9 alasan Mengapa lebih Memilih Smartphone Android

Mengapa lebih memilih Smartphone Android. Tidak di pungkiri bahwa sistem operasi Android semakin familiar bagi pengguna ponsel seluruh dunia. Semakin banyak yang pakai, semakin mudah orang-orang terhubung dan menjalin komunikasi.

Masih ingat jamannya BBM di Blackberry?

Orang akan selalu tanya,

"PIN BBM mu berapa?..."

"Maaf saya tidak punya BBM, SMS saja yaa."

"...Wah saya gak bisa SMS, gak punya Pulsa reguler." #DUERRR

Serasa terasingkan hanya karena tidak punya BBM, padahal di hape terinstal Mig33 bisa buka multi akun, #berani gabung siap2 dikick :D:D

Kalau sekarang, mau tanya PIN BBM, nomor WA, Line, yu name it lah.. asal bukan SMS, teknologi pesan jadul yang bernama SMS akan menjadi opsi terakhir untuk berkomunikasi di jaman now :D:D

"WHAT??? SMS!!! what kind of thing is that???"


Fleksibilitas dan perkembangan yang terus dilakukan pada sistem Android baik dari segi hardware maupun software membuat lebih banyak vendor maupun user yang memilih perangkat berbasis Android.

Selain itu, apa sajakah alasan orang lebih memilih Smartphone Android?  

Berikut Beberapa Alasan Orang Memilih untuk Menggunakan Smartphone Android;

1. Ramah Pengguna (User Friendly)

Untuk mengoperasikan smartphone android tidaklah sulit, tidak dibutuhkan waktu lama untuk bisa terbiasa menggunakan smartphone berbasis android.

Hal ini terbukti dengan banyaknya anak kecil yang sudah lancar membolak-balik setiap menu yang ada di dalam smartphone berbasis Android.

Tampilan antar muka yang menarik dan mudah dipahami, dengan dukungan Grafis User Interface kualitas tinggi pada android memudahkan pengguna menerjemahkan segala informasi yang ditampilkan di layar ponsel.


2. Tugas Ganda (Multi Tasking)

Kemampuan untuk membuka lebih dari satu aplikasi dalam satu waktu membuat ponsel bersistem Android semakin di gemari. Bahkan di sistem terbaru Android mampu membuka dua aplikasi sekaligus dalam satu layar dengan mode split.


3. Notifikasi

Pemberitahuan aktifitas terbaru dari aplikasi yang diinstal melalui notifikasi membuat pengguna android semakin nyaman bekerja bersama ponsel android.

Pengguna pun tidak perlu merasa terganggu jika notifikasi terlalu sering muncul karena ada opsi untuk membuatnya diam dalam kurun waktu tertentu.


4. Sistem Operasi Terbuka (Open Source)

Meskipun sebenarnya ini bukanlah daya tarik bagi End User yang tidak mengerti sama sekali soal pemrograman dan hal teknis terkait software hardware ponsel.

Tapi Bagi pengembang, ini sangat berpeluang meningkatkan pemasaran dengan mendesain dan mengembangkan aplikasi dengan tampilan menarik yang dapat meningkatkan minat pembeli melalui tampilan User interface yang berbeda dibanding ponsel pabrikan lain.


5. Bebas Memodifikasi ROM

Bagi yang hobi utak-atik, sistem android bagaikan mainan baru yang siap dieksplore seenak jidat. File Sistem yang pada OS lainnya biasa di kunci rapat-rapat tapi tidak halnya dengan ROM (Read Only Memory) yang berisi data file sistem android. Pengguna bisa memodifikasinya dengan gayanya untuk lebih memaksimalkan kinerjanya atau sekedar membuatnya berbeda dari yang lain..

Memodifikasi ROM pada sistem android biasa dikenal dengan istilah Rooting, dan kegiatan ini perlu pengetahuan dan keahlian khusus, meskipun diluar sana banyak tutorial rooting ponsel android yang tampak mudah, tetap saja resiko ditanggung penumpang.


6. Banyak Pilihan Aplikasi

Karena berbasisi Open Sources, membuat banyak vendor dan pengembang yang menciptakan aplikasi tambahan untuk meningkatkan fungsi dan kinerja ponsel android.

Dan ini menjadi lahan penghasilan baru bagi pengembang aplikasi baik Game maupun aplikasi lainnya. Meskipun banyak aplikasi yang gratis tapi tidak sedikit juga aplikasi berbayar tersedia di playstore dan ada juga yang gratis tapi akan menayangkan iklan saat digunakan.


7. Harganya Murah 

Soal harga sebenarnya relatif, karena handphone candybar ber-OS JAVA ada yang lebih murah dibanding ponsel android. Tapi dibanding kecanggihannya, hape candybar 200 ribuan tentu bukan tandingan yang sepadan.

Tapi dibanding eranya pasar ponsel ketika dikuasai nokiyem, pasar handphone sekarang memiliki harga yang lebih ber-variatif.

Kalau tidak fanatik dengan merk, kita bisa menemukan ponsel android murah dari merk gak jelas tapi kemampuannya setara dengan ponsel android mahal keluaran brand ternama.


8. Banyak Pilihan

Ini yang menjadikan ponsel android semakin digemari karena pilihannya sangat beragam, dengan harga yang beragam pula.

Dengan banyaknya vendor dan produsen yang mendukung sistem Android, maka tak heran jika smartphone android menjadi banyak pilihannya.

Mulai dari pilihan harga, pilihan teknologi, pilihan ukuran, pilihan merk, dan aneka pilihan lainnya.


9. Hanya itu yang tersedia

Setidaknya hingga tulisan ini diturunkan, hanya smartphone Android yang paling mudah di temukan kemanapun anda pergi.

Lebih mudah mencari Smartphone Android sesuai budget dari pada smartphone bersistem operasi lainnya. Yang dipajang di etalase terdepan konter hape umumnya smartphone berbasis android, dari kelas ringan hingga kelas berat, #berat_ dikantong.

Memang sih ada juga iPhone dan ponsel berbasis Windows tapi pilihannya masih sedikit dan harganya juga relatif lebih mahal dibanding handphone smartphone android.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment