban-nya yaa? Untuk mengganti ban mobil kelas berat tentu dibutuhkan alat berat juga.

Mobil sebesar rumah

Mobil berukuran besar yang hampir melebihi besarnya rumah-subsidi ini dijual dikisaran $3jt-$5jt. Meskipun terlihat mahal namun penggunaan mobil truk berukuran besar lebih ekonomis dan efisien dari pada menggunakan truk berukuran kecil dalam jumlah banyak khususnya untuk pekerjaan tambang skala besar.

Sebagai perbandingan, satu buah truck Hino Ranger mampu membawa muatan maksimal 30 Ton, sedangkan satu buah Haul Truck setidaknya mampu membawa muatan 350 Ton sekali jalan.

Jadi 1 buah Haul Truck hampir setara 11 buah Hino Ranger. Tapi tetap perlu memperhitungan bahan galian dan lokasi tambang tentunya. Karena mobil truk jenis ini berukuran cukup lebar (7meter), jadi peggunaannya pun hanya di area tertentu saja.