Cara Mengetahui Coverage Jangkauan Sinyal 4G operator

Cara mengetahui jangkauan sinyal 4G operator. Jaringan 4G merupakan teknologi baru untuk urusan transfer data bagi pengguna internet. Meskipun sebenarnya tidak baru-baru amat, tapi setidaknya menjadi barang baru di Indonesia.

Pembangunan infrastruktur untuk menambah jangkauan sinyal 4G membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan ini perlu perhitungan matang dan komitmen yang kuat dari berbagai pihak, mengingat diluar sana sudah mulai beralih ke 4.5G bahkan konon katanya jaringan 5G sudah siap digunakan pada tahun 2020.

Selain itu perhitungan bisnis juga mempengaruhi, mengingat masih banyak ponsel berteknologi 3G yang beredar dipasaran, jika kemudian ponsel 4G 'dipaksakan' masuk ke pasar dan dengan harga yang bersaing dengan ponsel 3G maka tentu akan merusak harga pasaran yang sudah ada.

Tentu orang akan lebih memilih ponsel 4G jika harganya tidak terpaut jauh dibanding dengan yang berteknologi 3G.

Masalah infrastruktur dan letak geografis yang terpisah lautan juga membuat perkembangan teknologi 4G kurang merata di beberapa daerah khususnya untuk kota-kota di luar pulau Jawa.

Inilah yang membuat pengguna ponsel atau komputer yang membutuhkan koneksi internet harus lebih selektif ketika memilih provider telekomunikasi yang akan mengantarkannya ke dunia maya.

Salah satu pertimbangan pentingnya adalah, Apakah provider yang akan digunakan sudah mendukung teknologi 4G dan apakah area yang di tempati sudah terjangkau jaringan 4G dari provider tersebut.

Ada cara mudah untuk mengetahui apakah area yang ditempati sekarang sudah masuk cakupan sinyal 4G atau belum.

Cara Cek Jangkauan Sinyal 4G

Cara Pertama

Cara mudah untuk mengetahui apakah Daerah Anda sudah terjangkau Jaringan 4G, Jika Anda sudah menggunakan ponsel berteknologi 4G, anda bisa mengunci jaringan hanya khusus di 4G saja.

Dan lihat pada notification bar dibagian atas sebelah kanan apakah muncul ikon 4G atau LTE beserta kekuatan sinyalnya. Jika Yaa... berarti area anda sudah tercover jaringan 4G.

Begitu juga jika Anda menggunakan Modem yang sduah berteknologi 4G, Anda bisa mengunci jaringannya hanya di LTE Only. Dan lihat keterangan jaringannya apakah bertuliskan LTE/4G beserta kekuatan sinyalnya, jika yaa, berarti area anda sudah tercover jaringan 4G, tapi jika ada sinyal tapi ada tambahan informasi bertuliskan restricted area atau semacamnya, berarti area anda belum terjangkau sinyal 4G.

Tapi Pastikan juga kartu yang anda gunakan adalah kartu yang sudah berteknologi 4G juga.


Cara Kedua

Bagaimana kalau Hapenya atau modemnya belum 4G dan kartunya juga masih 3G? Gampang, Anda bisa melihat sebaran jaringan 4G di website resmi masing-masing operator.

1. Cek Coverage Jaringan 4G Indosat Ooredoo
https://indosatooredoo.com/coverage

2. Cek Coverage Jaringan 4G XL
https://www.xl.co.id/id/for-you/help/coverage-area/4g

3. Cek Coverage Jaringan 4G Telkomsel
https://www.telkomsel.com/en/explore/4g-coverage

4. Cek Coverage Jaringan 4G Smartfren 4G-LTE
http://www.smartfren.com/4g/web/coverage

5. Cek Coverage Jaringan 4G Bolt
http://www.bolt.id/coverage


Cara Ketiga

Bagaimana kalau tidak bisa konek internet, kan belum daftar paket internet? ini saja masih cari-cari info coverage sinyal 4G operator.

Bisa ketemu artikel ini juga dengan kuota pas-pasan, mana sempat pakai browsing buka-buka website masing-masing operator.

Kalau begitu situasi dan kondisinya, solusinya mudah saja..

Kontak langsung Layanan Pelanggan masing-masing operator melalui telepon untuk menanyakan perihal jangkauan sinyal 4G di daerah Anda.

Nomor Kontak Operator / Costumer Serice yang bisa dihubungi.

1. Nomor CS / Costumer Service Indosat Ooredoo

185 Pasca-bayar: gratis; pra-bayar: Rp.400/panggilan (melalui nomor Indosat Ooredoo)

2. Nomor CS / Costumer Service XL

817 Biaya Rp 500,- / panggilan (melalui nomor XL)

3. Nomor CS / Costumer Service Telkomsel

188 Biaya Rp. 300,- ketika terhubung dengan CSR (melalui nomor Telkomsel)

0807 1811 811 Biaya panggilan lokal berlaku

4. Nomor CS / Costumer Service Smartfren

888 melalui nomor Smartfren (Untuk pelanggan prabayar biaya Rp. 300,- ketika terhubung dengan CSR)

021 - 50100000 Melalui PSTN

0881 1223 344 Melalui nomor ponsel lain (Biaya panggilan lokal berlaku)

5. Nomor CS / Costumer Service Bolt

1500 595 Melalui PSTN

021 - 2559 6595 (HP)


Cara Keempat

Mendatangi Gerai operator terdekat untuk menanyakan perihal jangkauan sinyal 4G didaerah anda. Cara ini bisa dilakukan jika anda memiliki waktu luang dan mengetahui letak gerai operator terdekat di kota anda.


Dengan mengetahui jangkauan jaringan 4G masing-masing operator anda tidak perlu ragu lagi ketika ingin membeli paket internet. Karena sekarang ada paket internet yang khusus hanya dapat digunakan di jaringan 4G saja dan ada juga yang terbagi antara jaringan 3G dan 4G.

Jadi anda tidak salah lagi membeli paket internet, jangan karena tergiur harga murah kuota melimpah tapi ternyata hanya bisa digunakan di jaringan 4G, sedangkan area anda belum tercover jaringan 4G. Karena paket khusus 3G tidak akan bisa digunakan di jaringan 4G, begitupun sebaliknya.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment