6 merk Mobil dengan bentuk grill yang khas

Grill merupakan bagian bodi yang melindungi radiator dan mesin dari benda asing yang mungkin menyusup dari depan mobil yang bisa saja mengganggu sirip radiator dalam melepas panas yang dibawa air pendingin.

Pada beberapa tipe mobil, bagian Grill juga berfungsi sebagai saluran udara segar yang dibutuhkan oleh mesin selain juga untuk membantu mengalirkan udara yang dibutuhkan untuk mendinginkan perangkat rem pada mobil ber performa tinggi.

Selain fungsinya yang sangat penting, Grill pada mobil pun dapat meningkatkan nilai estetika dan menjadi ciri khas tersendiri bagi setiap pabrikan.

Berikut beberapa mobil pabrikan dunia yang memiliki desain Grill yang khas sehingga mudah dikenali pada setiap varian seri buatannya.

BMW
Desain Grill bulat yang ada di depan setiap mobil BMW biasa juga disebut dengan nama Kidney Grill. Konon BMW menjadi pabrikan pertama yang menggunakan desain grill terpisah.

Banyak perubahan yang terjadi pada desain grill BMW mulai dari desain memanjang vertikal, kotak dan horizontal. Tapi bagaimana pun, desain Grill BMW cukup khas dan mudah dikenali.

bentuk grill yang khas


Alfa Romeo
Alfa Romeo memilih desain berbentuk "V" menyerupai segi tiga mengarah kebawah pada Grill setiap mobil buatannya.

Sekilas tampak seperti topeng milik Darth Vader. Dengan tambahan logo tepat di tengah grill bagian atas membuat tampilan pelindung radiator milik alfa romeo ini semakin khas.

Hanya saja desainnya yang menjorok hingga kebawah memaksa plat nomor yang umumnya berada di tengah harus pindah ke sisi kiri.

bentuk grill yang khas


Rolls royce
Grill berbentuk kotak tampak biasa namun kesan kokoh langsung terlihat ketika melihat varian mobil keluaran roll Royce.

Dihiasi maskot Flying Lady diatasnya yang akan otomatis masuk ke balik kap ketika mobil sedang parkir sehingga terhindar dari tangan jahil.

bentuk grill yang khas


Mercedes-Benz
mercedes benz meletakan logo di tengah grill. Grill mercedes benz telah mengalami banyak perubahan bentuk dan ukuran namun tetap mempertahankan pakemnya.

Tidak semua varian mobil mercedez menggunakan desain grill yang sama, beberapa tipe meletakan logo diatas kap mesin khususnya untuk varian yang masuk dikelas mobil mewah yang mengutamakan kenyamanan.

Untuk tipe varian yang masuk di kelas sport umumnya menggunakan tipe grill yang terdapat logo di tengah-tengahnya. Dan ini membuat grill depan tampak khas dan sangat mudah dikenali.

bentuk grill yang khas


Bugatti
Grill berdesain seperti pintu terowongan kereta api di bagian depan tengah, di dukung dua corong angin berbentuk oval berbentuk memanjang kesamping.

Sejatinya desain Grill Buggaty lebih menyerupai lonceng, sehngga beberapa orang menyebutnya dengan Grill Bell.

bentuk grill yang khas


Jeep
Jeep memiliki desain Grill yang tampak seperti pagar dengan desain garis vertikal yang umumnya membentuk tujuh lubang, cukup simpel namun khas. Memberi kesan kokoh dan tangguh sesuai dengan karakteristik mobil keluaran Jeep yang tangguh untuk digunakan di segala medan.

bentuk grill yang khas


Desain grill tidak hanya mempermanis tampilan mobil tapi juga berguna melindungi bagian radiator dan mesin.

Oleh karena itu, pada kendaraan yang menitik beratkan kecepatan, bahan dan konstruksi Grill dibuat dan di perhitungkan dengan matang agar dapat melindungi komponen mobil yang ada di belakangnya dengan maksimal tapi tetap mampu menyuplai udara segar yang dibutuhkan oleh radiator untuk membantu mendinginkan mesin.

Bahan seperti titanium di gunakan oleh Bugatti untuk memenuhi standar bird-strike yang biasa diterapkan dalam dunia penerbangan untuk memperkuat bagian depan.

Grill ini juga menghindari bagian penting mobil dari kemungkinan kemasukan benda asing seperti kerikil atau hewan kacil seperti serangga bahkan burung yang mungkin saja menyusup masuk khususnya untuk bagian grill yang menjadi saluran udara pendingin mesin atau rem. Sehingga bagian mobil yang berada tepat dibelakangnya terlindungi dengan baik.

Secara harfiah jika di artikan dari bahasa asalnya Grill berarti panggangan, sekilas komponen ini memang mirip besi pemanggang daging atau sate di dunia kuliner.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment