8 Alternatif tempat download aplikasi Android

Sangat mengejutkan memang, ternyata banyak sekali alternatif Android App Store selain Google Play, tapi kebanyakan tidak memiliki koleksi yang cukup.

Namun ada App Store yang menawarkan pengalaman berbeda dan memudahkan pengguna menelususri dan mencari aplikasi yang dibutuhkannya.

Setelah mengetahui semua kelebihan dan kekurangan serta alasan-alasan mengapa mencari alternatif lain selain Google Play Store untuk mendapatkan game dan aplikasi android. Selanjutnya kita simak bersama 5 alternatif tempat download aplikasi android terbaik.

1. Amazon Appstore for Android

Amazon AppStore menjadi alternatif terbaik selain Ggoogle Play, dan ini menjadi jujugan default untuk perangkat tablet Kindle dari Amazon.

AppStore ini menawarkan pilihan aplikasi dan permainan yang jauh lebih sedikit dibanding Google Play, namun semuany telah melewati quality control standar Amazon.

Bagi konsumen, ada dua keuntungan nyata saat menggunakan Amazon AppStore, terutama untuk promosi aplikasi gratis khusus hari ini. Anda juga dapat mencoba fitur Test Drive untuk mencoba aplikasi di browser sebelum membeli.

Bagi pengembang, tempat ini bisa jadi sumber penghasilan sampingan yang bagus. Konon, beberapa pengembang mendapatkan hasil unduhan yang cukup besar dari promosi of the day tapi tetap tidak menghasilkan peningkatan penjualan setelah promosi selesai. Anda juga sebaiknya mengembangkan aplikasi yang dii optimalkan untuk pengguna tablet dibanding smartphone lain pada umumnya, karena pengguna Kindle adalah pelanggan utama disini.


2. Mobogenie Market (www.mobogenie.com)

Inilah salah satu alternatif App Market yang menarik dan menawarkan koleksi yang sudah di kurasi dengan baik. Mobogenie dibekali alogaritma cerdas yang mampu menganilisa preferensi anda dan menampilkan saran yang masuk akal.

Antarmuka yang cukup bagus menawarkan akses gobal dan tanpa regristrasi. Mobogenie juga bekerja sebagai file manager dan ini memungkinkan anda mendownload konten lainnya selain aplikasi seperti wallpaper, nada dering, buku bahkan video.

Mobogenie memiliki beberapa fitur menarik seperti PC client artinya anda dapat dengan mudah mentransfer file bolak-balik antara ponsel, tablet dan komputer anda.

Toolkit ini juga dapat membackup konten perangkat anda termasuk kontak, pesan,apliksi, music, gambar dan video. Anda juga dapat menginstal batch, copy/paste file dan masih banyak lagi.

Pengembang aplikasi mungkin menganggap Mobogenie sebagai pilihan terbaik untuk menjual aplikasi buatannya. Namun ada proses peninjauan yang harus dilalui dan bagi hasil 80/20 merupakan tawaran yang menggiurkan.

Mobogenie awalnya dikembangkan di India dan memiliki basis pengguna yang cukup besar disana, namun juga mendukung banyak bahasa dan dapat memberikan terobosan ke beberapa pasar di mana Play Store tidak begitu populer.


3. Samsung Galaxy Apps (www.samsung.com/levant/apps/mobile/galaxyapps/)

Sebagian besar produsen mencoba menarik perhatian orang untuk menggunakan aplikasi dan layanan mereka.

Samsung, Sebagai salah satu produsen perangkat android terbesar dan tersukses telah menawarkan berbagai layanan serta kontennya sendiri di semua perangkatnya dan itu mencakup aplikasi.

AppStore lama adalah Samsung Apps, kemudian berubah menjadi S Suggest dan akhirnya di rebranded menjadi Galaxy Apps pada Juli 2014.

Galaxy Apps seharusnya menggunakan algoritma khusus untuk menilai sekumpulan data dan menawarkan rekomendasi yang sesuai dengan selera penggunanya. Karena pada prakteknya Galaxy Apps menawarkan rekomendasi Aplikasi lama yang selalu sama.

Bagi pengembang, jika anda ingin menawarkan aplikasi anda untuk ditampilkan di Galaxy Apps, ada proses yang perlu dilalui untuk mendapat sertifikasi untuk aplikasi anda.

Pembagian keuntungan adalah 70/30, dimana 70 untuk pengembang dan 30 untuk Samsung. Dengan nama besar Samsung sebagai produsen Smartphone terpandang, dan distribusi hingga ke 125 Negara, kerja sama ini mungkin layak dipertimbangkan.


4. Slide ME (www.slideme.org)

AppStore alternatif yang satu ini memiliki jangkauan global dan basis pengguna yang cukup banyak.

Disini menawarkan aplikasi gratis dan premium dalam berbagai kategori dan semua lolos standar quality control.

Salah satu daya tarik bagi pengguna adalah ketersediaan secara global dan dukungan untuk berbagai pilihan pembayaran, termasuk Paypal. Disini juga cukup mudah memfilter hasil penelusuran anda dan anda juga akan menemukan deskripsi penelusuran yang bagus.

Bagi pengembang, ada daya tarik yang lebih besar karena Slide ME menawarkan kesempatan untuk menargetkan khalayak internasional yang lebih luas. Aplikasi juga lebih mungkn ditemukan berkat adanya filter pencarian.

Pengembang dapat menetapkan harga dan memilih untuk menawarkan aplikasi mereka secara gratis.

Ada juga jaringan iklan Slide ME dengan persentase bagi hasil lebih dari 70 persen untuk pengembang dan angka ini lebih besar dibanding bagi hasil di AppStore lain pada umumnya.


5. F-Droid (www.f-droid.org)

Fokus dari F-Droid secara spesifik adalah menawarkan perangkat lunak untuk samrtphone Android secara Gratis. Aplikasi dikelompokan sesuai kategorinya dan mudah ditemukan.

Anda dapat menemukan banyak pilihan aplikasi gratis disini, yang dijamin tidak ada tracking lokasi, tanpa iklan, dan tidak ada ketergantungan untuk update atau apapun.

Inilah tempat terbaik mencari aplikasi gratis, terutama bagi anda yang mendukung gerakan Open Source.

Bagi pengembang, jelas tempat ini adalah sarana untuk mempublikasikan hasil karyanya tanpa berharap keuntungan sedikit pun.


6. Getjar (www.getjar.com)

Bagi yang sudah lama berkutat dengan permainan game di handphone sejak jaman hape JAVA pasti sudah tidak asing lagi dengan website satu ini.

Anda dapat menemukan segudang aplikasi gratis untuk berbagai platform handphone termasuk Android.

Getjar membagi aplikasi kedalam berbagai kategori dan sub kategori agar anda mudah menemukan apa yang dicari.

Anda juga dapat menemukan frekuensi suka dan tidak suka dan komentar dari pengguna aplikasi tersebut.

Yang menarik dari Getjar adalah mereka menawarkan aplikasi premium secara gratis kepada pengguna untuk menghasilkan trafik ke web nya. Lalu dari trafik yang tinggi ini mereka dapat mengkonversinya dengan iklan.

Pengembang Aplikasi mungkin tergoda bergabung dengan Getjar karena tergiur dengan penghasilan tambahan dan opsi untuk menargetkan pengguna baru dengan berbagai promosi. Namun proses pengajuan aplikasi mungkin memakan waktu cukup lama.


7. AppsLib (www.appslib.com)

Apps Market ini dibuat oleh Archos, dan merupakan Apps Market untuk perangkat android yang tidak mendapat sertifikasi dari Google, umumnya untuk type Tablet.

Ada hampir 40.000 aplikasi yang ditawarkan dan masing-masing telah disertifikasi sesuai dengan perangkat tertentu.

Semua aplikasi di kategorikan dengan baik bahkan ada yang khusus dewasa yang dilindungi PIN. Anda juga dapat membayar aplikasi yang diinginkan menggunakan Paypal.

Bagi pengembang, dapat menargetkan perangkat diluar jangkauan Play Store dan dapat memilih perangkat yang mereka inginkan agar produknya tampil. Pembagiannya di patok adalah 70/30.


8. Itch.io (www.itch.io/games/platform-android)

Ini adalah App Market berbasis Web dimana pengembang Indie dapat menawarkan permainan mereka untuk di unduh. App Store ini biasanya diakses melalui Web di PC, namun ada area khusus Android dan etalase tempat anda dapat membeli dan mendownload banyak permainan menarik dan tersedia juga filter pencarian untuk menemukan jenis permainan yang anda cari.

Anda tidak akan menemukan in-app purchases disini, beberapa komunitas pengembang game menciptakan game berdurasi singkat biasanya tanpa tema atau konsep yang spesifik mulai dari yang gratis hingga berbayar namun cukup murah.

Semua pilihan kategori game dapat diunduh mulai puzzle, game petualangan, RPG, hingga simulator kencan. AppStore Itch.io sangat cocok untuk menemani anda para gamer yang sedang dalam perjalanan.

Para pengembang game bisa mendapatkan banyak keuntungan juga dari itch.io. tidak hanya bisa mengunggah permainan mereka dengan mudah, pengembang juga bisa mengendalikan dengan tepat berapa banyak uang yang didapatnya pada pembelian.

Tidak hanya itu, ada pula aplikasi itch.io yang khusus memberikan gambaran tentang pembelian, unduhan, tampilan halaman dan metrik berguna lainnya.


Diluar sana masih banyak sekali Android App Store alternatif yang bisa di jadikan pilihan tapi umumnya mereka memiliki basis pengguna yang sedikit. Bagi developer game android, selalu perlu untuk mencoba memperluas jaringan dan menawarkan aplikasi di banyak tempat. Namun untuk tempat dengan basis pengguna yang kecil mungkin hasilnya tidak sepadan dengan waktu dan usaha yang dikeluarkan.

Bagi pengguna handphone yang mencari aplikasi, jika sebuah App Store tidak menawarkan sesuatu yang unik dari Play Store terkemuka yang dapat menarik minat dan rasa penasaran anda, kenapa harus repot-repot menjelajahinya.

Selain dari daftar App Store diatas, masih banyak lagi pilihan tempat mendownload dan mencari aplikasi maupun permainan android selain Google Play, diantaranya adalah :

1Mobile, App Brain, AppsZoom, Andaponline, Aptoide, Brophone, Mobango, Mobile9, Nexva, Opera Mobile App Store, Pandaapp, Soc.io, Softonic, dan masih banyak lagi.

Please Share Artikel "8 Alternatif tempat download aplikasi Android" ini :)

0 Response to "8 Alternatif tempat download aplikasi Android"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.