Mobil terjebak lumpur, Begini Cara mengeluarkannya

Melakukan perjalanan panjang mengunakan kendaraan roda empat harus memiliki kesiapan yang cukup agar lancar di perjalanan.

Kondisi jalan di Indonesia yang terkadang sulit di prediksi membuat pengendara harus membekali diri dengan pengetahuan yang cukup untuk dapat menanggulangi segala hambatan yang ada.

Dengan kondisi medan yang beragam dari jalur aspal kemudian keluar ke jalur tanah yang kurang bersahabat.

Salah satu kendala yang mungkin dihadapi ketika melakukan perjalanan jauh adalah kondisi jalan yang berlumpur.

Jalan yang berlumpur bisa saja ditemukan akibat cuaca yang kurang bersahabat ditambah kondisi jalan yang rusak atau memang jalur yang dilalui harus melewati jalanan tanah berlumpur karena guyuran hujan.

ketika Mobil terjebak lumpur

Ketika mobil yang digunakan terjebak dalam lumpur, bagaimana cara mengatasinya? Atau apa saja yang bisa dilakukan untuk membuat mobil keluar dari jebakan lumpur.

1. Bergerak maju mundur sambil membelok-belokan stir agar mobil dapat bergeser sedikit demi sedikit sehingga mendapat-kan pijakan yang lebih keras dan roda memiliki ruang gerak yang lebih luas.

2. Menyelipkan batuan atau kayu di sisi depan atau belakang ban mobil yang tejebak lumpur. Hal ini berguna untuk membantu memberi traksi yang cukup pada ban.

3. Mengikatkan sebatang kayu pada ban yang terjebak lumpur. Dengan bantuan kayu yang diikatkan ke ban diharapkan dapat membantu ban mobil terangkat keluar dari kubangan.



4. Bersihkan lumpur atau tanah yang menempel di ban, lumpur yang melekat disela-sela kembangan ban akan membuat ban semakin sulit mendapatkan traksi karena tekstur ban jadi seperti ban yang sudah gundul.

5. Untuk mendapatkan grip yang lebih baik lagi, kurangi sedikit tekanan ban sekitar 5psi saja, hal ini untuk menciptakan sisi kontak ban yang lebih lebar dan traksi yang lebih baik.

Baca juga : Beadlock wheel, peleg khusus kendaraan offroad .

6. Menggunakan alat khusus. Kalau anda cukup sering melewati area berlumpur tapi tidak memiliki mobil dengan kemampuan 4X4, mungkin anda perlu menyiapkan alat khusus untuk mengantisipasi jikalau terjebak lumpur.



7. Jika di sekitar anda banyak orang, anda bisa minta bantuan untuk mendorong mobil atau jika memungkinkan naik ke atas mobil untuk memberi bobot tekanan yang lebih besar ke sisi ban yang terjebak lumpur.

8. Menunggu bantuan datang untuk di tarik oleh mobil lain. Kalau mobil sudah terjebak cukup dalam, tidak ada jalan lain kecuali meminta bantuan mobil lain untuk menarik mobil keluar dari lumpur.


Ban yang terjebak lumpur biasanya akan berputar di tempat ketika pedal gas ditekan, jadi jangan terlalu dipaksakan.

Khususnya untuk jenis mobil yang memang tidak di siapkan untuk menghadapi medan berat karena sistem gardan-nya tidak memiliki kemampuan 4X4 ataupun tidak dilengkapi fitur Differential lock..

Jika ban mengalami spin tapi mobil tidak menunjukan tanda-tanda bergerak, sebaiknya hentikan dan coba cara lainnya karena jika dipaksakan malah akan membuat ban terjebak lebih dalam dan semakin sulit keluar.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment