Efek Samping Charging Smartphone di Laptop

Penggunaan laptop untuk mencharge handphone memang lebih praktis, teknologi USB yang menjadi standart koneksi antar perangkat memungkinkan hal ini dilakukan.

Jadi dari pada pusing-pusing cari colokan listrik untuk menchrger hape, langsung saja colok di port USB laptop, ponsel pun siap di charge.

Tapi mengisi daya baterai Smartphone di Laptop ternyata menyimpan kerugian bagi kedua perangkat tersebut jika terus-terusan di lakukan.

Perangkat smartphone kini memiliki aneka fitur keren di dalamnya, sehingga pengguna mampu melakukan beragam aktivitas.

Berbagai fitur canggih di dalam smartphone mau tidak mau akan mempengaruhi konsumsi daya baterai yang digunakan.

Untuk proses pengisian daya baterai ponsel kini bisa dilakukan dari beragam sumber, dari mulai charger bawaannya, lewat powerbank ataupun menggunakan laptop.

Akan tetapi dari beberapa metode tersebut, metode charging lewat laptop sangat tidak dianjurkan karena memiliki efek samping yang kurang baik bagi laptop maupun smartphone yang di charge ;

Efek Samping Charging Smartphone di Laptop

1. Resiko Kerusakan pada baterai ponsel

Port USB universal pada smartphone dan laptop sendiri sebenarnya memiliki kapasitas daya masing-masing.

Besar daya atau Ampere Hour standar ponsel mungkin juga berbeda dengan laptop sehingga potensi kerusakan baterai ponsel karena perbedaan ini akan semakin besar.

Proses pengisian baterai smartphone juga cenderung lebih lama sehingga akan membuat smartphone panas dan akan berdampak pada baterai ponsel dan komponen ponsel lainnya.

Jadi sebaiknya hindari mencharge baterai smartphone dengan laptop jika ingin smartphone Anda awet. Tapi kalau kondisinya darurat, bolehlah sekali-kali mencharge ponsel di laptop.


2. Berpotensi merusak baterai Laptop

Tidak hanya berdampak pada smartphone saja, jika Anda mencharge baterai smartphone menggunakan laptop maka efek sampingnya akan membuat kondisi baterai laptop akan cepat menurun dan perlu segera di charge.

Setiap baterai pada perangkat elektronik memiliki kapasitas berbeda-beda bahkan siklus pengisian yang berbeda, maka dari itu mencharge baterai smartphone pada laptop dapat membuat umur cycle baterai laptop cepat tercapai dan akhirnya mempersingkat umur baterai laptop.

Misalnya baterai laptop anda memiliki 1000 cycle pengisian. Untuk pemakaian normal mungkin akan di charge dua hari sekali, tapi jika sering digunakan untuk mencharge ponsel maka silusnya menjadi sekali sehari.

Oleh karena itu sebaiknya hindari mencharge baterai smartphone dengan laptop agar usia baterai laptop bisa lebih lama.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment