12 fitur rahasia di WhatsApp

Di era komunikasi Digital dewasa ini, aplikasi pesan instan atau chatting alias messenger merupakan aplikasi wajib yang harus dimiliki setiap orang.

Salah satunya adalah aplikasi masengger bernama WhatsApp yang sudah diunduh lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia. Yang membuat WhatsApp termasuk aplikasi chatting terpopuler di sistem operasi Android.

Mungkin Anda menjadi salah satu pengguna WhatsApp, Tapi Apakah anda sudah mengetahui kalau WhatsApp ternyata menyimpan fitur rahasia yang tidak semua orang tahu.

Inilah 12 Fitur Rahasia yang ada di WA dan jarang dimanfaatkan.

1. Hilangkan Cheklist Biru pertanda Pesan Sudah Dibaca

Jika Anda sedang dalam rangka 'perang dingin' dengan pasangan, terkadang gengsi juga kalau mau buka pesan yang dikirimnya. Pengen terkesan cuek tapi penasaran juga sama isi pesannya.

Jika anda berada dalam posisi ini, anda bisa mengatru agar orang lain tidak tau bahwa anda sudah membaca pesan yang dikirimkan atau belum. Caranya dengan melakukan setingan Privacy di menu Setting > Account dan seting Read Receipts menjadi Off.


2. Simpan Percakapan ke Format Teks

Anda perlu menyimpan percakapan ke bentuk dokumen? WA memiliki fungsi untuk ini.

Buka chat individu atau grup. Tap pada tombol Menu, pilih Select More, terakhir pilih opsi Select Email chat. Pada email tersebut akan langsung terlampir sebagai chat history dalam bentuk dokumen.


3. Sembunyikan Last Seen atau waktu terakhir online

Jika anda tidak ingin terlihat sedang online di WA, anda bisa melakukan pengaturan melalui menu Setting > Privacy kemudian pilih siapa yang bisa melihat anda online My Contact atau Nobody.


4. Backup dan Restore pesan

Fitur ini sangat bermanfaat ketika akan berganti perangkat, jika anda ingin tetap menyimpan pesan WA yang ada di ponsel lama dan memindahkannya ke ponsel baru, itu bisa dilakukan.

Anda hanya perlu masuk ke menu setting pada aplikasi WhatsApp di ponsel lama, kemudian pilih Chat dan pilih Backup. kemudian pilih Back Up Now untuk mulai proses back-up.

Saat menggunakan WhatApp di ponsel baru anda akan dikonfirmasi apakah akan menyimpan pesan yang sudah di back-up tersebut.


5. Mengetahui kontak yang paling sering berinteraksi

Ingin tau siapa saja yang peling sering ngobrol dengan anda di WA. Akses saja langsung di menu Setting > Account > Storage Usage maka WhatsApp akan menampilkan siapa yang paling sering berinteraksi dengan anda.


6. Beri rating bintang pada pesan

Fitur ini dapat berguna untuk menandai informasi yang anda anggap penting sehingga anda mudah menemukannya suatu saat kelak jika perlu. Memberi rating bintang pada pesan dapat dilakukan dengan tekan-tahan pada sebuah pesan hingga muncul kotak dialog, pilih tanda bintang.

Untuk melihat pesan yang sudah di beri rating bintang, silakan masuk ke menu setting lalu pilih Starred Mesages.


7. Memblokir kontak

Fitur yang sangat penting dan wajib ada di setiap aplikasi massenger, bukannya apa-apa di dunia online siap saja bisa masuk kelingkaran kita dengan berbagai maksud dan tujuan.

Tidak hanya ingin berteman tapi juga terkadang menjadi kan kita sebagai target market mereka apalagi kalau sudah di prospek.

Anda bisa terhindar dari pesan Spam broadcast yang tiada henti dari seseorang dengan memanfaatkan fitur ini.

Caranya pun sangat mudah, cukup pilih nama kontak atau nomor telepon yang ingin di Block dan pilih Block this Contact. Beres...


8. Format message

Kini pengguna WA bisa melakukan variasi pada text pesan yang dibuatnya seperti membuat text tebal untuk menunjukan penekanan, huruf yang dicoret dan huruf miring.

Untuk membuat huruf tebal bisa dilakukan dengan menambahkan tanda bintang diawal dan akhir kata, misalnya ; *tebal*.

Kemudian untuk membuat tulisan miring bisa menambahkan garis datar di depan dan belakang kata, misalnya ; _miring_

Selanjutnya jika ingin membuat huruf dicoret dapat dilakukan dengan menambahkan tanda (~) misalnya ; ~coret~


9. Matikan Auto-file saving

WhatsApp akan mendownload gambar, video secara otomatis ke ponsel, dan ini bisa membuat memori cepat penuh dan kuota cepat habis. Anda bisa menonaktifkannya dengan masuk ke Setting, dan dibawah pilihan Media auto-download (When using mobile data; When connected on Wi-Fi; and When roaming) uncheck pada box type file yang tidak boleh diunduh


10. Mute Obrolan Group

kadang kita tergabung ke berbagai macam grup yag cukup aktif hingga tiada henti menampilkan pemberitahuan melalui bunyi-bunyian notifikasi. Padahal tidak semua obrolan bisa kita ikuti atau bahkan berguna, yang ada malah menguras baterai lebih cepat.

Untungnya WA memiliki fitur untuk me-mute obrolan grup agar tidak mengganggu di saat-saat tertentu.

Pada ponsel Android anda bisa menonaktifkan notifikasi grup dengan membuka Chat, pilih tombol Menu, kemudian pilih Mute sesuai dengan waktu yang dikehendaki. Misalnya satu hari, seminggu, atau setahun.

Untuk smartphone iPhone, buka Chat, pilih subject yang ingin ditampilkan pada Group Info Screen. Kemudian tap Mute sesuai waktu yang dikehendaki.


11. Unsend Message

Ini seperti Retract Message di BBM, di WA andapun memiliki kesempatan untuk menghapus pesanyang terlanjur dikirim.

Pastikan Anda menggunakan Versi terbaru untuk dapat memanfaatkan fitur ini dan pesan yang bisa dihapus hanya pesan yang dikirim kurang dari 7 menit, lewat dari tujuh menit maka pesan tidak bisa di hapus.


12. Schedule Whatsapp Messages

Anda bisa menjadwalkan pesan yang akan dikirm dengan bantuan Aplikasi tambahan yaitu WhatsApp Scheduling app. Denagn begini anda tidak perlu khawatir lupa menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada pasangan karena anda bisa menjadwalkannya.


Itulah 12 Fitur Rahasia yang ada di WhatsApp, segera Beri Tau teman mu dengan men-share artikel ini lewat tombol di bawah, biar mereka juga tau rahasia yang tersimpan di WhatsApp.

Please Share Artikel "12 fitur rahasia di WhatsApp" ini :)

0 Response to "12 fitur rahasia di WhatsApp"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.