11 Faktor yang perlu di Pertimbangkan saat memilih Smartphone Android

Saat ingin membeli sebuah smartphone android baru maupun bekas, kita pasti akan dihadapkan dengan banyaknya pilihan Type, Merk, Spek, dan Jenis ponsel yang sangat beragam.

Keragaman itu semakin di peruncing dengan rentang harga yang juga bervariasi dari yang paling murah hingga yang sangat mahal.

Untungnya desain ponsel sekarang tidak terlalu beragam, umumnya berupa persegi panjang dengan 80% bagian depan tertutup layar, dan bulatan-bulatan kamera di belakang, dengan tiga tombol fisik di bagian sisi ponsel.

Jadi secara desain tidaklah terlalu banyak pilihan, paling sebatas memilih desain rounded atau lancip pada bagian sudut ponsel, tebal atau tipis, full layar atau tidak.

Kalau untuk urusan desain memang tidak ada patokannya yang penting enak di genggam, ukurannya sesuai kebutuhan dan pas dikantong.

Yang paling menjadi pertimbangan untuk sebuah smartphone android adalah spesifikasinya.

Smartphone spesifikasi tinggi jelas memiliki harga jual yang sesuai, tapi perlu juga dipertimbangkan keperluannya.

Jangan sampai anda memaksakan untuk membeli smartphone spek tinggi tapi penggunaannya tidak maksimal.

Hanya karena naksir layar super amoled di Asus Zonfone AR maka anda terpaksa harus mengeluarkan 11 juta. Padahal kalau hanya ingin cari layar Super Amoled, dengan budget 8 juta anda bisa dapat Zenfone Deluxe yang juga pakai layar Super Amoled.

Untuk urusan harga memang relatif, 2 juta bagi sebagian orang terlalu mahal untuk ukuran sebuah ponsel, tapi bagi sebagian orang lain ponsel 11 juta masih wajar-wajar saja untuk dimilki.

Memang memilih Smartphone gampang-gampang susah, oleh karena itu kali ini Capuraca akan memberikan panduan praktisnya berdasarkan faktor-faktor yang harus dipertimbangkan ketika memilih dan membeli Smartphone Android.

1. Prosesor

Pertimbangan utama ketika memilih Smartphone android adalah Prosesor, ini sangat penting karena akan berpengaruh pada kinerja ponsel saat digunakan nanti. Pastikan anda memilih Smartphone dengan prosesor terbaik sesuai budget anda.

Sebagai Patokan, berikut sedikit kami berikan Tips untuk memilih prosesor yang tepat.

a. Pastikan ponsel yang akan anda beli menggunakan prosesor dari merk ternama seperti Qualcomm Snapdragon, Exynos, Mediatek (MTK), Intel atau Nvidia Tegra.

Yang paling umum ditemukan pada ponsel lokal kebanyakan adalah Prosesor Mediatek dan Qualcom Snapdragon.

b. Pilih seri tertinggi dari chipset yang digunakan pada ponsel yang ingin anda beli. Contohnya Qualcom Snapdragon yang memiliki seri terendah yaitu seri 200 sedangkan seri terbarunya saat ini adalah seri 821.

c. Pilih chipset yang memiliki clockspeed tinggi, untuk ponsel masa kini minimal clockspeed yang layak adalah 1 GHz, kalau bisa lebih tinggi tentu akan lebih baik.

d. Pilih arsitektur terbaru seperti ARMv8, Cortex A53, Cortex A57. Biasanya Informasi ini bisa anda temukan di bagian spesifikasi CPU ponsel.

e. Cari ponsel dengan prosesor yang memiliki inti core banyak, setidaknya 2 inti core, biasanya di informasikan dengan bahasa dual-core, quad-core, octa-core dan seterusnya.


2. RAM (Random Access Memory)

Setelah melihat-lihat spek prosesor dan menentukan yang tepat sesuai budget, pertimbangan selanjutnya saat memilih smartphone adalah RAM.

Keberadaan RAM sangat penting untuk dapat menjalankan aplikasi dengan lancar tanpa lag.

Apalagi sekarang jamannya multitasking, jika RAM kurang memadai dijamin ponsel akan lemot ketika dioperasikan.

Pilih RAM minimal 1 GB jika anda hanya akan fokus menggunakan ponsel sebagai alat telekomunikasi semata, pilih RAM lebih besar jika anda ingin menggunakannya untuk bermain game.

Yang perlu diperhatikan pada sepsifikasi RAM ponsel selain kapasitasnya juga frekuensinya yang biasa di beri satuan MHz. Semakin tinggi frekuensinya maka semakin baik.

Ada pula informasi terkait performa RAM dengan kode LPDDR2, LPDDR3, LPDDR4, semakin tinggi semakin cepat kinerjanya.


3. GPU

Bukan minyak pijat-urut yaa, GPU disini maksudnya Graphics Processing Unit, komponen ini bertugas untuk memproses grafis di ponsel. Bagi yang suka nonton Video HD atau bermain Game, Spek GPU perlu menjadi perhatian.

Pilihan GPU yang biasa digunakan vendor produsen ponsel seperti Adreno, Mali, Nvidia Tegra, dll. Kalau memungkinkan cari ponsel dengan clockspeed GPU-nya 500 Mhz atau lebih tinggi.

GPU juga memiliki jumlah Core yang beragam seperti Prosesor tapi jarang ditemukan informasi secara gamblang terkait jumlah core untuk GPU. Kita hanya bisa mengetahuinya melalui informasi seri GPU.


4. Layar

Bagian layarakan sangat berpengaruh terhadap penggunaan smartphone nantinya. Walaupun spesifikasi GPU, prosesor, RAM super tinggi tapi kalau layarnya kusam dan tidak responsive maka akan percuma.

Dari sekian banyak teknologi layar ponsel yang digunakan saat ini. Hal yang perlu diperhatikan terkait layar ponsel diantaranya;

Ukurannya. Ukuran ponsel secara keseluruhan mungkin sama tapi ukuran layarnya yang terkadang berbeda. Desain Layar tanpa frame atau borderless bisa anda jadikan pertimbangan.

Teknologi. Teknologi layar yang digunakan pada ponsel masa kini cukup beragam menyesuaikan harga jual dari ponsel itu sendiri. Ponsel saat ini biasa menggunakan layar Super Amoled, IPS, dan TFT, harganya tentu saja berbeda.

Resolusi. Cari ponsel yang memiliki resolusi setinggi mungkin sesuai budget anda. Anda bisa mulai berpatokan pada resolusi 1280 x 720, semakin tinggi tentu semakin halus proyeksi gambarnya tapi harga juga menyesuaikan.

Screen Guard. Kalau memungkinkan, pilih yang sudah dilengkapi screen guard semacam Gorrila Glass, Dragontail atau semacamnya untuk menghindari goresan pada layar ponsel anda.


5. Memori internal

Cari ponsel android yang memiliki memori internal yang memadai. 4GB, bolehlah kalau hanya untuk eksis di sosmed dan sesekali main game.

Semakin besar ukuran memori internal, maka akan semakin baik karena memory internal ini juga berfungsi sebagai tempat “bersemayamnya” sistem operasi ponsel.

Jadi, agar kinerja ponsel tidak terganggu karena memori kekecilan akibat banyaknya file, aplikasi, chache, yang tersimpan didalamnya maka carilah ponsel yang memiliki memori internal besar, tapi lagi-lagi sesuaikan dengan budget.

Pastikan juga ponsel yang akan anda beli menyediakan slot memory tambahan.


6. Versi Android

Sebenarnya ini akan menjadi pilihan yang cukup sulit, pasalnya OS android berkembang cukup cepat dengan update yang lumayan singkat. Kalau bisa sih, maunya pilih ponsel yang sudah pakai OS terbaru, misalnya saat ini Android Oreo.

Tapi Android Oreo unutk sementara hanya bisa ditemukan pada ponsel tertentu saja, sedangkan OS yang umum dipasaran sekarang adalah Marsmallow, untuk kelas Mid dan Low end kebanyakan masih menggunakan Lollipop atau bahkan Kit-kat.

Tapi anda tidak perlu khawatir karena tidak semua fitur baru di OS versi terbaru akan anda butuhkan, jadi sesuaikan fitur-fitur yang ada di versi android sesuai dengan kebutuhan dan budget anda.


7. Kamera

Setelah mengamati bagian penting dari ponsel, selanjutnya kita perlu mengamati komponen penunjang yang juga tak kalah penting yaitu kamera.

Bagi yang suka berswafoto, sektor ini tentu akan menjadi perhatian, tapi bagi yang senang main game mungkin tidak akan terlalu peduli dengan kualitas kamera ponsel.

Untuk anda yang membutuhkan hasil terbaik dari kamera ponsel, berikut tips yang bisa di gunakan.

Sensor. Jika memungkinkan Pilih kamera ponsel dengan sensor terbaik buatan vendor ternama seperti Sony IMX 318 yang dipakai Zenfone AR atau Isight yang dipakai pada ponsel buatan Apple.

Megapixel. ini yang menjadi patokan untuk kualitas ponsel sejak lama, bahkan sejak handphone candybar berOS JAVA sedang populer.

Ponsel jaman dulu memiliki Megapixel terbaik diangka 2 MP seperti milik Soner W800. Jadi jika anda mengutamakan kamera, carilah yang Megapixelnya besar, setidaknya 8 MP dibelakang dan 5 MP untuk kamera depan.

Jangan lupa juga penunjang tambahan seperti adanya LED untuk membantu pengambilan gambar saat cahaya redup.

Fitur-fitur lainya seperti efek foto Sepia, Shadow, contrast, dll bisa dimaksimalkan dengan menggunakan aplikasi Kamera yang ada di Playstore.


8. Baterai

Komponen baterai menjadi faktor pertimbangan berikutnya ketika akan memilih sebuah ponsel.

Umumnya ponsel sekarang menggunakan baterai berkapasitas 2000 mAh, semakin besar kapasitasnya akan membuat ponsel bisa bertahan lebih lama.

Selain ukurannya, anda juga perlu mempertimbangkan apakah akan menggunakan type ponsel dengan baterai removable atau non-removable.

Teknologi baterai sekarang sudah memasuki era fast charging dan wireless charging. Memang teknologi ini masih tergolong teknologi canggih yang biasanya baru bisa ditemukan pada ponsel kelas menengah keatas, tapi tidak ada salahnya anda mempertimbangkan kedua fitur ini saat memilih ponsel yang tepat.


9. Jaringan

Teknologi jaringan saat ini sudah masuk ke jaringan 4G LTE, Anda tentu tidak ingin kecepatan koneksi internet terhambat karena anda salah memilih ponsel yang masih bekerja di jaringan 3G.

Lagipula lebih mudah memilih paketan internet murah jika ponsel anda sudah berteknologi 4G. Jadi pastikan anda membeli Ponsel Android yang sudah berteknologi 4G.

Lagipula sekarang ponsel berteknologi 4G harganya tidak terpaut jauh dengan ponsel yang masih 3G. Ponsel Xiaomi 4G seharga satu jutaan sudah cukup banyak pilihannya. Atau kalau mau murah lagi, ada Evercoss Xtream sudah 4G dan harganya tidak sampai 1 juta.

Tapi pastikan juga Area daerah anda sudah terjangkau jaringan 4G dan kartu SIM andapun sudah support teknologi 4G.

Meskipun area anda belum terjangkau Sinyal 4G, sebaiknya anda tetap mempertimbangkan dan memprioritaskan untuk membeli ponsel yang sudah 4G, karena arah perkembangan teknologi jaringan seluler sudah mengarah kesana.


10. Desain

Ini sebenarnya relatif, tidak ada patokan desain ponsel terbaik untuk semua orang. Tentu saja anda bisa memilih smartphone dengan desain borderless jika mau.

Atau ponsel dengan sudut membulat agar lebih ergonomis atau dengan desain kotak kaku agar terlihat berkarakter, semua. tergantung selera.

Anda bisa memilih desain smartphone yang sudah mengantongi sertifikat IP78 sebagai syarat bahwa ponsel tersebut tahan air dan debu dalam batasan tertentu.

Sekarang memilih desain ponsel tidak harus yang tipis atau tebal, anda bisa memilih ponsel sesuai selera, yang agak tebal agar nyaman di genggam atau ponsel yang tipis agar mudah di kantongi.

Lagipula ponsel sekarang memiliki desain yang tidak terlalu berbeda antara satu dengan lainnya.

Point yang perlu diperhatikan terkait desain ponsel adalah mengenai akses ke baterai untuk ponsel tipe baterai removable. Apakah penutup baterainya mudah dibuka tanpa bantuan alat khusus.

Selain itu desain posisi SIM cardnya juga perlu diperhatikan. Ada ponsel yang meletakan Slot SIM card di ruang baterai sehingga untuk mengganti kartu SIM harus melepas baterai.

Ada juga ponsel yang meletakkan slot SIM Card yang bisa diakses tanpa membuka baterai tapi tetap harus membuka penutup baterai.

Ada juga yang posisi SIM cardnya berada di luar ruang baterai tapi harus di keluarkan menggunakan mekanisme tertentu seperti tusuk jarum contohnya pada ponsel buatan Xiaomi.


11. Layanan After Sales

Ini juga penting untuk menjadi bahan perimbangan. Kita tidak pernah berharap bahwa ponsel yang kita beli akan mengalami kerusakan. 

Tapi bagaimana jika ternyata tiba-tiba rusak, apakah ada service center resmi di daerah anda. 

Atau bagaimana dengan aksesorisnya? apakah mudah ditemukan di Toko aksesoris ponsel di kota anda?

Katakanlah anda membeli ponsel Merk A, dan ingin menambahkan aksesoris berupa silicon case, bisakah anda menemukannya di daerah anda dengan mudah.

Memang sekarang jamannya belanja online, semua bisa dibeli lewat internet dengan mudah, tapi terkadang kita mendapati perbandingan harga barang dan ongkos kirim yang tidak sesuai (lebih mahal ongkos kirim daripada harga barang karena faktor jarak).

Kemudian bagaimana juga dengan sparepartnya, jangan sampai ketika perlu servis, handphone harus menginap lama di bengkel karena menunggu kiriman sparepart dari Negara asalnya.


Itulah 11 Faktor yang perlu di pertimbangkan ketika memilih smartphone yang tepat sesuai kebutuhan dengan menganalisa dari berbagai aspek, baik dari sudat pandang teknologi, teknis maupun non-teknis. Semoga bermanfat.

Please Share Artikel "11 Faktor yang perlu di Pertimbangkan saat memilih Smartphone Android" ini :)

0 Response to "11 Faktor yang perlu di Pertimbangkan saat memilih Smartphone Android"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.