9 Motor Single Silinder berukuran BESAR

Jika diamati, mesin yang digunakan oleh pabrikan otomotif dunia memiliki kapasitas yang beragam dan dengan jumlah silinder yang beragam pula.

Untuk mesin berkapasitas antara 100 hingga 250 CC umumnya masih mengandalkan mesin single silinder.

Tapi untuk mesin berkapasitas mulai dari 250 CC hingga 500 CC beberapa pabrikan sudah menerapkan silinder lebih dari satu.

Biasanya semakin besar kapasitas mesin maka semakin banyak juga jumlah silinder yang di gunakan.

Tapi itu bukanlah patokan paten, karena ada sepeda motor yang tetap menggunakan silinder tunggal dengan kapasitas mesin yang cukup besar. Motor apa sajakah itu? mari kita lihat bersama.

Motor bermesin single silinder berukuran besar


1. NSU 2000 CC
Melihat mesinnya saja sudah tersirat bahwa ukurannya tidak main-main, yaa 2000 CC atau 2 liter menjadi dapur pacu Motor NSU ini.

Dengan sistem pendingin udara, semakin membuat mesin NSU 2000 tampak besar akibat adanya sirip-sirip pendingin yang berguna sebagai pelepas panas.

Motor bermesin single silinder berukuran besar

Lihat juga : Sistem pendingin pada mesin

Mungkin anda kurang familiar dengan nama NSU, bagaimana dengan produk dari pabrikan yang sudah jamak di dengar namanya.


2. KTM 390 Duke
Kita sudah biasa ketemu motor bermesin tanggung 200 CC dan 225 CC single silinder sedangkan motor 250 CC sudah menerapkan Inline Twin.  KTM 390 Duke menggunakan mesin 390 CC dan masih setia dengan single silinder.

Sengan sistem pelumasan wet Sump yang di padu dengan pendingin air membuatnya mampu menempuh jarak 100 km dengan modal bahan bakar sebanyak 3.46 liter saja.

Lihat juga : Sistem pelumas Dry Sump dan Wet Sump


Motor bermesin single silinder berukuran besar


3. Suzuki LS650 Savage
Motor bergaya Chopper dengan mesin 4-Tak silinder tunggal SOHC dengan 4 katup persilinder mampu menghasilkan daya 24.6 kW / 33 hp @ 3400 rpm.

Mesin berkapasitas 652 CC merupakan mesin square yang menerapkan Stroke dan Bore sebesar 94 mm hingga mampu membuatnya berlari dengan kecepatan maksimum 142.9 km/h.

Motor bermesin single silinder berukuran besar

4. Yamaha SR500
Motor buatan pabrikan berlogo garpu tala SR500 bergaya sport turing klasik dengan masih mengandalkan karburator buatan Mikuni berukuran 34 mm sebagai pengkabut bahan bakarnya.

Mesin berkapasitas 499 CC single mampu membuat Yamaha SR500 berlari hingga kecepatan 152 km/h.

Motor bermesin single silinder berukuran besar


5. BMW F650CS
BMW menerapkan kapasitas mesin yang lumayan besar untuk mesin satu silinder. BMW F650CS sudah dilengkapi sistem Injeksi dan 4 katup di kepala silindernya.

Dengan transmisi 5 percepatan, motor buatan BMW ini dapat melaju hingga Top speed 110 mph.


6. Cagiva 350 SST
Mesin Overbore 2-Tak berkapasitas 342 CC menjadi dapur pacu motor buatan Cagiva yang di produksi pada tahun 1979.

Rem depan sudah dilengkapi Disc Brake sedangkan belakang masih dikawal oleh rem tromol yang di padu dengan ban 3.75-18 untuk belakang dan 3.25-19 di depan.

Lihat juga : Perbedaan mesin square over stroke dan over bore


Motor bermesin single silinder berukuran besar


7. Kawasaki KLR650
Motor Sport turing yang siap jelajah segala medan buatan Kawasaki ini menggunakan mesin single silinder yang lumayan besar, yaitu 651 CC.

Cocok bagi yang senang berpetualang, dengan windshield berukuran besar, mampu melindungi rider dari terpaan angin yang berhembus kencang seiring laju motor bertenaga mesin 651 CC 4 silinder DOHC.

Motor bermesin single silinder berukuran besar

8. Ducati Supermono
Hanya 65 unit supermono yang dibuat pada rentang tahun 1993 hingga 1995.

Ducati Supermono menggunakan mesin single silinder berkapasitas 549 CC berpendingin cairan dan sudah menerapkan sistem pengkabut bahan bakar injeksi.

Dengan menerapkan mesin overbore (bore 100 x stroke 70 mm), mesin Ducati Supermono bisa menghasilkan tenaga 76 bhp @ 10.500 RPM dengan kecepatan maksimum 233 kmh.


9. Honda XBR500
Motor 500 CC dan pastinya single silinder buatan Honda ini dipasarkan pada tahun 80an.

Mengandalkan dapur pacu single silinder 498 CC dengan 4 katup mampu menghasilkan tenaga sebesar 44 HP.

Menggunakan sistem pelumas Dry Sump dengan tangki oli berada dibawah jok agar mudah di kontrol setiap saat.


Itulah beberapa motor single silinder yang kubikasinya lumayan besar. Dan tentunya masih banyak lagi motor-motor yang ber kubikasi besar tapi hanya mengandalkan mesin single silinder.

Motor single silinder cukup menguntungkan dari segi biaya produksi dan perawatan. Dengan hanya ada satu silinder di mesin, proses tuning pun lebih mudah.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment