Konfigurasi Mesin yang digunakan mobil Formula E

Balapan Formula E menjadi hiburan baru bagi pecinta balap mobil dunia yang ingin suasana atmosfer yang berbeda dalam sebuah balapan.

Seperti di ketahui bersama, Formula E menggunakan mesin listrik sebagai penggeraknya, dan itulah yang membedakannya dengan Formula 1.

Hal yang terpenting dan selalu menarik perhatian pada setiap ajang balap adalah mesin penggeraknya.

Mesin menjadi fokus perhatian karena terkait juga dengan regulasi dari setiap kelas balapan yang diperlombakan. Kapasitas mesin menjadi pembeda antara kelas yang satu dengan yang lainnya.

Sistem penggerak pada mobil Formula E memiliki beberapa komponen utama seperti Baterai, Inverter, eMotor, dan Gearbox.

Konfigurasi Mesin yang digunakan mobil Formula E

Masing- masing team memiliki strateginya masing-masing dalam mengkonfigurasikan semua komponen tersebut agar mendapatkan performa yang maksimal.

Oleh karena itu mari kita intip beberapa tipe konfigurasi mesin yang digunakan oleh para team yang berlaga pada Musim Ketiga balapan Formula E.

ABT SCHAEFFLER AUDI SPORT

Pada musim ketiga balapan Formula E, tim Audi menggunakan mesin Single Motor Longitudinal dengan transmisi 3 percepatan. Konfigurasi mesin ini tidak banyak berubah dari musim sebelumnya.


DS VIRGIN RACING

Di musim ketiga, Virgin Racing menggunakan Single Motor Transverse dengan gearbox 2 percepatan, Menggantikan mesin Twin Motors Transverse yang dirasa terlalu berat di musim lalu.

Konfigurasi Mesin yang digunakan mobil Formula E


MAHINDRA

Tim asal India yang ikut berlaga di Formula E menggunakan Motor 6 Phase Transverse dengan gearbox 2 percepatan yang dikendalikan melalui pedal pneumatic di mobil andalannya.


DRAGON RACING

Tidak jauh berbeda dengan mesin yang digunakan oleh Mahindra, Dragon Racing juga menggunakan mesin 6 Phase Transverse buatan Magnetti Marelli.


RENAULT E.DAMS

Single Motors Transverse tanpa gearbox menjadi pilihan Renault. Mesin seperti ini dan mengurangi bobot kendaraan dan meringankan tugas pembalap karena tidak perlu lagi melakukan perpindahan gigi saat balapan.

Namun disisi lain Renault harus menambah bobot kendaraan untuk memenuhi minimum bobot kendaraan yang di perbolehkan.

Konfigurasi Mesin yang digunakan mobil Formula E


VENTURI Formula E Team

Single Motor Longitudinal yang dikembangkan oleh McLaren dengan dukungan Inverter versi baru yang diletakan diatas baterai. Mobil Venturi menggunakan transmisi 2 percepatan untuk mengakomodir akselerasi dan Top speed.


JAGUAR RACING

Tim Jaguar baru bergabung di Formula E pada tahun ke tiga balapan Formula E digelar. Jaguar memilih tipe Single Motor Longitudinal dengan 2 percepatan di musim pertamanya bertarung di Formula E.


ANDRETTI

Tim ini menggunakan mesin hasil pengembangannya sendiri dengan menggunakan mesin dan Inverter dari Magnetti Marelli. Mesin 6 Phase Motor dengan posisi Longitudinal berkecepatan 3 speed gearbox.

Konfigurasi Mesin yang digunakan mobil Formula E


NIO NEXT EV

Twin Motors Transverse Direct Drive, biasa juga di kenal dengan Pancake Motor yang di pasangkan di belakang baterai dan terhubung langsung ke differensial tanpa perantara sistem transmisi.

Twin motornya menggunakan dua buah inverter yang di letakkan di atas baterai seperti pada umumnya.


Itulah konfigurasi mesin yang digunakan pada mobil balap Formula E, beberapa istilahnya mungkin masih tampak asing bagi sebagian pecinta balap mobil pada umumnya.

Jika diperhatikan, ada perbedaan sistem dari konfigurasi motor listrik antara satu tim dengan tim lainnya.

Ada yang menggunakan konfigurasi transverse atau longitudinal, ada yang menggunakan satu motor atau dua motor dan ada juga yang menggunakan transmisi atau tanpa transmisi.

Perbedaan mesin Longitudinal dan Tranversal dapat mempengaruhi dimensi mobil secara keseluruhan.

Semoga saja informasi ini bisa sedikit menambah wawasan anda mengenai mobil balap Formula E. Semoga Bermanfaat.

Please Share Artikel "Konfigurasi Mesin yang digunakan mobil Formula E" ini :)

0 Response to "Konfigurasi Mesin yang digunakan mobil Formula E"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.