Apakah stang Motogp TIDAK bisa dibelokan

Kalau sering nonton motoGP kita mungkin akan bertanya-tanya kenapa motor di MotoGP harus miring-miring kalau belok.

Jadi apakah stang Motogp tidak bisa dibelokan, mari kita kira-kira apakah memang seperti itu.

Salah satu alasannya adalah karena ruang geraknya memang sempit. Handel bar motor motogp posisinya lebih rendah dari tangki untuk membantu pembalap rebah mendekap motor saat berusaha menghasilkan efek aerodinamika yang sempurna.

Dengan posisi handel bar yang rendah maka ketika di belokan ia akan membentur tangki yang sebenarnya bukanlah tangki seperti pada motor kebanyakan.

stang Motogp TIDAK bisa dibelokan?

Alasan kedua adalah untuk stabilitas dengan mengurangi potensi getaran yang mungkin terjadi pada stir.

Dengan sudut belok yang kecil, ketika roda depan kehilangan kendali maka dia tidak akan menyerong terlalu banyak yang akan membuatnya sulit dikendalikan.

Tank Slapper, istilah yang biasa digunakan untuk mendeskripsikan kondisi setir yang bergoyang terlalu berlebihan dan bisa membuat pembalap terjatuh.

Gejala Tank Slapper di antisipasi dengan pengunaan Steering Dumper pada beberapa titik di setir dan chasis untuk mengeliminir goyangan setir yang berlebih tersebut.

Jika sudut belok terlalu besar maka ketika terjadi gejala Tank Slapper akibat kondisi jalan atau grip ban, goyangan setir akan semakin besar dan sulit di kendalikan.

Alasan ketiga adalah motor motogp tidak membutuhkan sudut belok yang besar karena motogp tidak belok dengan cara mengarahkan setirnya. Yaa gak?

Jadi kalau ada pertanyaan apakah stang atau stir motogp tidak bisa belok? Jawabannya bisa, tapi sudutnya tidak sebesar motor pada umumnya karena ini juga terkait konstruksi motor yang tidak memungkinkannya dibelokan terlalu banyak dan memang motor motogp tidak perlu sudut belok yang besar.

Tapi dimana-mana, namanya stang sepeda motor tetap harus bisa di belokan untuk tetap bisa diseimbangkan ketika di kendarai.

Kalau Stir Motogp tidak bisa belok bagaimana? Motor malah susah dikendalikan dan di seimbangkan, yang ada pembalap pada jatuh sebelum bertanding.

Begitulah kira-kira informasi terkait stang motor motogp yang bisa disampaikan. Baca juga informasi mengenai tombol yang ada di stang motor MotoGP.

Please Share Artikel "Apakah stang Motogp TIDAK bisa dibelokan" ini :)

0 Response to "Apakah stang Motogp TIDAK bisa dibelokan"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.