Cara mengetahui kecepatan internet setiap saat secara real-time

Menurut catatan lembaga survei yang mengamati perkembangan dunia internet, di Indonesia, diketahui sebanyak 2.2 juta pengguna yang mengakses internet hanya melalui perangkat komputer.

Menurut data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2016, sekitar 132 juta orang sudah tidak asing dengan internet.

Lebih banyak pengguna yang mengakses internet melalui perangkat smartphone yaitu sebesar 63 juta orang.

67 juta orang tercatat mengakses internet melalui handphone dan komputer. Dan 2.2 juta orang yang mengakses internet hanya lewat komputer.

Nah dari 2,2 juta orang tersebut mungkin termasuk anda salah satu nya yang bisa saja merasa perlu memantau kecepatan internet di perangkat komputer.

Kecepatan internet di Indonesia sudah lumayan...

...Lumayan lambat dibanding negara tetangga yang juga berada di benua Asia.

Menurut fastmetrics.com, kecepatan internet rata-rata di Indonesia adalah 3.9 Mbps. Meskipun kita tau itu hanyalah catatan maximum yang mungkin bisa didapat, karena pada kenyataan nya kecepatan 1 Mbps pun hanya bisa dinikmati di moment tertentu saja.

sotware untuk mengetahui kecepatan internet

Mungkin sangat jarang kita bisa merasakan kecepatan Up to 3.9 Mbps. Yang artinya, kalau dipakai sendirian, kecepatannya bisa sampai 3.9 Mbps, karena umumnya 3.9 Mbps tersebut dishare ke beberapa orang dalam satu jaringan maka kita bisa mendapatkan speed internet jauh dibawah angka tersebut.

Kalau tidak mengamalkan jam hidupnya kalong, sepertinya akan sulit dapat kecepatan maksimum sesuai yang ditawarkan.

Dari dasar itulah maka sekali-kali kita perlu mencari cara mengetahui kecepatan internet agar dapat melakukan pemantauan terhadap kecepatan internet yang sedang dipakai untuk memastikan semuanya berjalan sebagaimana mestinya.

Kenapa hanya sekali-kali ...?

Karena kalau sampai berkali-kali hingga keseringan, maka nanti malah jadi pengamat kecepatan internet, bisa-bisa dapat undangan stasiun TV untuk dijadikan pengamat dadakan yang biasa sering muncul kalau ada yang rame.

Untuk mengetahui berapa kecepatan internet yang kita gunakan secara realtime, kita bisa pakai software yang bernama Bandwith meter Pro.

Software ini dapat digunakan untuk menyajikan informasi terkait kondisi kecepatan internet yang diterima ataupun yang dikirimkan dalam bentuk grafik.

Dalam penggunaanya, software ini memiliki menu pengaturan agar anda bisa merasa nyaman saat menggunakannya.

Beberapa pengaturan dapat dilakukan seperti Enable Click Through untuk membuatnya tembus saat di klik sehingga tidak mengganggu dan menghalangi aktifitas anda. Ada juga pengaturan Transparency agar bisa dibuat sedikit transparan sehingga tidak menutupi halaman web yang sedang dibuka.

sotware untuk mengetahui kecepatan internet

Ukuran dan Posisinya juga bisa di letakan sesuka hati, apakah di kanan layar, tengah, bawah, atas dan lain-lain.

Selain menggunakan software Bandwith Meter untuk mengetahui kecepatan internet, ada beberapa metode yang dapat dilakukan untuk mengetahui kecepatan internet yang digunakan dengan mengunjungi berbagai situs ber-tema-kan speed test seperti www.speedtest.net.

sotware untuk mengetahui kecepatan internet

Dengan begitu anda bisa mengetahui berapa kecepatan aktual dari koneksi internet yang anda gunakan dan anda bisa menyesuaikan dengan penawaran dari pihak provider penyedia jaringan internet. Karena anda dapat memantaunya setiap saat menggunakan bantuan software Bandwith meter Pro.

Pada saat ingin berlangganan paket internet, perhatikan pada kata 'Hingga' atau 'Up to' (mis; up to 5 MB/S), Karena kata ini bisa mengakibatkan kesalah-pahaman.

Ketika anda telah bisa mengetahui dan memantau berapa kecepatan standartnya, anda bisa mencari tau kapan waktu terbaik dan tercepat untuk menggunakan jaringan internet milik anda. Sehingga anda bisa melakukan download besar-besaran atau push-rank disaat koneksi internet sedang banter-banternya.

Share Informasi "Cara mengetahui kecepatan internet setiap saat secara real-time" ini ke temanmu :)