Ekstra lever for Thumb brake di Motogp

Thumb Brake merupakan tuas kecil yang ada di setang kiri motor motoGP, berfungsi untuk mengaktifkan rem belakang.

Ada kondisi dimana rem belakang sulit untuk di aktifkan melalui pedal di kaki kanan. Kondisi ketika motor rebah kekanan untuk melalui tikungan membuat beberapa pembalap agak kesulitan melakukan pengereman dengan menggunakan kaki.

Karena saat belok kekanan, kaki pembalap tidak menjejak sempurna di footstep, biasanya hanya bagian ujung depan kaki yang menepak di footstep untuk memberi tekanan pada motor agar mudah rebah sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan pengereman dengan kaki.

Ekstra lever for Thumb brake di Motogp

Thumb brake awalnya digunakan Mick Doohan ketika kaki kanannya tidak bisa melakukan pengereman akibat kecelakaan.

Awalnya tidak semua pembalap menggunakan Thumb Brake pada motornya. Biasanya hanya pembalap yang berpostur tinggi dan mengalami kesulitan mengerem saat rebah kekanan lah yang menggunakan Thumb brake.

thumb brake button membantu pembalap mengerem saat belok kanan

Namun karena fungsinya yang potensial memangkas waktu karena dapat melakukan pengereman lebih dekat dengan tikungan dan selama menikung, akhirnya hampir semua pembalap dan tim mulai menerapkan Thumb Brake meskipun dengan desain dan mekanisme yang sedikit berbeda.

Tuas rem belakang ini berada di setang kiri dan diaktifkan menggunakan jempol, mungkin karena itulah sebabnya di sebut dengan nama Thumb Brake.

Ekstra lever for Thumb brake di Motogp

Meskipun Terpasang Thumb Brake bukan berarti tuas rem di kaki kanan dihilangkan. Tuas rem belakang di kaki kanan tetap ada dan berfungsi seperti biasa.

Pada sirkuit tertentu seperti Jerez dan sirkuit lainnya yang memiliki karakteristik tikungan tajam kekanan, thumb brake ini sering digunakan, walaupun sebenarnya rem belakang sangat jarang sekali di gunakan oleh pembalap.

Please Share Artikel "Ekstra lever for Thumb brake di Motogp" ini :)

0 Response to "Ekstra lever for Thumb brake di Motogp"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.