20 TIPS Costumize Smartphone Android agar kerjanya maksimal

Banyak jalan untuk membuat perangkat android bekerja dengan performa maksimal. Selain merubah tampilan antar muka, anda juga dapat mengatur aplikasi yang tepat untuk membuka file, membuat baterai bisa tahan lebih lama, dan membatasi jumlah penggunaan data serta banyak lagi hal-hal yang bisa anda lakukan untuk memaksimalkan kinerja perangkat android.

Selain meningkatkan performa, smartphone android juga bisa di maksimalkan untuk membuat penggunaanya lebih mudah.

Berikut ini 20 tips yang harus segera anda coba untuk membuat handphone android anda bekerja lebih baik.

1. Mengatur Notifikasi

Menggunakan smartphone berarti selalu terhubung dan terjangkau, namun ada saat-saat dimana seseorang butuh ketenangan dan privacy.

Pada android Marshmallow ada fitur yang mengakomodasi kebutuhan ini, Do Not Disturb, memungkinkan anda mem-block semua notifikasi yang masuk atau mengizinkan hanya yang sangat mendesak. Anda bahkan dapat membuatnya aktif di waktu-waktu tertentu saja.

Jadi ketika anda tidak ingin diganggu dengan aneka notif yang masuk anda bisa memanfaatkan fitur ini.


2. Nonaktifkan Bloatware

Meskipun aplikasi bawaan pabrik ini tidak mungkin di hapus dengan cara biasa, tapi anda masih bisa menonaktifkannya jika memang dirasa tidak bermanfaat. Jadi anda tidak perlu mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan terkait update dari aplikasi bawaan pabrik ini.


3. Lacak penggunaan data

Kecuali jika anda menggunakan paket data unlimited, anda perlu memantau setiap transfer data masuk dan keluar smartphone anda. Penggunaan data bisa saj menjadi besar disaat-saat banyak aplikasi membutuhkan update dan bisa saja menjadi lebih sedikit saat anda terlalu sibuk di dunia nyata yang tidak berhubungan dengan smartphone.

Untuknya sistem android memiliki pengaturan yang dapat membatasi penggunaan data sehingga kuota internet anda lebih terkontrol.


4. Kurangi konsumsi Data

Terkadang ponsel anda melakuka transfer data secara diam-diam di background. Jika anda menelusuri di bagian “data usage” pada menu “setting” anda dapat menemukan aplikasi yang memakan banyak kuota.

Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan jaringan Wi-Fi bila perlu ketika ingin update aplikasi misalnya, tapi pastikan jaringan yang anda gunakan aman.


5. Atur Default Apps

Pada smartphone baru, biasanya akan muncul pemberitahuan saat anda akan membuka link, foto, atau mp3. Anda diminta untuk memilih aplikasi mana yang akan digunakan untuk membuka file tersebut.

Anda dapat memilih apakah akan “selalu” menggunakan aplikasi tersebut ataukah “hanya sekali” ini saja. Jika anda secara tidak sengaja memilih “selalu” maka anda ketika anda berubah pikiran dan ingin menggunakan aplikasi lain maka anda bisa menghapus aplikasi default dengan masuk ke menu pengaturan, namun ini tergantung versi android yang anda gunakan.


6. Hemat penggunaan Baterai

Ada banyak cara sederhana untuk menghemat baterai. Mengurangi penggunaan data adalah salah satu langkah mudah, membatasi aplikasi yang bekerja di belakang layar juga bisa membantu menghemat baterai.

Anda juga perlu mamtikan Wi-fi dan Bluetooth jika tidak digunakan. Selain itu anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membantu menghemat baterai.


7. Sisakan ruang penyimpanan yang cukup

Walaupun anda memiliki slot memory tambahan, perangkat android anda dapat dengan cepat terisi penuh jika anda mendownload terlalu banyak aplikasi, mengambil banyak foto, dan merekam banyak video. Sisakan ruang yang cukup untuk system dapat bekerja sempurna.

Hapus aplikasi yang tidak terpakai dan memindahkan foto atau video yang lebih lama ke penyimpanan Cloud atau ke komputer anda. Sebaiknya jadikan kartu memory sebagai tempat penyimpanan default agar ketika kartu memory anda penuh anda bisa menggantinya dengan kartu baru dengan mudah dan menyimpan yang lama di tempat aman.


8. Manfaatkan File Manager

Jika android anda sudah menggunakan versi Marshmallow, anda dapat mengakses pengelola file Android yang memungkinkan anda menghapus dan menyalin file / folder. Dari sini anda juga dapat melihat berapa banyak ruang penyimpanan yang terpakai dan berapa yang tersisa. Ini adalah cara mudah untuk menyelamatkan ruang penyimpanan karena anda dapat mengakses file yang tersembunyi.


9. Cobalah beberapa Widget

Untuk mengoptimalkan fungsi handphone android anda bisa mencoba beberapa widget, seperti informasi cuaca, akses cepat ko kontrol musik, atau ikhtisar daftar janji anda. Banyak aplikasi menawarkan satu atau lebih widget dari berbagai ukuran yang menawarkan informasi trending topic.


10. Download Launcher

Satu hal yang menarik dari Android adalah jika ada yang anda tidak sukai anda bisa merubahnya bahkan tanpa harus melakukan rooting. Android Launcher adalah salah satu contohnya.

Anda bisa menggunakan launcher untuk memanagemen handphone anda, mengatur home screen, dan mengatur cara anda berinteraksi dengan smartphone tersebut.

TIPS Costumize Smartphone Android


11. Memindahkan data anda ke perangkat baru

Setting smartphone baru hingga siap digunakan sesuai kebutuhan bisa jadi sangat membisankan, tapi tidak begitu dengan android. Android mempermudah memindahkan kontak, aplikasi, foto, dan lainnya dari satu pernagkat ke perangkat lainnya.


12. Mengambil Screenshot

Apakah anda ingin menyimpan layardari permainan favorit anda atau cuplikan dari web untuk di bagikan dengan teman. Anda bisa melakukan tangkapan layar dengan mudah menggunakan handphone android.

Biasanya kombinasi tombol lock dan home atau tombol lock dan volume up / down atau metode lain yang berbeda tergantung produsen dan versi android yang digunakan.


13. Jadikan Hotspot

Menggunakan handphone android anda dapat dengan mudah membuatnya berfungsi sebagai Hotspot. Anda hanya perlu mencari Thatering di menu setting dan melakukan sedikit setingan terkait user name dan password yang diperlukan agar perangkat lain dapat terhubung.


14. Perhatikan Sistem Keamanan 

Android memiliki beberapa isu keaman yang cukup serius, untuk penting bagi anda untuk selalu bersikap proaktif dalam melindungi perangkat dari segala gangguan. Pastikan anda selalu meng-update system keamanan agar android anda tetap aman.


15. Gunakan Android Device Manager

Satu hal penting yang dapat anda lakukan untuk melindungi privasi anda dengan menggunakan Android Device Manager. Dengan fitur ini anda dapat melacak lokasi perangkat, mengunci atau meresetnya dari jarak jauh.


16. Google Smart Lock

Menjadi sangat menyebalkan jika harus meng-unlock perangkat berulang-ulang ketika akan digunakan. Dengan Google Smart Lock anda dapat mengatur agar perangkat tetap terkunci di lokasi dan keadaan tertentu. Dengan cara ini, jika anda menghabiskan wajtu seharia dengan ponsel pintar andan maka dia tidak akan mengunci meskipun dalam kondisi idle.


17. Atur Lock Screen

Anda dapat memilih metode yang digunakan untuk membuka kunci layar. Pola, kode pin, kata sandi, dan sebagainya. Anda juga dapat mendownload aplikasi yang menawarkan lebih banyak pilihan, termasuk tema khusus dan kemampuan untuk menampilkan widget.


18. Instal Keyboard

Bosan dengan keyboard yang ada dengan kamus bawaan dan autocorrect yang terkadang membuat frustasi? Anda bisa menggantinya dengan keyboard buatan pihak ketiga. Ada banyak keyboard pihak ketiga yang menawarkan pengalaman mengetik yang mengesankan.

Keyboard buatan pihak ketiga ini dapat membantu proses pengetikan menjadi lebih mudah dan efisien. Bayak yang gratis tapi ada juga yang berbayar. Sebaiknya anda mencoba lebih dari satu untuk melihat mana yang tepat untuk anda, lalu jadikan default jika anda sudah menentukan pilihan.


19. Perbaiki Autocorrect

Berbicara tentang Autocorrect yang terkadang ngawur, anda bisa men-tweak pangaturannya sehingga anda tidak merasa frustasi menggunakannya dan terus menerus menekan tombol hapus karena dia sering melakukan kesalahan dalam menebak kata. Anda dapat menambahkan kata bahasa anda sendiri ke kamus, tapi jika anda enggan melakukannya, anda bisa menonaktifkannya sekalian.


20. Root Smartphone

Mendengar kata Root sepertinya cukup menyeramkan, yaa.. jika smartphone anda masih dalam masa garansi, karena langkah ini bisa menggugurkan garansi pernagkat anda.

Sebenarnya proses rooting tidak terlalu sulit, yang paling penting adalah anda harus mem-back up data anda terlebih dahulu sebelum melakukan rooting. Ikuti semua panduan dan petunjuk rooting perangkat dengan cermat. Jika perlu konsultasikan hal ini dengan para ahli yang bisa dengan mudah ditemukan di berbagai forum ponsel.

Kabar baiknya, anda bisa melakukan Un-root perangkat anda jika suatu saat berubah pikiran.


Beberapa pengaturan diatas hanya dapat ditemukan pada versi android Marshmallow keatas dan sebagian lainnya dapat di aplikasikan pada versi Android kebanyakan.

Please Share Artikel "20 TIPS Costumize Smartphone Android agar kerjanya maksimal" ini :)

0 Response to "20 TIPS Costumize Smartphone Android agar kerjanya maksimal"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.