Beragam Inovasi Teknologi dalam dunia Otomotif Dunia

Beragam inovasi terus dilakukan dalam dunia otomotif khusunya untuk kendaraan roda empat dari dulu hingga kini.

Mobil telah melalui perjalanan panjang dari semenjak di temukan hingga sekarang ini.

Beragam riset dan pengembangan di berbagai sektor membuat setiap mobil keluaran terbaru menghadirkan inovasi-inovasi yang membuat penggunanya semakin nyaman dan aman dalam berkendara.

Tidak hanya inovasi dalam hal performa mesin melainkan pada seluruh bagian komponen mobil mulai dari rangka, interior, eksterior maupun aksesoris.

Beberapa fitur yang sebelumnya tidak ditemukan pada sebuah kendaraan roda empat, kini hadir dengan beragam fungsi yang tidak hanya berpengaruh pada kenyamanan namun juga keamanan pengendara dan penumpang.
otonao.blogspot.com seputar mobil dan motor

Cup Holder
Fitur sederhana dalam kabin tapi sangat berguna ketika harus membawa serta minuman dalam gelas dan bingung harus meletakannya tanpa harus menumpahkannya.

Key Fobs
Siapa yang butuh kunci jika semuanya bisa serba otomatis. Key Fobs hadir melengkapi teknologi Keyless yang semakin memudahkan pengendara untuk berinteraksi dengan mobil kesayangan

Baca juga : jika baterai key fob habis.

Air Conditioning
AC sudah mulai menjadi fitur standart pada setiap mobil keluaran baru. Mobil tanpa AC rasanya akan menjadi tempat yang paling tidak nyaman, mengingat kondisi jalanan saat ini sudah tidak bisa lagi berharap angin sepoi-sepoi dari alam.

Wipers
Wipers menjadi salah satu penunjang keamanan saat berkendara di saat hujan. Bayangkan jika wiper tidak ditemukan dan tidak menjadi bagian dari kaca depan mobil maka penemudi akan sangat sulit berkendara saat cuaca buruk.

Fold-Down Rear Seats
Salah satu inovasi pada mobil yang tidak bisa dianggap remeh. Konstruksi kursi belakang yang memungkinkan untuk dilipat memberi ruang extra di bagasi ketika akan membawa barang dalam jumlah banyak.

MacPherson Suspension
Sistem konstruksi suspensi yang banyak digunakan karena tidak terlalu banyak memakan biaya produksi. Suspensi jenis ini sangat sering diterapkan untuk peredam kejut untuk roda depan.

Rem Keramik
Meskipun masih jarang digunakan pada kendaraan produksi masal, tapi inovasi dalam sektor rem dengan menggunakan bahan keramik perlu di jadikan salah satu catatan tersendiri.

Global Positioning System
Seberapa sering anda nyasar ketika berkendara di tempat baru yang belum pernah tersentuh sebelumnya. 

GPS menjadi salah satu inovasi dalam dunia otomotif yang mungkin tidak berhubungan langsung dengan komponen utama mobil tapi keberadaannya sangat membantu dalam berbagai cara.

Double Wishbone Suspension
Suspensi Macperson memang dipercaya sebagai salah satu jenis suspensi yang dapat berknerja dengan cukup baik pada mobil dengan biaya produksi yang masuk akal. 

Tapi double wishbone suspension dan beberapa variannya seperti Multi-Link menjadi opsi yang lebih baik dalam pemilihan jenis suspensi yang akan digunakan pada mobil.

Unibody Construction
Sebelum inovasi dalam sektor chasis dan bodi di kembangkan, bodi mobil di pasangkan diatas rangka yang membuat mobil menjadi lebih berat. 

Unibody contruction memungkinkan chasis berfungsi lebih banyak selain hanya menopang bodi mobil.

Hybrid Powertrains
Harus diakui, penggunaan mesin berbahan bakar fosil pada mobil telah memberi dampak yang kurang baik pada alam. 

Tapi beralih ke mobil listrik yang masih memiliki keterbatasan, jarak tempuh mobil listrik yang terbatas pun masih membuat penggunaanya menjadi dilema.

Salah satu solusinya adalah mesin hybrid yang menggabungkan mesin pembakaran-dalam dan mesin lstrik dalam satu mobil.

Active Aerodynamics
Pada dasarnya, sebuah mobil membutuhkan sentuhan yang berbeda untuk melakukan hal yang berbeda. 

Untuk mendapatkan Top Speed sebuah mobil haruslah memiliki hambatan angin yang rendah tapi di lain sisi untuk mendapatkan grip di butuhkan downforce.

Untuk mencapai top speed di trek lurus mungkin akan lebih baik jika tanpa spoiler, tapi ketika masuk tikungan, spoiler sangat bermanfaat memberi extra downforce agar grip tetap terjaga.

Active aerodynamics mengakomodasi kebutuhan ini hingga dapat menyesuaikan dengan kondisi mobil ketika melaju di trek.

Baca juga : Mobil dengan Active Aero / spoiler otomatis

Head Rest
Fitur yang tampak sederhana tapi sangat berguna disaat terjadi hal yang tidak diinginkan, atau sekedar untuk menyandarkan kepala yang penat.

Cruise Control
Di lalu lintas dalam kota fitur ini sama sekali tidak ada gunanya tapi akan sengat terasa manfaatnya ketika melakukan perjalanan panjang seperti melewati jalan lintas propinsi yang lengang atau melewati jalan Tol.

Carbon Fiber
Inovasi yang menjadi favorit di dunia otomotif adalah bahan Carbon Fiber untuk berbagai komponen pada mobil. 

Dengan struktur yang kuat namun ringan, tak heran jika bahan ini banyak digunakan pada mobil sport.

Audio Systems
Inovasi pada dunia otomobil tidak hanya terkait dengan performa taua semacamnya. Sisi entertaint juga tak luput dari beragam Inovasi untuk memanjakan semua yang ada dalam mobil.

Segala jenis pilihan player tersedia dengan Audio System beragam keluaran produsen terkenal dunia dapat di cangkokan kedalam kabin mobil.

Mirrors
Jangan mengira bahwa kaca spion bukanlah hasil inovasi di dunia otomotif yang sangat bermanfaat, jaman dulu, mobil belum dilegkapi kaca spion. 

Wajar saja, karena kala itu populasi roda empat tidak sebanyak sekarang.

Over Head CamShaft
Mengoreksi kekurangan mesin dengan posisi Camshaft di ruang engkol, over head camshaft menawarkan performa yang lebih baik dibanding mesin Side Valve atau Over Head Valve

Baca juga : Konstruksi posisi katup di mesin

Superchargers dan Turbocharger
Komponen mesin yang dapat membantu meningkatkan tenaga mesin. Salah satu jalan untuk meningkatkan tenaga mesin adalah dengan memberi tekanan pada campuran bahan bakar.

Superchargers menekan udara masuk kedalam mesin tapi Superchargers membutuhkan tenaga mesin untuk menggerakan turbinnya.

Sedangkan pada Turbochargers memanfaatkan tekana gas buang untuk menggerakan turbinnya namun bermasalah pada gejala Turbo Lag.

Electronic Control Unit
Pada mobil modern, kehadiran sistem komputer yang mengendalikan setiap inchi dari gerak-gerik komponen mobil sudah tidak terelakkan. 

Masih ada yang berpendapat bahwa kehadiran sistem komputerisasi memberi jarak antara pengendara dan mesin.

Tapi ini membuat mobil semakin cepat, lebih efisient, dan lebih aman. Di beberapa kondisi bahkan dapat membuat sebuah mobil menjadi pemenang.

Seat Belts
Mencegah terjadinya sidera yang lebih parah ketika terjadi benturan. 

Jika terjadi kecelakaan, manusia tidak bisa mengendalikan tubuhnya ketikaa melayang di udara atau ketika berada didalam mobil yang terguling-guling tak tentu arah.

Untuk itu, lebih baik jika kita “terikat” di kursi dengan seat belt dan terlindung dalam bodi mobil yang didesain sedemikian rupa agar terhindar dari cidera yang lebih parah ketika terjadi benturan.

Direct Injection
Di dunia otomotif, umumnya, peningkatan tenaga berbanding terbalik dengan efisiensi. Semakin bertenaga seboah mesin mobil maka semakin tidak efisien konsumsi bahan bakarnya.

Kehadiran Direct Injection memungkinkan penggunaan bahan bakar yang lebih presisis disetiap tingkatan performa yang di butuhkan. 

Kemampuan ini ditunjang sistem elektronik komputerisasi yang mampu membuat mesin bekerja lebih efisien dengan performa yang maksimal.

All Wheel Drive
Rear Wheel Drive tampak Sporty tapi cukup menyulitkan saat melewati jalan licin. Front Wheel Drive lebih stabil dan user friendly, tapi gejala Understeer cukup mengganggu.

Kemudian munculah ide hebat untuk membuat mobil All wheel Drive yang mampu bekerja optimal di berbagai kondisi jalan aspal maupun tanah.

Disk Brake
Menutupi kekurangan drum brake yang kurang maksimal, disk brake hadir dengan kemampuan pengereman maksimal, pendinginan yang lebih baik dan lebih sedikit geram yang perlu dibersihkan.

Automatic dan Semi-Automatic Transmissions
Tidak bisa di pungkiri lagi bahwa transmisi matic mulai menaklukan dunia otomotif. Berbagai mobil sport mulai menggunakan transmisi matic dan meninggalkan transmisi manual.

Meskipun anekdot Real man Use Three Pedals masih sering menjadi ajang seru-seruan, tapi secara perlahan tapi pasti menual transmisi akan menjadi sejarah.

Transmisi manual memang terlihat lebih Macho dan transmisi Matic terllihat sedikit manja

Tapi ada transmisi Semi-Automatic yang memberi kepada pengemudi untuk mengintervensi proses perpindahan gigi melalui Gear lever atau shift stick. 

Atau anda bisa memposisikannya ke “D” untuk berkendara dengan santai.

Dengan dukungan Dual Clutch perpindahan gigi akan lebih responsive dan presisi dibanding transmisi manual.

Baca juga : Mobil Sport yang menggunakan transmisi matic

Power Steering
Power steering membantu pengendalian mobil yang lebih mudah saat melewati tikungan. 

Bayangkan mobil tanpa power steering, perlu peluh bercucuran untuk membuat mobil berubah arah khususnya di kecepatan rendah.

Traction Control
Sebuah sistem control yang dapat mencegah ban kehilangan traksi dan mengakibatkan wheelspin. Traksi kontrol banyak ditemukan pada mobil sport bertenaga besar.

Anti-Lock Brakes
Mobil dengan kemampuan mesin yang tangguh dan kecepatan yang sangat tinggi memang mengagumkan. 

Tenaga mesin yang besar kontraproduktif dengan perangkat rem, tapi rem yang bekerja terlalu agresif hingga ban mengunci pun dapat membahayakan.

Untuk itu sistem ABS hadir dan dapat mencegah rem mengunci meskipun pedal rem di tekan secara mendadak saat hard braking.

Airbags
Fitur keselamatan yang sangat fital keberadaan di setiap mobil. Airbag akan bekerja maksimal bersama dengan seat belt.

Crumple Zone
Dimasa lalu mungkin kita menginginkan sebuah mobil yang terbuat dari baja hingga sangat kuat dari ujung depan hingga belakang. Dengan begitu diharapkan akan lebih kuat dan aman.

Tapi pada mobil modern ada semacam mekanisme pertahanan dan perlindungan penumpang terhadap dampak dari sebuah tabrakan.

Crumple Zone akan menjadi pertahanan pertama yang menyerap energi yang di hasilkan dari sebuah benturan. 

Area crumple zone akan terderformasi sedemikian rupa guna meredam benturan agar energi benturan tidak sampai ke penumpang.

Itulah sebabnya kenapa mobil Formula 1 terlihat sangat ringkih dan mudah hancur ketika terjdi tabrakan kecuali bagian kokpit yang memang di rancang sangat kuat untuk melindungi pembalap, itu karena area sekitar mobil memang di desain agar efek benturan tidak sampai ke pembalap.

Wind Tunnel Testing
Ketika mobil bergerak pada kecepatan tinggi, aerodinamika mobil menjadi salah satu faktor penting untuk mencapai kecepatan maksimal.

Mengetahui efektifitas desain mobil terhadap hambatan angin sangatlah penting, Wind Tunnel membantu memberi gambaran bagaimana dampak aerodinamika mobil ketika melaju dengan kecepatan tertentu.

Independent Suspension
Jika anda pernah mengnedarai mobil dengan poros yang menghubungkan roda kanan dan kiri, anda tentu akan merasakan guncangan roda kanan akan mempengaruhi sisi kiri mobil begitupun sebaliknya.

Pada suspensi independent roda dapat berjalan menyesuaikan kontur jalan tanpa mempengaruhi roda lainnya.

Motif pada Ban
Cara termudah untuk mengupgrade performa mobil adalah dengan mengganti ban dengan yang lebih baik.

Bayangkan jika anda memiliki mobil dengan mesin terbaik, suspensi terbaik, chasis terbaik, rem terbaik, tapi tanpa di dukung ban yang sesuai, maka semuanya akan sia-sia.


Itulah beberapa inovasi yang menghiasi perkembangan dunia otomotif khususnya mobil.

Dan tentu saja masih banyak lagi Inovasi yang dihasilkan dan yang akan di hasilkan seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan akan moda transformasi khususnya roda empat.

Semoga bermanfaat.

Please Share Artikel "Beragam Inovasi Teknologi dalam dunia Otomotif Dunia" ini :)

0 Response to "Beragam Inovasi Teknologi dalam dunia Otomotif Dunia"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.