Suzuki GSX R150 berteknologi Keyless tanpa starter kaki

Suzuki meramaikan pasar motor sport kelas 150 CC dengan teknologi canggih yang belum ada ditemukan pada motor lain di kelas yang sama.

Teknologi Keyless yang mulai banyak di terapkan pada kendaraan roda empat kini mulai merambah ke roda dua.

Menjadi yang pertama menggunakan keyless teknologi khususnya untuk kelas motor sport 150 cc, membuat motor Suzuki GSX R 150 menjadi pusat perhatian.

System Keyless bekerja dengan mendeteksi kunci remote dalam jarak 1 meter dari motor. Jadi jika remote berada di luar radius 1 meter maksimal 1.2 meter maka mesin motor akan otomatis mati.

Setiap kunci remote dilengkapi nomor identitas khusus dan dianjurkan agar pemilik motor mencatat dan menyimpan nomor identitas ini ditempat yang aman.

ID ini dapat berguna ketika remote hilang atau ingin membeli remote cadangan di Dialer motor Suzuki. Permintaan remote pengganti dapat dilakukan setelah meverifikasi kepemilikan motor yang sah agar tidak disalahgunakan.

Begitu pula jika remote hilang dan ingin menghidupkan motor secara manual maka pemilik motor dapat menghubungi Dieler atau Halo Suzuki di nomor 0800 1100 800 (Bebas pulsa / 24 jam) untuk di pandu langkah-langkah menghidupkan motor secara manual dengan modal ID indentitas khusus tadi.

Jika baterai remote mulai melemah maka lampu indikator pada remote akan berkedip dengan cepat untuk memberi peringatan kepada pemilik motor agar segera mengganti baterai remote segera.

Selain peringatan pada lampu indikator di kunci, lampu indikator di motor juga akan berkedip dengan cepat sebagai tanda bahwa baterai remote perlu segera diganti. Hal ini sangat penting untuk dijadikan perhatian bagi pemilik motor.

Tidak seperti sistem keyless teknologi pada mobil yang memiliki mekanisme cadangan yang bisa dihidupkan secara manual ketika baterai remote-nya sudah habis.

Sebenarnya mekanisme untuk menyalakan motor Suzuki GSX R150 yang remotenya kehabisan baterai bisa dilakukan sendiri tanpa menghubungi Halo Suzuki tapi langkah-langkahnya cukup panjang dan ribet, jadi akan sulit untuk diingat.

kurang lebih seperti ini langkah yang bisa di tempuh jika baterai remote motor Suzuki GSX R150 mengalami masalah (kehabisan baterai atau hilang). Namun untuk lebih jelasnya sebaiknya anda menghubungi Halo Suzuki untuk mendapat panduan lebih jelasnya dan menghindari kesalahan prosedur.

Tapi jika anda ingin mencoba menyalakan Suzuki GSX R150 saat darurat karena kehilangan remote berikut prosedur yang bisa ditempuh, Please Do It With Your Own Risk.

1. Pertama tekan dan tahan Knob kunci hingga lampu indikator berkedip kemudian lepaskan

Ulangi langkah pertama ini sebanyak 3 kali maka lampu indikator akan menyala dan kemudian akan berkedip satu kali menandakan anda siap ke langkah berikutnya yaitu memasukan nomor ID remote.

2. Tekan knob kunci sebanyak angka pertama dari nomor ID remote. misalnya jika nomor ID remote anda adalah 5148 maka tekan knob kunci sebanyak 5 kali.

Maka lampu indikator akan menyala selama dua detik dan berkedip dua kali menandakan saatnya anda menginputkan digit ke dua dari nomor ID remote

3. Tekan Knob kunci sebanyak angka kedua dari remote, jika sesuai contoh maka tekan knob sebanyak 1 kali. Maka indikator akan menyala dua detik dan kemudian berkedip 3 kali.

4. Tekan knob sebanyak angka ketiga dari remote yaitu sebanyak empat kali, maka indikator akan menyala dua detik dan berkedip empat kali.

5. Tekan knob sebanyak angka ke empat dari ID remote (berarti sebanyak 8 kali) maka lampu indikator akan menyala selama dua detik, dan jika langkah-langkahnya benar dan nomor yang diinputkan sesuai maka lampu hazard akan berkedip dua kali dan lampu indikator akan menyala.

6. Selanjutnya anda dapat menghidupkan motor dengan menekan knob dan memutarnya ke posisi ON, anda harus segera memutar knob dan menghidupkan mesin motor karena hanya ada waktu 10 detik sebelum motor mengunci kembali dan anda harus memulai langkahnya dari awal.

Itulah sebabnya anda wajib merahasiakan nomor ID remote motor Suzuki GSX R150 Anda. Karena jika ada yang mengetahui nomor ID remote anda dan mengetahui langkah-langkah menyalakan motor Suzuki GSX R150 maka bisa saja motor anda di pinjam tanpa permisi bahkan tanpa merusak ataupun pakai alat bantu sedikit pun.

Jika terlanjur banyak yang tahu, Nomor ID remote dapat di hapus dan di buatkan nomor ID baru. Tapi proses ini hanya bisa dilakukan di Diler Suzuki.

Baterai remote Suzuki GSX R150 sendiri menggunakan baterai yang biasa digunakan pada Jam tangan dan bisa dengan mudah ditemukan di pasaran.

Motor ini telah menggunakan sistem full elektronik, mungkin karena itulah sebabnya mengapa Motor GSX R150 tidak dilengkapi starter kaki, karena memang keberadaannya sudah tidak terlalu di butuhkan.

Suzuki GSX R150 berteknologi Keyless tanpa starter kaki

Lagi pula pada motor-motor kebanyakan yang masih dilengkapi starter kaki, starter kaki sangat jarang digunakan. Bahkan tak jarang ditemukan starter kaki yang macet karena tidak pernah dimanfaatkan khususnya pada motor-motor kelas matic.

Tapi tidak mengherankan juga jika Suzuki enggan memasang starter kaki untuk motor sportnya, hal ini sudah pernah terjadi pada motor Thunder generasi pertama yang juga tanpa starter kaki meskipun pada thunder masih menggunakan teknologi umum.

Jadi disarankan bagi pengguna motor Suzuki GSX R150 untuk selalu memantau kondisi aki motor dan baterai remote agar terhindar dari kemungkinan motor mogok hanya karena baterai remote atau aki soak.

Ada baiknya selalu menyiapkan dan membawa serta baterai cadangan untuk remote, khususnya ketika motor sudah menginjak usia satu tahun. Tipe baterai yang digunakan adalah Button Battery CR2032.

Suzuki GSX R150 dilengkapi fitur Answer Back untuk memudahkan pemilik kendaraan menemukan motor yang mungkin saja lupa posisi motor di tempat parkir. Sistem ini akan mengeluarkan sinyal lampu dan suara ketika tombol remote ditekan dengan jangkauan hingga 20 meter.

Meskipun keyless, Suzuki GSX R150 tetap dilengkapi anak kunci berbentuk menyerupai knob mesin cuci yang posisi defaultnya terpasang pada rumah kunci didepan tangki dan dapat di lepas untuk keperluan membuka tangki bensin dan jok penumpang.

keyless Suzuki GSX R150 berteknologi Keyless tanpa starter kaki

Anak kunci ini akan dapat bekerja sebagaimana mestinya jika remote berada dalam radius yang telah ditetapkan. Jika tidak, maka anak kunci tetap bisa diputar tapi tidak akan berfungsi mengaktifkan sistem pada motor. Jadi motor tetap aman dari tangan jahil yang suka iseng.

Harga yang ditawarkan untuk membawa pulang motor Suzuki GSX R150 berteknologi canggih ini adalah sekitar 27.9 juta untuk wilayah Jakarta. Sedikit lebih murah dari pesaingnya CBR 150 yang di jual 32.9 juta.

Please Share Artikel "Suzuki GSX R150 berteknologi Keyless tanpa starter kaki" ini :)

0 Response to "Suzuki GSX R150 berteknologi Keyless tanpa starter kaki"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.