Kelebihan dan Kekurangan Bodi Aerodinamis

Mobil memiliki desain bodi yang bermacam-macam menyesuaikan dengan kebutuhan, performa dan fungsi serta kegunaannya.

Untuk mobil-mobil kecil kelas City Car atau mobil berukuran medium sekelas MPV atau APV biasanya menggunakan desain bodi aerodinamis khususnya pada bagian depan.

Bentuk lekuk lembut di setiap sudut membuat tampilan mobil berdesain aerodinamis lebih terlihat menawan.

Tapi desain aerodinamis ternyata memiliki kelebihan dan kekurangan, apa saja kelebihan dan kekurangan desain aerodinamis pada mobil.

Kelebihan Bodi Aerodinamis

Mempercantik tampilan

Desain aerodinamis memberi nilai tambah di sisi estetika yang mampu mendongkrak tampilan mobil sehingga meningkatkan minat pasar

Meningkatkan Performa

Tidak dipungkiri, hambatan angin dapat mempengaruhi performa mobil untuk urusan top speed. Mobil berperforma tinggi sebisa mungkin meminimalisir hambatan angin agar dapat mencapai topspeed yang diinginkan.

Meningkatkan Efisiensi

Dengan semakin berkurangnya hambatan udara yang di hadapi mobil saat melaju, maka efisiensi pun tercipta. Penggunaan bahan bakar lebih optimal dan tenaga mesin dapat termanfaatkan dengan maksimal.

Mobil pun dapat melaju dengan mulus yang juga dapat mempengaruhi penggunaan ban menjadi lebih awet karena beban yang ditanggung akibat hambatan angin menjadi berkurang.

kelebihan dan kekurangan Bodi Aerodinamis

Kekurangan Bodi Aerodinamis

Ruang yang terbatas

Untuk ukuran dimensi mobil yang sama, desain boxy dengan minim lekukan aerodinamis memberi ruang yang lapang di kabin. Sedangkan pada bodi aerodinamis yang mengakomodasi aliran angin agar lebih mulus melalui setiap sisi bodi mobil akan mengorbankan ruang kabin menjadi lebih sempit.

Biaya desain menjadi tinggi


Butuh tenaga ahli yang mengerti aerodinamika yang mungkin saja tidak terbatas mekanika fluida tapi juga aerospase engineering, selain itu infrastruktur pun harus memadai seperti wind tunnel untuk memastikan desain yang di ciptakan bekerja sebagaimana mestinya.

Biaya produksi meningkat

Membentuk plat baja dengan desain aerodinamis yang penuh lekukan halus dan membulat tidak semudah membuat desain kotak. Ini perkerjaan rumit dan berdampak pada biaya produksi yang akan mempengaruhi harga jual kendaraan.


Please Share Artikel "Kelebihan dan Kekurangan Bodi Aerodinamis " ini :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Bodi Aerodinamis "

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.