Bagaimana cara agar bisa bangun pagi

Bangun pagi lalu mandi gosok gigi terus sarapan dan siap berangkat menjalani hari.. ahh seperti cerita dongeng yang terlalu indah untuk jadi kenyataan.

Kenyataannya, bangun pagi merupakan hal terberat saat mengawali hari bagi sebagian besar orang.

Butuh beberapa kali dering alarm untuk akhirnya harus bangun karena sadar matahari sudah tinggi. Akhirnya tak sempat mandi ataupun sarapan, hanya gosok gigi dan cucci muka alakadarnya karena sudah terlambat untuk beraktifitas.

Jika anda termasuk yang paling hobbi menekan tombol Snooze di alarm hape, atau yang paling sulit meninggalkan nyamannya kasur empuk di pagi yang sejuk. Tips berikut bisa membantu anda agar bisa bangun pagi dengan semangat dan optimisme tinggi untuk mengatasi hari.

1. Tidur yang cukup

Salah satu penyebab paling umum dari kesulitan bangun pagi adalah waktu tidur yang tidak cukup.

Jika sulit menemukan energi untuk membuka mata di pagi hari, mungkin disebabkan anda kurang tidur karena dimalam harinya kesulitan untuk mulai memejamkan mata.

Menurut National Sleep Foundation, idealnya orang dewasa tidur 7-9 jam setiap malamnya. Tidak perlu membuang waktu anda dengan menonton sinetron yang seakan tak ada ujungnya, jika waktunya tidur maka segeralah tidur, matikan TV cuci-tangan cuci-kaki gosok gigi terus bubu’ syantik.

Bagaimana membuat pagi anda lebih mudah


2. Jauhkan alarm Anda

Tidak peduli alarm model apa yang anda gunakan, apakah memanfaatkan fitur yang ada si smartphone atau menggunakan jam meja yang telah dilengkapi alarm, letakan mereka jauh dari jangkauan anda.

Karena alarm model apapun akan mudah di nonaktifkan atau di Snooze, dan andapun kembali tertidur nyenyak. Tanpa sadar andapun bangun kesiangan dan panik karena sudah terlambat untuk berangkat kerja.

Letakan alarm jauh dari jangkauan agar anda terpaksa harus bangun untuk mematikannya, dan anda pun akan enggan kembali ketempat tidur karena tubuh anda sudah terbangun, butuh sedikit motivasi disini untuk segera mandi dan memulai aktifitas pagi.


3. Ambil nafas dalam

Mulailah pagi anda dengan pikiran positif, duduk sejenak di tempat tidur sambil menarik nafas dalam-dalam lalu membiarkannya keluar perlahan, ini akan memfokuskan pikiran anda dan mengoksidasi otak anda dan mengatur ritme positif dalam otak anda.

Beri tubuh sedikit peregangan yang baik untuk mempersiapkan otot dan urat saraf agar segera aktif kembali dan andapun kembali terjaga.


4. Siapkan sesuatunya di malam hari

Semakin sedikit aktifitas setelah bangun tidur di pagi hari semakin mudah untuk bangun pagi dan memulai hari tanpa beban pikiran dari setumpuk aktifitas .

Dan untuk memudahkan pagi hari anda, persiapkan segala kebutuhan di malam hari sebelum tidur, seperti baju dan tas yang akan dipakai, berkas dokumen yang diperlukan, dll.

Terkadang, bayangan akan banyaknya yang harus sisiapkan membuat kita enggan bangun pagi.


5. Beri celah cahaya

Biarkan ada celah agar cahaya matahari dapat masuk ke ruang tidur anda. Jika cahaya matahari pagi menyinari mata anda meskipun dalam keadaan tertutup maka ini akan menjadi alarm alami bahwa sudah waktunya untuk bangun.

Atau anda bisa menggunakan jam dengan model alarm yang bisa mensimulasikan cahaya matahari terbit.

Jadi anda tidak perlu harus terkejut dengan suara alarm yang biasanya membuat gangguan mendadak dan bangun dalam kondisi kurang nyaman yang bisa saja mengacaukan mood.


6. Segera bangun

Terkadang cara terbaik untuk bangun pagi lebih mudah adalah “Segera Bangun!!!”.

Begitu anda menyadari alarm sudah berbunyi dan anda sudah mulai tersadar dari tidur maka Segera Bangun!!!, tidak perlu lagi menarik-narik selimut atau mencari guling untuk semakin “mendekam” "tenggelam" di dalam pelukan kasur yang nyaman.

Segera bangun, duduk disisi tempat tidur sambil mengumpulkan kesadaran, lalu mulai hari anda lebih awal sehingga anda tidak perlu tergopoh-gopoh mengejar waktu agar tidak terlambat ke kantor.


7. Buat kopi

Nah ini kalau sudah berhasil bangun pagi, langsung buat kopi. Aroma kopi yang baru diseduh akan membangkitkan gairah dan semangat baru, menikmati kopi di pagi hari sambil membaca koran hari ini membuat hidup terasa nikmat.

Akan lebih mudah lagi jika anda memiliki mesin pembuat kopi otomatis yang memiliki fitur timer, sehingga ketika anda bangun di pagi hari kopipun sudah siap.


Itulah tips untuk bisa bangun pagi dan memulai hari. Bangun pagi dengan kondiai baik akan mempengaruhi mood kita sepanjang hari.

Usahakan bangun tidur dengan energi positif sembari mengucap syukur kepada Maha Kuasa karena telah memberikan kesempatan hidup kepada kita untuk menjadi bagian dari hidup di alam semesta yang indah ini. Aemoga bermanfaat.

Share Informasi "Bagaimana cara agar bisa bangun pagi" ini ke temanmu :)