Cara setting WhatsApp agar tidak otomatis menyimpan File di Galeri

Cara setting agar WhatsApp tidak Otomatis Menyimpan File Foto/Video di Galeri. WhatsApp merupakan salah satu aplikasi masenger yang cukup populer. Selain ringan, Aplikasi ini juga kaya fitur.

Salah satu kendala yang sering di keluhkan pengguna WA adalah ketika sebuah pesan yang masuk ke Inbox mengandung file media berupa gambar atau video, maka WhatsApp akan otomatis menyimpannya di folder khusus yang ada di memory ponsel.

Ini akan berpengaruh terhadap penggunaan memory dan kuota data, semakin intens aktifitas berkirim pesan maka semakin cepat memori penuh akan file-file yang disimpan otomatis oleh whatsapp. Kuota juga akan terkuras percua untuk hal yang tidak perlu. Padahal tidak semua file tersebut kita butuhkan atau bahkan kita tidak akan pernah melihatnya.

Cara setting agar WhatsApp tidak otomatis menyimpan File di Galery

Agar WA tidak langsung mendownload file gambar/video yang masuk di inbox dan harus menunggu persetujuan pengguna apakah akan menyimpannya atau tidak, berikut cara yang bisa dilakukan.

1. Buka aplikasi WhatsApp lalu tap Tombol ikon titik 3 di pojok kanan atas

2. Kemudian masuk ke menu 'Setelan' dan pilih 'Penggunaan data'

setting WhatsApp agar tidak otomatis menyimpan File di Galeri

3. Di dalam menu penggunaan data itu akan ada pilihan 'Saat menggunakan data selular' dan 'saat tersambung ke Wi-Fi'.

Hilangkan tanda ceklis di masing-masing pilihan koneksi tersebut pada pilihan Foto, Video, audio dan dokumen kemudian tap tombol OK.

setting WhatsApp agar tidak otomatis menyimpan File di Galeri

Dengan begitu, nantinya ketika anda menggunakan aplikasi WhatsApp, baik itu melalui sambungan-data internet kartu selular maupun dari WiFi (Hotspot) maka file yang masuk di inbox tidak akan otomatis tersimpan di galeri.

Bebas saja, yang mana menurut anda penting dan wajib terdownload otomatis jika ada jenis media yang masuk ke pesan whatsapp anda.  Jika anda mencentang pada 'photo;, maka ketika ada pesan yang mengandung foto, gambar, masuk ke nomor anda maka akan langsung terlihat dan tersimpan di gallery. Tapi kalau tidak tercentang maka foto yangt masuk tersebut akan tampil blur di pesan anda dan akan dapat terlihat jika anda mengekliknya. Begitu pula dengan Video, Dokumen, dan Audio.

Pada opsi 'when connected on wifi' dan 'when roaming' pun sama, perlu anda setting sesuai keinginan anda.

Itulah cara menyeting Whatsapp agar tidak menyimpan file di gallery, upaya ini selain dapat menghemat kuota dan memory penyimpanan juga dapat menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Karena kadang dalam grup whatsaap bisa membahas apa saja hingga melampirkan gambar yang ugal-ugalan yang bukan konsumsi umum, paham kan yaa???? hehehe. 
Semoga bermanfaat

Related Posts

Subscribe Our Newsletter