Inilah 6 Mobil Sedan bermesin Diesel

Mesin diesel identik dengan kendaraan kerja berat seperti Truk, Bus Traktor dan lain-lain. Mesin ini memang dikenal memiliki karakteristik kuat dan tangguh dengan torsi yang besar di putaran bawah.

Karena karakternya itulah mengapa mesin ini lebih banyak digunakan sebagai mesin “pekerja” yang mengandalkan kekuatan di banding kecepatan.

Tapi tidak selamanya mesin diesel hanya digunakan pada mobil Niaga. Mobil jenis Sedan yang notabene lebih mengutamakan kenyamanan dan performa pun ada yang di bekali mesin diesel di bawah kap mesinnya.

Ini membuktikan bahwa ternyata mesin diesel pun mampu mengakomodasi kebutuhan mobil sekelas Sedan layaknya mesin bensin.

Untuk itu mari kita lihat mobil sedan apa saja yang menggunakan mesin diesel sebagai sumber tenaganya.

sedan mesin diesel

1. BMW 520d

Di bawah kap mesinnya duduk manis sebongkah mesin diesel liter yang sudah dilengkapi turbo sehingga mampu menghadirkan torsi sebesar 400Nm di 1750 rpm.


2. Mercedes Benz E250 CDI

Sedan 4 pintu buatan Jerman ini juga menggunakan mesin Diesel berkapasitas 2143 CC yang mampu menghabiskan 4.7 liter untuk jarak tempuh 100 Km.


3. Mercedes Benz W123

Salah satu mobil buatan mercedez tahun 1976 hingga 1985 ini juga mengeluarkan dua varian mesin yang salah satunya menggunakan mesin Diesel 2000 CC.


4. Holden Isuzu Gemini

Mobil ini ‘hidup’ di era yang sama dengan Benz W123, yaitu di tahun 1975 hingga 1986. Hadir dengan dua versi mesin bensin berkapasitas 1584 cc dan pilhan mesin diesel dengan displacement lebih besar yaitu 1817 CC.


5. Nissan Cedric

Nissan Cedric Y31 dibangun dan di produksi semenjak akhir tahun 1987 hingga 1991 dengan pilihan tipe sedan dan hardtop.

Di tahun 1993 hingga tahun 2009 Nissan Cedric Y31 digunakan sebagai armada taksi VIP oleh salah satu perusahaan transportasi di Indonesia.


6. Toyota Crown Comfort

Mobil ini juga pernah di gunakan sebagai armada taksi kelas eksekutif di kisaran tahun 2003 hingga akhirnya harus diganti dengan mobil baru karena peremajaan yang perlu dilakukan oleh perusahaan taksi yang bersangkutan.

Ruang kabinnya yang lapang membuat penumpang nyaman berada didalamnya.


Itulah 6 mobil sedan bermesin diesel yang bisa menambah pengetahuan dan wawasan anda tentang dunia otomotif.

Mungkin saja anda berminat memiliki mobil bermesin diesel yang terkenal tangguh dan bandel.

Sekarang teknologi mesin Diesel semakin canggih seiring peraturan di beberapa negara maju yang menerapkan standart emisi yang semakin ketat.

Selain itu, tantangan utama pada mesin diesel adalah getaran yang dihasilkannya ketika beroperasi sangatlah besar sehingga mencangkokannya sebagai penggerak mobil sedan termasuk hal yang cukup menantang.

Untungnya sekarang mesin diesel mengalami perkembangan yang cukup pesat, salah satu teknologi pada mesin diesel adalah teknologi Comonrail yang dapat membuat mesin diesel bekerja lebih halus dan di klaim nyaris setara mesin bensin.

Berbagai riset pun di lakukan hingga menghasilkan mesin diesel dengan tingkat polusi yang semakin rendah sehingga lebih ramah lingkungan di banding mesin diesel tahun yang lalu.

Dan yang pasti, mesin diesel lebih irit di banding mesin bensin dalam hal konsumsi bahan bakar meskipun sekarang harga solar khususnya Dexlite lebih mahal dari premium.

Please Share Artikel "Inilah 6 Mobil Sedan bermesin Diesel" ini :)

0 Response to "Inilah 6 Mobil Sedan bermesin Diesel"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.