Androidmu mulai berulah, sering eror? Atasi dengan ini

Apakah anda memiliki masalah dengan perangkat android anda? Apakah dia mulai berulah, mulai eror?

Jika Androidmu mulai berulah, cara paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan merestart system android di ponselmu.

Bagaimana cara Reboot atau merestart handphone atau tablet ber system operasi android?

Merestart perangkat android menjadi cara mudah dan cepat untuk menyelesaikan masalah android skala ringan seperti mulai sering Hang, Crash dan mulai lemot.

Proses restart yang benar akan menutup semua aplikasi yang sedang berjalan dan membersihkan memory sehingga pada gilirannya akan megatasi permasalahan perangkat android yang mulai lemot, suka hang dan hobi crash.

Bagaimana cara merestart handphone android?

Cara yang paling mudah untuk merestart perangkat android adalah melalui tombol power di samping kiri atau kanan bodi handphone atau tablet berdampingan dengan tombol volume up dan down.

Tekan tombol power beberapa detik, maka akan muncul menu pilihan untuk “power off”. Di beberapa versi android anda mungkin akan menemukan beberapa pilihan termasuk “restart”.

Sebaiknya anda memilih “restart” jika tersedia tapi jika tidak juga tidak mengapa. Karena perbedaan paling prinsip antara pilihan “restart” dan “Power off” hanyalah anda perlu menekan tombol power sekali lagi untuk menghidupkannya.

Anda perlu menekan tombol power tiga sampai lima detik hingga perangkat android anda mulai menyala kembali.


Bagaimana cara Hard Restart kalau Handphone Hang?

Bagaimana kalau tiba-tiba handphone hang dan gak bisa di apa-apakan? Jangan khawatir, bahkan saat handphone android tidak mampu menampilkan Power down menu, anda masih bisa melakukan Hard Reboot untuk membuat semuanya kembali normal.

Proses ini sebenarnya agak sedikit rumit dan tidak semua handphone android diprogram untuk dapat melakukan hard reboot.

Umumnya perangkat android yang hang dapat rebbot setelah menekan tombol powernya selama 10 sampai 20 detik. Jika dalam 20 detik, perangkat anda tidak juga melakukan restart maka anda bisa mencoba langkah selanjutnya.

Setelah anda mencoba menekan tombol power selama 20 detik tapi perangkat android anda tidak juga merespon maka anda bisa mencoba menekan tombol power dan tombol volume up secara bersamaan.

Anda harus menekan kedua tombol ini dan menahannya selama kurleb 20 detik hingga perangkat android anda memberi tanda-tanda akan restart.

Tidak semua perangkat android dapat langsung restart dengan cara diatas, beberapa perangkat perlu menekan semua tombol volume up dan down secara bersamaan dengan tombol power.

Jadi jika anda belum beruntung dengan menekan volume up, cobalah menekan ketiga tombol yang ada.


Jika semua cara diatas ternyata gagal, anda bisa mencoba melepas baterai

Ini akan berhasil mengatasi handphone android yang hang dengan melepas baterai ponsel, tapi jadikan ini jalan terakhir setelah semua upaya tidak membuahkan hasil.

Sebenarnya cara ini bisa dilakukan hanya jika anda yakin bisa melepaskan baterai dari smartphone android anda.

Anda sebaiknya tidak menyentuh elemen sirkuit baterai atau komponen apaun pada perangkat dengan jari anda. Anda bisa menggunakan sarung tangan karet hadiah cairan pembersih lantai untuk mencegah komponen handphone terkena listrik statis dari tubuh anda.

Gunakan potongan tipis berbahan plastik seperti stik gitar untuk mencukit baterai dari dudukannya. Beberapa perangkat memiliki mekanisme pengunci baterai yang harus di tekan untuk melepaskannya. Ketahui juga type baterai yang digunakan pada perangkat anda apakah termasuk yang Removable atau non-removable.

Sekali lagi, melepas baterai adalah langkah terakhir yang bisa dilakukan, dan cara ini untuk pengguna berpengalaman. jika anda merasa kurang nyaman mengenai ide melepas baterai ini, sebaiknya jangan di terapkan.

Sebagai gantinya anda bisa mencoba langkah lain dengan membiarkan perangkat android anda kehabisan baterai sehingga shut down dengan sendirinya. Tapi ini akan membuat perangkat menjadi panas jika kondisinya sedang Hang.


Alternatif lainnya adalah Menutup beberapa Aplikasi

Anda tidak selalu harus merestart perangkat android ketika dia mulai berulah. Jika android anda mulai lemot, anda dapat menutup beberapa apilkasi yang bekerja di balakang layar.

Ketika anda menjalankan aplikasi dan menutupnya dia akan tetap stanby agar sewaktu-waktu anda perlukan aplikasi tersebut dapat terbuka dengan cepat.

Anda dapat melihat recent apps dengan membuka task screen yang akan menampilkan aplikasi apa saja yang pernah dibuka. Anda dapat menutupnya dengan men-tap tombol “X’ yang ada di sudut kanan atas dari app’s window tersebut.

Bagaimana cara mengakses Task Screen? Pada peragkat android dengan tiga tombol yang berada dibawah layar, anda dapat men-tap tombol dengan ikon kotak atau gambar dua buah kotak yang saling bersusun biasanya di urutan paling kanan.

Di beberapa perangkat android tombol ini bisa saja berupa tombol fisik tapi ada juga yang berupa “on screen” button.

Jika perangkat anda tidak memiliki tiga tombol, mungkin anda bisa mengakses task screen dengan tekan-tahan atau double-tap tombol “Home”.

Tombol Home bisa berupa ikon gambar lingkaran atau ikon gambar rumah, di beberapa perangkat tombol home ini bisa berupa ikon potongan kue (gambar lingkaran tidak penuh).

Pada perangat tertentu, menekan tombol home ini akan memunculkan tampilan menu yang salah satu pilihannya adalah Task Manager.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment