Cara mengatasi 'Sayangnya ZenUI telah berhenti' di Asus Zenfone

Asus memiliki desain User Interface buatannya sendiri yang diberi nama ZenUI. OS Android memang memberi keleluasaan bagi produsen untuk mendesain dan merancang handphone buatannya sehingga memiliki ciri khas.

Pengaturan ikon, desain ikon,kombinasi efek sentuhan dll, dapat dikreasikan seunik dan semudah mungkin serta dengan fungsi yang dapat meningkatkan kinerja sebuah hape android.

Jika Anda pengguna Smartphone buatan ASUS, mungkin anda saat ini sedang menghadapi masalah munculnya Pop-Up di layar ponsel yang bertuliskan 'Sayangnya Zen UI telah berhenti'.

Jangan khawatir, permasalahan yang anda hadapi bukanlah hal serius dan dapat diatasi dengan mudah meskipun pesan'sayang' yang muncul di layar ponsel tersebut bisa membuat ponsel tidak merespon sentuhan pada layarnya.

Bagaimana mengatasi ZenUI ASUS Zenfone berhenti beroperasi

mengatasi 'Sayangnya ZenUI telah berhenti'

Berikut ini 4 langkah yang bisa di coba terapkan untuk mengatasi masalah ZenUI berhenti sayang.

1. Cek Ruang memori Internal

Jika Smartphone masih bisa di operasikan, segera cek kondisi Ruang penyimpanan internal, mungkin saja sudah sesak. Hal ini sering terjadi karena memory internal sudah penuh Launcher ZenUI pun menjadi bermasalah karena ruang geraknya sempit.

Segera hapus aplikasi yang sudah tidak diperlukan atau yang jarang digunakan. Setidaknya buat ruang kosong minimal 400 MB agar smartphone bisa berfungsi normal.


2. Clear Cache

Jika ternyata Space memory masih banyak tapi ZenUI tetap error, coba lakukan clear chace pada launcher ZenUI.

Untuk menghapus chace ZenUI bisa dilakukan melalui menu Setting > Aplikasi > All > ZenUI service and Power Saver.

Kemudian tap 'clear chace' dan 'clear data' sekalian bila perlu.

Setelah itu silakan reboot smartphone Android Anda.


3. Factory reset

Biasanya dua kemungkinan dan solusi diatas sudah bisa mengatasi ZenUI yang telah berhenti, Tapi jika ternyata belum juga berhasil terpaksa jalan 'reset' harus ditempuh.

Langkah ini bisa membuat beberapa data di smartphone terhapus, jadi perlu dilakukan backup terlebih dahulu jika memungkinkan.

Factory reset akan mengembalikan system ponsel ke pengaturan default, sesuai setingan pabrik. Untuk mengakses Factory Reset Anda bisa menshutdown terlebih dahulu smartphone anroid anda.

Setelah itu nyalakan ponsel dengan menekan Tombol Power + Volume Down secara bersamaan hingga muncul menu recovery.

Pilih menu 'Factory Reset' dan tunggu prosesnya hingga selesai kemudian restart smartphone Anda.

Pastikan saat melakukan Factory Reset, kondisi baterai setidaknya masih dalam batas sekitar 80 persen.


4. Flashing

Masih belum berhasil, ini jalan terakhir dan membutuhkan sedikit pengetahuan teknis dan sedikit kesabaran serta ketelitian.

Sebelum melakukan Flashing, ingat-ingat kembali apa yang sudah anda lakukan pada smartphone android anda baru-baru ini, mungkin Anda baru saja me-Root Smartphone anda.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment