Kenapa tidak bisa instal plugin di wordpress

Kenapa tidak bisa instal plugin di wordpress? Menjadi pertanyaan saat mulai mencoba membangun sebuah blog berplatform wordpress.

CMS Wordpress menjadi platform blog yang cukup banyak digemari. Fasilitas dan fitur yang ditawarkan membuat Wordpress mudah di costumize melalui bantuan berbagai plugin.

Mulai hal sederhana seperti mengatur share button hingga yang kelas berat seperti memaksimalkan SEO sebuah blog dapat dilakukan hanya dengan menginstal plugin tanpa harus masuk ke mode HTML seperti pada CMS Blogger.

Meski begitu, terkadang masalah timbul ketika ingin menginstal salah satu plugin. Seperti tidak bisa instal plugin di worpress dengan pesan error yang beragam.

Bagi pemula seperti saya yang baru belajar membuat blog bermesin Wordpress, kegagalan pesan instal plugin membuat jantung serasa berhenti berdetak. (#terlaluberlebihan)

Bagaimana tidak kecewa, ketika menemukan daftar plugin yang wajib instal dari blog para master. Ternyata setelah mencoba instal, gagal.

Beberapa plugin yang eror saat diinstal biasanya berhasil diinstal setelah mencobanya beberapa saat kemudian. Tapi beberapa lagi benar-benar tidak dapat diinstal walaupun menunggu hingga besok sekalipun.

Kenapa tidak bisa instal plugin di wordpress


Salah satu contoh plugin yang tidak dapat diinstal pada CMS wordpress di salah satu blog saya adalah All in one SEO Pack, mungkin tidak semua blog wordpress punya masalah ini.

beberapa kali mencoba menginstalnya melalui menu add plugin di dashboar wordpress selalu saja gagal.

Kemudian sempat juga mencoba melalui pilihan upload plugin dengan mendownloadnya terlebih dahulu melalui alamat worpress.org.

Kenapa tidak bisa instal plugin di wordpress

Kemudian menguploadnya melalui pilihan upload namun tetap gagal dengan pesan eror seperti dibawah ini.

Kenapa tidak bisa instal plugin di wordpress

Setelah browsing kesana-kemari akhirnya ketemu salah satu cara yang terbukti berhasil mengatasi masalah tidak bisa instal plugin di wordpress.

Berikut cara yang dapat ditempuh jika Anda mengalami masalah yang sama dengan pesan eror yang sama seperti diatas.

Pertama Download plugin yang dibutuhkan dan tidak bisa di instal melalui menu Add plugin di wordpress.org.

Misalnya disini di contohkan plugin All in one SEO Pack yang merupakan salah satu plugin wajib untuk blog wordpress menurut beberapa praktisi Wordpress.

Sebenarnya ada juga plugin lain yang fungsinya sama, Seperti Yoast SEO yang ada indikator SEO nya melalui ikon bullet-bullet warna-warni.

Oke langsung saja kita lihat langkah-langkahnya, mengatasi plugin yang tidak bisa diinstal di wordpress.

Pertama, Download dulu plugin yang dibutuhkan, contohnya disini All in one SEO Pack.

Kenapa tidak bisa instal plugin di wordpress

kemudian upload file yang didownload tersebut ke cPanel. Tepatnya pada menu File Manager/pengelola file, pilih folder public_html kemudian masuk ke wp-content/plugins.

Kenapa tidak bisa instal plugin di wordpress

Setelah berhasil terupload, ekstrak file tersebut

Kenapa tidak bisa instal plugin di wordpress

Konfirmasi proses extract plugin dengan mengeklik tombol Extract File.

Kenapa tidak bisa instal plugin di wordpress

Setelah selesai diekstrak maka tugas menginstal plugin telah selesai, anda dapat melihat plugin yang baru saja diinstal pada menu instaled plugin di dashboard wordpress.

Setelah mencoba menguploadnya secara manual, plugin All in one SEO Pack bisa terinstal sempurna dan bisa digunakan untuk membantu menghasilkan artikel yang lebih SEO friendly sesuai target keyword yang di sasar.

Kenapa tidak bisa instal plugin di wordpress melalui menu add new plugin?

Menurut beberapa sumber, salah satu penyebabnya adalah ukuran plugin yang relatif besar, konon katanya plugin lebih dari 2MB tidak bisa diinstal melalui menu Add New plugin.

Tapi plugin All in one SEO Pack yang coba saya instal hanya 1.09MB tapi tetap saja tidak bisa di instal melalui menu add new di dashboard wordpress.

Mungkin juga ada penyebab lain seperti pilihan paket hosting yang digunakan, kebijakan penyedia hosting atau tipe hosting juga berpengaruh.

Atau mungkin ada penyebab lain, bagaimana menurut Anda?

Itulah salah satu cara menginstal plugin wordpress yang tidak bisa diinstal melalui menu Add new plugin di dashboard wordpress. Mungkin tampilannya sedikit berbeda tergantung penyedia hosting yang digunakan. Semoga bermanfaat.