Penyebutan komponen kendaraan yang ambigu

Sebuah kendaraan bermotor merupakan gabungan dari berbagai komponen yang dirakit menjadi satu.

Komponen kendaraan tersebut memiliki nama masing-masing sesuai fungsi dan tugasnya pada kendaraan.

Beberapa komponen memiliki istilah teknis yang terkadang kurang familiar bagi kalangan umum.

Hal ini membuat munculnya berbagai istilah atau penyebutan komponen kendaraan berdasarkan kebiasaan yang dilihat dari bentuknya atau cara bekerjanya di mesin.

Berikut penyebutan komponen kendaraan yang cukup unik dan terkesan ambigu.

Kepala babi
Secara tampilan mungkin akan sangat ambigu kenapa kaliper rem yang duduk manis di garpu depan atau arm ini di sebut sebagai kepala babi.

Kalau sempat, coba perhatikan baik-baik motor yang parkir didepan rumah apakah memang ada yang tampak seperti kepala babi di sekitaran roda depan..?


Pegas daun
Simak dan amati baik-baik bentuknya, sama sekali tidak menyerupai bentuk daun. Secara kerja pun tidak bergerak layaknya daun, tapi itulah kenyataannya yang bisa anda temukan di kendaraan roda empat.

Pegas daun biasa di temukan pada kendaraan niaga atau kendaraan pengangkut seperti pickup atau truk. Secara teknis komponen ini bernama leaf spring.

per daun


Per keong
Bentuk spiral yang menyerupai rumah keong mungkin menjadi penyebab kenapa komponen yang satu ini disebut demikian. Padahal kalau diamati dengan seksama maupun sekilas, tidak mirip sama sekali dengan keong.

per keong


Burung-burung
Biasa juga di sebut pelatuk, komponen ini mendapat julukan demikian karena saat bekerja gerakannya mematuk layaknya seekor burung yang sedang mencari makan.


Klep kupu-kupu
Sebuah benda yang bertugas menjadi katup saluran udara di intake manifold atau karburator.

Katup pada karburator ada dua macam yaitu tipe skep (skep bundar atau kotak), biasanya ditemukan pada mesin sepeda motor dan tipe buterfly valve sering di jumpai pada karburator mobil, tapi sekarang telah banyak di temukan pada sepeda motor seiring penggunaan sistem injeksi.

Secara desain, komponen ini memang terlihat seperti kupu-kupu dengan kntur bulat dan penopang dibagian tengah yang terhubung dengan kabel gas atau dinamo servo (untuk sistem Drive by Wire).


Roda gila
Segila apa roda ini sampai di juluki roda gila. Roda gila dapat anda temukan di poros engkol mesin mobil.

Sejatinya part ini bernama FlyWheel yang ada di setiap mesin termasuk mesin sepeda motor.


Kamprat
Rantai yang berfungsi menghubungkan gear di poros engkol dan gear di poros kem. Rantai keteng juga biasa digunakan mengganti penyebutan untuk timingchain penggerak noken as pada mesin.


Katup buluh
Buluh adalah tanaman berumpun atau beruas seperti bambu.

Katup buluh bukanlah part mesin yang terbuat dari bambu, tapi entah mengapa katup yang biasa ditemukan pada mesin 2-Tak ini di kenal dengan katup buluh, sejatinya namanya adalah Reed Valve.


Matahari
Secara bentuk, komponen kendaraan yang menghuni area rumah kopling di mesin mobil ini memang tampak seperti matahari.

matahari dan gigi matahari

Selain Matahari di area kopling ada juga Gigi Matahari yang menghuni daerah Differential / Gardan yang membantu merubah putaran mesin secara Axial..


Leher angsa
Untuk menyebutkan saluran intake manifold setelah karburator ke silinder head para teknisi lebih senang menjulukinya denga leher angsa, karena memang bentuknya melengkung menyerupai leher angsa.


Knalpot Udang
Dari namanya sudah bisa menebak komponen yang satu ini. Yaa.. Knalpot Udang adalah saluran pembuangan tipe Racing untuk motor 2-Tak.

Bentuk perut Knalpot yang berada di atas membuat motor mampu bermanufer tanpa khawatir knalpot menyentuh aspal yang bisa berakibat knalpot tergores atau bahkan bocor seperti ketika menggunakan knalpot Kolong.


Tentunya masih banyak lagi istilah-istilah bengkel untuk menyebutkan komponen kendaraan tergantung kebiasaan masing-masing daerah yang kadang terdengar cukup aneh, unik atau malah membingungkan hingga membuat kening berkerut lebih dalam.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment