6 macam OS Handphone, nomor 6 mungkin anda sudah lupa

Handphone sama halnya dengan komputer yang perlu di instal Operating System agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Sejak awal, OS khusus untuk handphone telah banyak di kembangkan namun hanya beberapa saja yang familiar dan mungkin sebagiannya tidak pernah anda rasakan.

Pada awal tren ponsel merebak, jenis sistem operasi pada ponsel tidak terlalu menjadi pertimbangan. Karena kala itu hanya satu OS saja yang mendominasi yaitu Java.

Tidak banyak yang peduli atau mengerti tentang system operasi ponsel kala itu. yang jadi perhatian dan pertimbangan adalah fitur hiburannya seperti radio, music player dan game. Selebihnya ponsel hanya berfungsi sebagai alat komunikasi lewat SMS dan Telepon.

Pada perkembangannya, banyak OS yang dikembangkan untuk menjadi software inti pada ponsel. Sehingga pengguna ponsel memiliki pilihan yang lebih luas. Dari sekian banyak OS yang pernah diciptakan, berikut ini adalah yang familiar kita temukan pada handphone dari dulu hingga sekarang.

Berikut 6 macam OS handphone yang biasa kita temui pada handphone atau smartphone yang ada disekitar kita.

sistem operasi handphone


1. Sistem Operasi Windows Mobile

Siapa yang tak kenal dengan OS yang satu ini, Windows Mobile merupakan hasil karya perusahaan raksasa yang mendominasi perangkat lunak untuk Personal Computer.

Umumnya smartphone yang menggunakan system Windows Mobile merupakan Smartphone kalangan elit karena harga jualnya yang jauuh lebih mahal dibanding handphone dengan Operating System selain Windows Mobile.


2. Sistem Operasi iOs

iOs dapat ditemukan pada produk buatan Apple seperti iPhone, iPad dan ipod. OS ini dibangun berbasis Mac OS yang dibuat lebih ringan agar kompetibel dengan perangkat bergerak yang memiliki resource terbatas.


3. Sistem Operasi Symbian

Salah satu System operasi pada handphone Nokia versi premium yang dimasa jayanya begitu canggih dengan berbagai dukungan aplikasi yang bisa memanjakan penggunanya sebelum hadirnya BBM yang diusung Blackberry.


4. Sistem Operasi Blackberry

Sangat tenar dengan aplikasi masengernya mampu menggeser Nokia yang saat kemunculannya menjadi penguasa pasar handphone di berbagai segmen.

Kehadiran Blackberry dengan BBM-nya secara perlahan tapi pasti membuat konsumen beralih ke handphone canggih besutan RIM dengan salah satu kemampuannya adalah Multi tasking.

Awalnya handphone ini banyak di gunakan para pengusaha ataupun eksekutif muda yang menginginkan kemudahan dalam berkomunikasi.

Namun pada perkembangannya semua kalangan pun banyak yang menggunakan ponsel pintar ini bahkan hingga para remaja.

Perlu diketahui, untuk mengaktifkan dan bisa menggunakan fasilitas BBM-nya, diperlukan paket internet khusus untuk BBM (Blacberry Masenger) yang harganya tidak murah. Dan paket data untuk BBM tidak bisa digunakan untuk Browsing.


5. Sistem Operasi Android

Siapa yang tak kenal dengan OS yang satu ini, OS yang dikembangkan perusahaan Raksasa Google ini banyak di gunakan pada smartphone.

Sifatnya yang Open Source membuat OS Android mengalami perkembangan yang cukup cepat dan pesat. Kehadiran Android perlahan tapi pasti mengakhiri masa jaya Blackberry.

Versi OS android dinamai dengan berbagai kudapan yang diambil dari nama kudapan khas negara seluruh dunia. Mulai dari Cupcake, Nougat, Marshmello dan masih banyak lagi yang berurutan sesuai abjad.


6. Sistem Operasi Java

OS java menjadi perangkat lunak handphone jaman dulu saat kamera dan koneksi internet masih menjadi fitur paling canggih yang diterapkan pada handphone.

Ringtone tinut-tinut berformat Midi dengan Video 3gp berdurasi terbatas dengan resolusi alakadar menjadi hiburan kala itu.

Sistem operasi ini mungkin sudah jarang di temui pada smartphone canggih jaman sekarang. Bagi anda yang pernah merasakan trik telpon gratis 3 detik dan susahnya mengkoneksikan hape ini ke komputer mungkin merasa betapa mudah dan indahnya menggunakan smartphone jaman sekarang dengan segala kecanggihan dan “kematreannya


Related Posts

Subscribe Our Newsletter