Teknologi Spektakuler, Motor Anti Jatuh

Motor Anti Jatuh mengusung teknologi Robotic yang diterapkan pada sepeda motor milik pabrikan Honda.

Tidak seperti Lit C1 yang menggunakan sistem Gyro untuk mempertahankan posisinya tetap berdiri, Honda bekerja layaknya tubuh manusia saat berusaha menyeimbangkan badan agar tidak jatuh.

Dengan memanfaatkan sudut rake yang dapat berubah untuk mendapatkan keseimbangan agar motor tidak jatuh, motor Honda dengan teknologi ini semakin mirip dengan robot.

Dasar dari sistem ini adalah dengan merubah Trail Length di garpu depan antara Positif Trail Length dan Negatif Trail Length.

Jadi garpu depan akan bergerak menyesuaikan kondisi motor dengan merubah sudut rake untuk mendapatkan keseimbangan.

Teknologi Motor Anti Jatuh

Sistem kemudinya sendiri sudah menerapkan teknologi Drive by Wire, jadi stang kemudi dan garpu depan tidak terhubung langsung seperti yang sering ditemukan pada motor konvensionalan.

Tidak hanya dapat berdiri sendiri, motor Honda dengan teknologi ini dapat berjalan sendiri mengikuti “tuannya” dan tentu saja tanpa terjatuh.

teknologi Motor Anti Jatuh Honda ride assist

Honda Ride Assist meniru tingkah manusia ketika berusaha menyeimbangkan tubuh dengan “memanipulasi” titik central grafitasi motor.

Ketika Honda Ride Assist bekerja maka roda depan akan bergerak ke kanan-kekiri, kedepan dan kebelakang untuk mendapatkan posisi setimbangnya.

Fitur yang cukup menarik membuat sebuah sepeda motor terlihat seperti robot. Tapi tidak mengherankan jika Honda mampu mengapilkasikan teknologi Robot kedala sepeda motor. Mengingat Asimo, robot buatan Honda memiliki kemampuan yang cukup mengagumkan.

Yang menarik, sistem Honda Ride Assist ini dapat diterapkan ke motor Honda yang masih menggunakan sistem kemudi biasa dan ingin menggunakan teknologi ini.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment