Mungkinkah sebuah Supercar hanya 4 silinder

Tidak diragukan lagi, Supercar identik dengan mesin berkapasitas besar dan dalam jumlah banyak untuk menghasilkan tenaga dan torsi yang besar.

Mesin V6, V8, V12, bahkan V16 sangat umum di temukan pada setiap mobil-mobil yang masuk ke dalam kelas Supercar dan tentu saja memiliki kecepatan dan Top speed di atas rata-rata.

Meskipun secara definisi, tidak ada patokan khusus mobil seperti apa yang layak di sebut sebagai supercar.

Banyak kalangan yang mengatakan, point utama yang menjadi syarat supercar adalah mesin besar dan performance yang sangat amat tinggi sekali, sampai orang yang melihatnya mengatakan WOW dan WeOWe sambil melongo dengan kreasi bibir bentuk “O”.

Bagaimana kalau ada mobil yang juga memiliki efek WOW tapi hanya menggunakan mesin 4 silinder. Apakah masih layak di sebut supercar.

Dengan dukungan teknologi yang semakin berkembang saat ini, tidak menutup kemungkinan mobil-mobil supercepat hanya menggunakan konfigurasi mesin 4 silinder dengan kubikasi secukupnya.

Lihat saja Formula 1 yang menggunakan mesin 1.600 CC dari sebelum-sebelumya yang menggunakan mesin berkapasitas besar, mulai dari 3 liter yang turun 2.5 liter kemudian turun ke 1.6 liter.

Dan perubahan konfigurasi dari V10 menjadi V8 kemudian V6 tapi penggunaan Turbochareger dihalalkan yang sebelumnya wajib Natural Aspirated engine Only.

Langkah tersebut dilakukan sebagai langkah preventif, karena mobil F1 dengan konfigurasi mesin yang lama menjadi semakin cepat dan berbahaya.

Tapi dengan mesin lebih kecil pun, mobil Formula 1 masih bisa menembus 300 Kmh tidak jauh berbeda dengan ketika masih menggunakan mesin yang lebih besar, bahkan catatan waktunya pun bisa lebih baik di beberapa sirkuit.

Hanya saja tingkat kebisingannya menurun, yang membuat sebagian pemirsa merasa sensasi balapannya kurang greget.

Bagaimana dengan Supercar, apakah mobil yang menggunakan mesin 4 silinder bisa di kategorikan sebagai Supercar?

Seberapa cepat sebenarnya mobil-mobil 4 silinder yang ada dan apakah bisa menyamai mobil Supercar yang bermesin lebih besar.

Baca Juga : Mobil dengan Top Speed 300 lebih

Berikut ini 6 perwakilan mobil bermesin 4 silinder tercepat didunia, apakah bisa masuk kedaftar mobil Supercar jika faktor Top Speed menjadi penentunya.

1. Chevrolet Camaro 2.0T Top Speed 249 kmh

Dengan tenaga 275 horsepower dari mesin 2.000 CC, Camaro yang dijual seharga $25.000 ini memiliki akselerasi dari 0-60 mph hanya dalam 5.1 detik saja dan dengan transmisi manualnya, Camaro dapat menembus Top speed hingga 249 kmh.

mobil 4 silinder tercepat


2. Volkswagen Golf R Top Speed 249 kmh

Mobil All-Wheel Drive berharga $35.000 buatan VW bisa dikatakan kedalam salah satu mobil tercepat didunia khususnya untuk kelas mesin 4 silinder.

Menghasilkan tenaga 292 horsepower dari mesin 2 liternya, VW Golf R bisa berakselerasi dari 0 ke 60 mph hanya dalam waktu 4.5 detik dan Top Speed yang dapat dicapai adalah 249 kmh.

mobil 4 silinder tercepat


3. Subaru WRX STI Top Speed 249 kmh

WRX yang dapat di tebus dengan mahar $35.000 ini telah lama di kenal sebagai mobil sedan yang tangguh dan mumpuni untuk trek on road maupun off road.

Varian barunya telah dilengkapi mesin turbo empat silinder 2.500 CC berkemampuan 305 tanaga kuda dan dapat mencapai kecepatan tertinggi 249 kilometer per jam.

mobil 4 silinder tercepat


4. Mercedes-Benz CLA45 AMG Top Speed 249 kmh

Mobil mewah yang cepat dan ramping dengan desain khasnya mengusung tenaga 375 hp dari mesin 2.000 CC 4 silinder inline yang telah dilengkapi twin-scroll turbo.

Dijual seharga $49.500 dapat melaju dari posisi diam ke angka 60mph hanya dalam waktu 4.1 detik.

mobil 4 silinder tercepat


5. Alfa Romeo 4C Top Speed 257 kmh

Kapasitas mesinnya tidak terlalu besar, hanya 1742 CC 4 silinder yang dilengkapi Turbocharger.

Dengan tampilan sporty, 4C yang dibanderol $53.000 ini mengaplikasikan konstruksi Mid-Engine, Alfa Romeo 4C bisa menembus 257 Kmh dari tenaga mesin sebesar 240 horsepower yang disalurkan melalui Dual Clutch Automatic Transmission 6 percepatan seamless Shifting.

mobil 4 silinder tercepat


6. Ford Focus RS Top Speed 265 kmh

Sedan hatcback bermesin 2.300 CC turbocharger 4 silinder dapat menghasilkan tenaga 350 HP yang disaluran ke roda dengan metode All Wheel Drive.

Ford Focus RS dibenderol sekitar $35,000, mungkin saja bisa menjadi salah satu daftar mobil kelas Supercar. Karena mobil Supercar umumnya memiliki kecepatan sekitar 300 hingga 400an kilometer per jam.

mobil 4 silinder tercepat


Bagaimana? Apakah daftar mobil 4 silinder diatas bisa masuk kriteria sebagai Supercar?

Baca juga : Mobil Eksotis 16 silinder

Mungkin dari segi tampilan bisa masuk kedalam kategori supercar meskipun secara Secara Top Speed memang masih kalah jauh dibanding mobil-mobil V6 atau V8 yang bisa mencapai angka 300 bahkan 400an kilometer per jam seperti Hennessey Venom GT, Koenigsegg One, Bugatti Veyron dan kawan-kawan.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment