Kenapa tidak bisa instal plugin di wordpress

Kenapa tidak bisa instal plugin di wordpress? Menjadi pertanyaan saat mulai mencoba membangun sebuah blog berplatform wordpress.

CMS Wordpress menjadi platform blog yang cukup banyak digemari. Fasilitas dan fitur yang ditawarkan membuat Wordpress mudah di costumize melalui bantuan berbagai plugin.

Mulai hal sederhana seperti mengatur share button hingga yang kelas berat seperti memaksimalkan SEO sebuah blog dapat dilakukan hanya dengan menginstal plugin tanpa harus masuk ke mode HTML seperti pada CMS Blogger.

Meski begitu, terkadang masalah timbul ketika ingin menginstal salah satu plugin. Seperti tidak bisa instal plugin di worpress dengan pesan error yang beragam.

Bagi pemula seperti saya yang baru belajar membuat blog bermesin Wordpress, kegagalan pesan instal plugin membuat jantung serasa berhenti berdetak. (#terlaluberlebihan)

Bagaimana tidak kecewa, ketika menemukan daftar plugin yang wajib instal dari blog para master. Ternyata setelah mencoba instal, gagal.

Beberapa plugin yang eror saat diinstal biasanya berhasil diinstal setelah mencobanya beberapa saat kemudian. Tapi beberapa lagi benar-benar tidak dapat diinstal walaupun menunggu hingga besok sekalipun.

Kenapa tidak bisa instal plugin di wordpress


Salah satu contoh plugin yang tidak dapat diinstal pada CMS wordpress di salah satu blog saya adalah All in one SEO Pack, mungkin tidak semua blog wordpress punya masalah ini.

beberapa kali mencoba menginstalnya melalui menu add plugin di dashboar wordpress selalu saja gagal.

Kemudian sempat juga mencoba melalui pilihan upload plugin dengan mendownloadnya terlebih dahulu melalui alamat worpress.org.

Kenapa tidak bisa instal plugin di wordpress

Kemudian menguploadnya melalui pilihan upload namun tetap gagal dengan pesan eror seperti dibawah ini.

Kenapa tidak bisa instal plugin di wordpress

Setelah browsing kesana-kemari akhirnya ketemu salah satu cara yang terbukti berhasil mengatasi masalah tidak bisa instal plugin di wordpress.

Berikut cara yang dapat ditempuh jika Anda mengalami masalah yang sama dengan pesan eror yang sama seperti diatas.

Pertama Download plugin yang dibutuhkan dan tidak bisa di instal melalui menu Add plugin di wordpress.org.

Misalnya disini di contohkan plugin All in one SEO Pack yang merupakan salah satu plugin wajib untuk blog wordpress menurut beberapa praktisi Wordpress.

Sebenarnya ada juga plugin lain yang fungsinya sama, Seperti Yoast SEO yang ada indikator SEO nya melalui ikon bullet-bullet warna-warni.

Oke langsung saja kita lihat langkah-langkahnya, mengatasi plugin yang tidak bisa diinstal di wordpress.

Pertama, Download dulu plugin yang dibutuhkan, contohnya disini All in one SEO Pack.

Kenapa tidak bisa instal plugin di wordpress

kemudian upload file yang didownload tersebut ke cPanel. Tepatnya pada menu File Manager/pengelola file, pilih folder public_html kemudian masuk ke wp-content/plugins.

Kenapa tidak bisa instal plugin di wordpress

Setelah berhasil terupload, ekstrak file tersebut

Kenapa tidak bisa instal plugin di wordpress

Konfirmasi proses extract plugin dengan mengeklik tombol Extract File.

Kenapa tidak bisa instal plugin di wordpress

Setelah selesai diekstrak maka tugas menginstal plugin telah selesai, anda dapat melihat plugin yang baru saja diinstal pada menu instaled plugin di dashboard wordpress.

Setelah mencoba menguploadnya secara manual, plugin All in one SEO Pack bisa terinstal sempurna dan bisa digunakan untuk membantu menghasilkan artikel yang lebih SEO friendly sesuai target keyword yang di sasar.

Kenapa tidak bisa instal plugin di wordpress melalui menu add new plugin?

Menurut beberapa sumber, salah satu penyebabnya adalah ukuran plugin yang relatif besar, konon katanya plugin lebih dari 2MB tidak bisa diinstal melalui menu Add New plugin.

Tapi plugin All in one SEO Pack yang coba saya instal hanya 1.09MB tapi tetap saja tidak bisa di instal melalui menu add new di dashboard wordpress.

Mungkin juga ada penyebab lain seperti pilihan paket hosting yang digunakan, kebijakan penyedia hosting atau tipe hosting juga berpengaruh.

Atau mungkin ada penyebab lain, bagaimana menurut Anda?

Itulah salah satu cara menginstal plugin wordpress yang tidak bisa diinstal melalui menu Add new plugin di dashboard wordpress. Mungkin tampilannya sedikit berbeda tergantung penyedia hosting yang digunakan. Semoga bermanfaat.

6 komentar

avatar

wah terima kasih mas sudah berbagi.
kalau masalah yg sama penyebabnya untuk saya sepertinya memang hosting yg saya pakai sudah over capacity sehingga tidak bisa download plugin.

alamat harus upgrade lg, keluar uang lg, hehe

avatar

sama-sama mas..
iya kadang dilema juga, sudah waktunya upgrade tapi dana gak memadai. apalagi kalau trafik pengunjung mulai meningkat pesat pastinya harus upgrade.

karena kalau gak di upgrade bisa-bisa web jd sering down tapi kalau di upgrade bisa-bisa kantong yg "berantakan" :D

avatar

saya menggunakan wordpress cukup lama, kemudian juga mencoba belajar di blogspot. akhirnya beru berhasil mengaktifkan adsense, ketika sy coba untuk menambah plugin adsense di wordpress ternyata untuk penambahan plugin sekarang harus yg upgrade/berbayar , maunya gitu, tapi klo dihitung masih ndak balance untuk pendapatan dg beaya hosting

avatar

memang kalau soal biaya harus dipikirkan matang-matang ketika berencana pakai hosting sendiri. bukan untuk saat ini saja, tapi untuk kelanjutan kedepannya juga harus dipertimbangkan apakah nanti bisa mebayar sewa pertahunnya atau tidak.

Btw semoga sukses selalu dengan blog dan adsense nya.

avatar

Selamat malam mas,
saya nemu postingan ini, setelah mencari-cari cara berjam2. Saya kebetulan mau install plugin woocommerce. sudah saya ikuti persis seperti yang di infokan mas. Tetapi kenapa setelah extract malah akhirnya masih tetap eror ya? infonya "503, service unvailable. the server is temporarily busy please try again later"
Itu kenapa ya Mas? thank you dan mohon petunjuknya mas

avatar

Apakah sudah ada plugin lain yang terinstal sebelumnya? kalau sudah ada, coba nonaktifkan terlebih dahulu plugin2 yang terinstal tersbut, lalu coba lagi instal woocomercenya.

Jika memang belum bisa dan agak kesulitan, sebaiknya komunikasikan dengan penyedia hosting tempat agan menyewa, mungkin perlu di reset dari sana karena pesannya "server temperolaly busy". CMMIW. semoga membantu.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment