Perbedaan jarak wheelbase terhadap performa motor motogp

Wheelbase atau jarak sumbu roda dapat mempengaruhi performa motor motogp khususnya ketika melewati tikungan.

Wheelbase panjang menawarkan stabilitas sedangkan whelbase pendek memberi kemampuan manufer yang lincah.

Jadi penentuan jarak sumbu roda juga mempertimbangkan kondisi sirkuit yang akan di kunjungi dengan tetap menyesuaikan input dari pembalap.

Perbedaan jarak sumbu roda antara long wheelbase dan short wheelbase sebenarnya cukup terbatas dan hanya berbeda 1-2 centimeter saja.

Tapi perbedaan sekecil itu tentu berdampak sangat besar terhadap performa motor motogp yang memang diciptakan dan dibangun dengan sangat presisi.

Perbedaan jarak wheelbase motogp

Untuk mengetahui pengaruh wheelbase terhadap performa motor motogp, mari kita lihat kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Long Wheelbase atau jarak sumbu roda yang lebih panjang akan membuat motor lebih stabil saat melewati tikungan fast-corner yang cukup panjang.

Tapi sumbu roda yang panjang kurang lincah untuk jenis sirkuit stop and go dan banyak tikungan zig-zag.

Sedangkan penerapan sumbu roda yang pendek akan membuat motor lebih lincah ketika menghadapi banyak tikungan zig-zag kekiri dan kekanan.

Tapi ketika mengahadapi tikungan yang melengkung panjang, motor kurang stabil sehingga mengurangi kecepatan motor di tikungan dan akan membuat konsumsi ban menjadi lebih boros.

Perbedaan jarak wheelbase motogp

Perubahan kecil pada setingan motor tapi berdampak luar biasa terhadap performa motor dan feeling pembalap secara keseluruhan.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment