9 Cara Menghemat Daya Tahan Baterai Android saat genting

Kita semua pasti pernah merasakan masa krisis ketika kapasitas baterai tinggal 5 persen sementara kita sedang dalam perjalanan panjang dalam kendaraan yang tidak memungkinkan untuk mencharge.

Hal yang paling menyesakkan ketika berpergian ke spot yang Instragramable tapi tidak bisa sharing ke rekan karena kehabisan baterai.

Untungnya ada banyak cara untuk menghemat masa pakai baterai di saat genting seperti ini. Berikut ini 9 cara yang bisa anda lakukan untuk memperpanjang daya tahan baterai android anda ketika masa-masa sisa baterai dibawah 10 persen.

Menghemat Daya Tahan Baterai Android saat genting

Cara menghemat bateai di saat genting ketika tidak ada akses ke sumber listrik.

1. Matikan

Anda perlu mematikan Wi-fi, Bluetooth, Traking Lokasi, GPS jika anda tidak membutuhkannya, matikan. Anda bisa beralih ke Mode Pesawat jika anda berada di daerah lemah sinyal, jadi ponsel anda tidak sibuk mencari sinyal yang dapat menguras baterai.


2. Serius!! Matikan

Kali ini benar-benar Shut it Down, matikan smartphone anda hingga anda membutuhkannya. Jika anda sedang tidak menunggu telepon atau kabar dari seseorang, sebaiknya matikan ponsel anda.

Cara ini terpaksa perlu dilakukan jika baterai ponsel anda sudah kritis dan anda belum menemukan sumber daya untuk mencharge baterai ponsel anda.


3. Kurangi cahaya layar

Layar ponsel anda dapat dengan mudah menguras daya baterai, cukup seting kecerahan menjadi 100 persen maka baterai akan cepat habis tanpa disadari.

Pada kondisi darurat daya, anda bisa mengurangi kecerahan hingga sebatas kemampuan anda melihat konten di layar ponsel.


4. Kurangi aplikasi berjalan

Lihatlah aplikasi yang menghabiskan masa pakai baterai paling banyak dengan masuk ke Pengelola Aplikasi dan melihat aplikasi yang berjalan di ponsel anda. Di sini, Anda bisa melihat berapa banyak resource yang di sedot oleh setiap aplikasi dan memaksanya berhenti jika perlu.


5. Tahan Hasrat

Tahan hasrat untuk bermain game, nonton felm atau dengar musik. Hindari menggunakan aplikasi yang menguras baterai seperti game dan video dan aplikasi apapun yang penuh dengan iklan sehingga memerlukan koneksi jaringan yang membutuhkan transfer data intens.


6. Matikan efek

Efek getar di keyboard, kedipan layar, suara notifikasi dapat memperlambat kerja smartphone dan mengurasa baterai, setting ponsel ke Mode Silent untuk menghemat baterai.


7. Minta bantuan Aplikasi

Ada beragam aplikasi yang dapat bermanfaat membantu ponsel android memanagemen penggunaan baterai. Aplikasi seperti Clean Master atau Juice Defender dapat membuat smartphone anda bekerja dengan konsumsi daya seefisien mungkin.


8. Rooting

Ini memang tidak bisa dilakukan di saat genting tapi bisa membantu membuat baterai bertahan lebih lama disaat genting.

Dengan rooting bisa membantu menghapus Bloatware yang mungkin saja memiliki andil dalam menguras daya baterai menjadi lebih cepat. Handphone yang sudah di root memungkinkan untuk lebih di kustom sesuai keinginan pemiliknya, tapi resiko garansi hangus perlu jadi pertimbangan.


9. Selalu bawa Backup

Smartphone canggih dengan prosesor nomor wahid keluaran terkini terkulai lemah tak berdaya karena baterai sisa 5 persen dan tidak ada yang bisa dilakukan kecuali memaksanya bekerja dengan kemampuan seminim mungkin.

Kondisi ini memang sangat miris, jangan sampai Smartphone pintar anda disamakan bahkan kalah dengan ponsel jadul sekelas Nokia 3310 atau soner T100 karena tidak bisa apa-apa akibat kehabisan baterai.

Selalu siapkan powerbank full power untuk mengantisipasi kondisi kehabisan baterai dan rasa malu yang tak terelakkan.

Atau anda bisa melengkapi ponsel anda dengan Aplikasi untuk menghemat baterai.

Please Share Artikel "9 Cara Menghemat Daya Tahan Baterai Android saat genting" ini :)

0 Response to "9 Cara Menghemat Daya Tahan Baterai Android saat genting"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.